3 Fakta Unik Fabio Miretti, Titisan Pavel Nedved

Bintang masa depan Juventus

Juventus kembali mengorbitkan bintang masa depan dari produk akademinya. Fabio Miretti kali ini berhasil mencuri perhatian ketika mencetak gol kemenangan Juventus 1-0 atas Fiorentina dalam laga Serie A Italia pekan ke-11. Ia menerima umpan matang dari Filip Kostic untuk membuka keunggulan Bianconeri pada babak pertama. Gol tersebut menjadi yang pertama selama Miretti berseragam Juventus.

Miretti merupakan salah satu pemain muda yang sudah bermain reguler di skuad utama Juventus sejak debutnya pada 2021/2022. Meski namanya jarang dibicarakan media dan fans, gelandang asal Italia itu sudah menjadi pilar penting bagi Juventus.

Berikut fakta unik Fabio Miretti, titisan Pavel Nedved.

1. Bergabung dengan akademi Juventus pada usia 8 tahun

3 Fakta Unik Fabio Miretti, Titisan Pavel NedvedFabio Miretti (juventus.com)

Fabio Miretti lahir di Pinerolo pada 3 Agustus 2003. Ia sudah memiliki minat terhadap sepak bola sejak usianya 4 tahun. Ia mulai masuk ke akademi sepak bola Auxilium Saluzzo pada 2007 dan bergabung dengan akademi Cuneo setahun kemudian. Miretti lantas direkrut oleh pemandu bakat Juventus untuk masuk ke akademi pada 2011. Usianya baru 8 tahun saat itu.

Miretti perlahan-lahan naik ke level U-17, U-19, U-23, dan Juve Next Gen pada periode 2019--2021. Ia akhirnya melakoni debutnya di tim senior saat melawan Malmo dalam pertandingan babak grup Liga Champions Eropa 2021/2022. Perkembangan Miretti yang cukup pesat membuatnya mendapat kepercayaan untuk tampil secara reguler. Miretti total bermain dalam 39 pertandingan dan menorehkan 3 assist di semua kompetisi pada 2022/2023.

Baca Juga: 5 Pemain Non-Eropa yang Membela Juventus pada 2023/2024

2. Masuk dalam daftar 60 talenta terbaik kelahiran 2003 versi The Guardian

https://www.youtube.com/embed/Dz65dSEVyxo

Bakat Fabio Miretti telah diakui oleh beberapa media di Eropa. Salah satunya The Guardian. Ia termasuk ke dalam daftar 60 talenta sepak bola terbaik kelahiran 2003 versi media asal Inggris itu. Miretti bersama beberapa talenta muda Eropa lainnya, seperti Jamal Musiala, Florian Wirtz, dan Xavi Simons, termasuk dalam daftar tersebut.

Meski begitu, Miretti kalah populer dibandingkan dengan nama-nama di atas. Sebab, ia bukan tipe gelandang yang rajin mencetak gol maupun assist. Miretti juga tidak memiliki kemampuan olah bola yang menonjol seperti Florian Wirtz dan Xavi Simons. Gol pertama Miretti untuk Juventus bahkan baru dicetak ketika mengalahkan Fiorentina 1-0 dalam laga Serie A pekan ke-11 pada 5 November 2023.

3. Mengidolai Claudio Marchisio dan Kevin De Bruyne

https://www.youtube.com/embed/l8A_4N_IouU

Sebagai gelandang tengah, Fabio Miretti punya beberapa idola yang berposisi sama dengannya. Ia mengaku sangat mengagumi legenda Juventus, Claudio Marchisio, dan pemain Manchester City, Kevin De Bruyne. Baginya, Marchisio merupakan panutan yang patut dicontoh, terutama soal etos kerja dan cara mencetak gol. Ia berharap bisa menjadi pemain hebat untuk Juventus seperti halnya Marchisio. Di sisi lain, Miretti mengaku bahwa ia beberapa kali menonton pertandingan Manchester City untuk mempelajari Kevin De Bruyne.

Marchisio pun memberikan tanggapannya soal potensi Miretti. Ia mengatakan bahwa sang pemain muda memiliki kemampuan dalam mengatur tempo dan mengingatkannya kepada gaya bermain Pavel Nedved. Marchisio memberikan saran kepada Miretti agar lebih sabar dalam mencetak gol dan tidak perlu khawatir karena memiliki kemampuan dalam melakukan hal tersebut.

Fabio Miretti total telah tampil dalam 58 laga dengan torehan 1 gol dan 3 assist di semua kompetisi bersama Juventus. Ia menjadi harapan baru bagi proyek regenerasi skuad Juventus yang banyak mengorbitkan pemain dari akademi. Miretti hanya butuh konsistensi dan kedisiplinan dalam mempertahankan etos kerja serta sikap profesional yang selama ini ia tampilkan agar mampu menjadi pemain hebat seperti Marchisio dan Nedved.

Baca Juga: 3 Hal Menarik Seputar Kenan Yildiz, Calon Bintang Masa Depan Juventus

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya