3 Faktor yang Bisa Bikin Chelsea Meraih Trofi pada 2023/2024

Peluang menjadi juara masih terbuka lebar

Chelsea berhasil meraih kemenangan 3-1 atas Aston Villa dalam laga replay babak keempat Piala FA pada 7 Februari 2024. Gol-gol Chelsea tercipta melalui Conor Gallagher, Nicolas Jackson, dan Enzo Fernandez. Sementara itu, Aston Villa hanya bisa membalas lewat sepakan Moussa Diaby pada akhir babak kedua. Hasil ini membuat The Blues melaju ke babak kelima Piala FA menghadapi Leeds United pada 29 Februari 2024.

Kemenangan ini sangat penting bagi Chelsea. Pasalnya, mereka kerap kali tampil inkonsisten di Premier League usai kalah dua kali beruntun melawan Liverpool dan Wolverhampton Wanderers (Wolves). Akan tetapi, penggemar Chelsea tidak perlu khawatir soal prestasi. The Blues berpeluang besar meraih dua trofi, yaitu Piala Liga dan Piala FA.

Lalu, bagaimana The Blues mampu memenangkan gelar juara di kedua ajang tersebut? Setidaknya, Chelsea butuh tiga faktor ini jika ingin meraih trofi pada 2023/2024. Ketiga faktor ini akan menentukan nasib mereka pada akhir 2023/2024.

1. Organisasi permainan yang solid dan kerja sama tim

3 Faktor yang Bisa Bikin Chelsea Meraih Trofi pada 2023/2024Cole Palmer (depan tengah) mencetak gol ke gawang Manchester City. (premierleague.com)

Chelsea membeli begitu banyak pemain dalam 2 tahun terakhir. Mereka tidak main-main dalam menggelontorkan dana di dua jendela bursa transfer demi mendapatkan pemain yang diinginkan. Namun, performa mereka di atas lapangan tidak mencerminkan harga mahalnya. Misalnya, Moises Caicedo yang dibeli dari Brighton & Hove Albion dengan harga 115 juta pound sterling atau Rp2,2 triliun pada musim panas 2023. Ia belum mencetak gol dan baru memberi assist sekali sejauh ini.

Performa para pemain Chelsea sangat menentukan kualitas permainan di setiap pertandingan. Pasalnya, The Blues tidak bisa mengandalkan satu atau dua pemain saja untuk meraih trofi. Dilansir Fotmob, Chelsea terlihat sangat mengandalkan Cole Palmer dan Enzo Fernandez di Piala Liga. Palmer dan Fernandez masing-masing sudah mencetak dua gol. Mereka memiliki angkat expected goals tertinggi dengan Palmer 3 dan Fernandez 1,9.

Chelsea tentu tidak bisa terus bergantung kepada kedua pemain ini saat menghadapi Liverpool di laga final pada 25 Februari 2024. Mereka butuh bermain kolektif dengan organisasi permainan yang solid di semua lini. The Blues memiliki kualitas pemain yang mampu bermain kolektif dan solid. Manajer Chelsea, Mauricio Pochettino, memiliki tugas berat untuk menyatukan dan mengeluarkan kemampuan terbaik para pemainnya.

2. Tidak adanya pemain penting yang mengalami cedera

3 Faktor yang Bisa Bikin Chelsea Meraih Trofi pada 2023/2024Para pemain Chelsea merayakan gol Enzo Fernandez saat melawan Aston Villa. (chelseafc.com)

Chelsea harus menjaga kebugaran para pemainnya agar tidak mengalami cedera pada paruh kedua 2023/2024. Beberapa pemain yang punya peran cukup krusial bagi Chelsea, seperti Cole Palmer, Enzo Fernandez, Thiago Silva, dan Raheem Sterling. Kebugaran mereka sangat penting agar mampu tampil maksimal terutama dalam laga final Piala Liga melawan Liverpool.

The Blues saat ini masih belum bisa diperkuat oleh para pemain bertalenta, seperti Reece James, Marc Cucurella, Levi Colwill, Romeo Lavia, Wesley Fofana, dan Lesley Ugochukwu. Ketidakhadiran mereka masih bisa diganti oleh pemain lain dengan baik. Namun, jika Palmer dan Fernandez yang mengalami cedera, tentu akan menjadi masalah besar sebab kedua pemain ini tampil produktif sejauh ini.

3. Mendapat keberuntungan saat tengah bertanding

3 Faktor yang Bisa Bikin Chelsea Meraih Trofi pada 2023/2024Cole Palmer mengeksekusi penalti. (premierleague.com)

Keberuntungan menjadi hal yang cukup krusial bagi Chelsea dalam usahanya meraih trofi pada 2023/2024. Misalnya, gol dari kubu lawan dianulir oleh wasit, mendapat tendangan penalti, dan ada pemain lawan yang mendapat kartu merah. Faktor-faktor tersebut akan memberikan keuntungan bagi Chelsea terutama saat menghadapi lawan sulit seperti Liverpool.

The Blues juga harus memastikan pemainnya tidak terjebak offside saat proses mencetak gol. Pasalnya, Chelsea sudah 56 kali terkena offside di Premier League. Mereka menjadi tim kedua setelah Manchester United yang paling banyak terjebak offside. Selain itu, The Blues perlu memaksimalkan peluang mencetak gol dari situasi bola mati.

Chelsea sejauh ini telah mencetak tujuh gol dari tendangan penalti dan baru sekali melalui free kick. Jika mereka bermain buruk, setidaknya gol dari situasi bola mati akan menjaga peluang The Blues untuk meraih gelar juara di Piala Liga dan Piala FA.

Ketiga faktor di atas tentu bisa Chelsea dapatkan dengan kerja keras dan komitmen dari seluruh jajaran pemain dan pelatih. Mereka saat ini tengah menjalani transisi dengan berorientasi kepada proyek jangka panjang bersama pemain muda dan manajer baru. Maka dari itu, memenangkan gelar juara seperti Piala Liga dan Piala FA akan menambah kepercayaan diri tim dan manajemen akan kesuksesan proyek jangka panjang ini.

Baca Juga: Bintang Argentina Menyesal Gabung Chelsea?

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya