5 Faktor yang Bisa Gagalkan Misi Arsenal Juara EPL 2023/2024

Faktor terakhir sering kali menjadi masalah

Arsenal berhasil memenangkan laga sulit di North London Derby menghadapi Tottenham Hotspur dengan skor 3-2 pada pekan ke-35 English Premier League 2023/2024. Ketiga gol Arsenal dicetak lewat satu gol bunuh diri Pierre-Emile Hojbjerg serta gol Bukayo Saka dan Kai Havertz. Hasil ini membuat Arsenal masih kokoh di puncak klasemen sementara EPL dengan perolehan 80 poin.

The Gunners makin dekat dengan gelar juara EPL 2023/2024. Mereka menyisakan tiga laga lagi sampai pekan terakhir. Namun, Arsenal perlu mewaspadai lima faktor berikut yang bisa bikin ambisi menjuarai EPL malah gagal.

1. Meraih 1 hasil seri atau kalah dalam 3 laga sisa

5 Faktor yang Bisa Gagalkan Misi Arsenal Juara EPL 2023/2024Declan Rice (premierleague.com)

Arsenal akan menghadapi jadwal yang cukup berat dalam 3 pekan berikutnya. The Gunners mesti melawan AFC Bournemouth di kandang pada pekan ke-36 Premier League 2023/2024. Meskipun Bournemouth berada di papan tengah klasemen EPL, tetapi permainan mereka perlu diwaspadai. Sebab, Manchester United saja kalah 0-3 di kandang.

Lawan terberat Arsenal adalah Manchester United pada pekan ke-37. MU memang tampil inkonsisten di EPL pada 2023/2024, tetapi bertandang ke Old Trafford tentu bukan hal mudah bagi Arsenal. Mental para pemain The Gunners serta strategi yang diterapkan manajer, Mikel Arteta, akan menjadi kunci dalam meraih tiga poin saat menghadapi MU.

Arsenal akan bertemu dengan Everton, klub yang kerap kali menerapkan permainan low defence atau garis pertahanan rendah, pada akhir musim. The Gunners beberapa kali kesulitan mencetak gol ketika menghadapi klub-klub yang bermain bertahan total. Arsenal tidak boleh meremehkan 1 pun dari 3 lawannya menjelang akhir musim.

2. Manchester City memenangi sisa empat laga Premier League

5 Faktor yang Bisa Gagalkan Misi Arsenal Juara EPL 2023/2024Manchester City meraih kemenangan 2-0 atas Nottingham Forest. (premierleague.com)

Hasil yang diraih Manchester City sangat berperan penting dalam memuluskan misi Arsenal meraih gelar juara Premier League 2023/2024. Sebab, The Citizen punya satu laga sisa yang belum dimainkan. Terlebih lagi, Manchester City kini berada di peringkat ke-2 dengan koleksi 79 poin, hanya berbeda 1 poin dengan Arsenal.

Manchester City akan melawan Wolverhampton Wanderers, Fulham, Tottenham Hotspur, dan West Ham United. Hanya Tottenham yang diprediksi punya peluang besar menahan imbang atau mengalahkan The Citizens. Terlebih lagi, Manchester City akan bertandang ke kandang Tottenham pada pekan ke-37 EPL. Namun, Tottenham baru saja kalah 2-3 atas Arsenal di kandangnya. Artinya, Manchester City tetap berpeluang meraih kemenangan saat bertandang ke kandang Tottenham Hotspur.

The Citizen sendiri pernah berada dalam situasi ini saat bersaing dengan Liverpool pada 2018/2019. Manchester City yang memiliki 1 laga tersisa dalam 4 pekan terakhir berhasil mengalahkan lawan-lawannya. Mereka menggeser Liverpool dari puncak klasemen. Arsenal hanya bisa berharap salah 1 dari 3 lawan Manchester City mampu meraih hasil imbang atau menang.

Baca Juga: Ada City dan Arsenal Lagi di Perburuan Titel Premier League

3. Lini belakang, terutama kiper, bikin blunder yang berujung gol

5 Faktor yang Bisa Gagalkan Misi Arsenal Juara EPL 2023/2024David Raya (premierleague.com)

Manajer Arsenal, Mikel Arteta, perlu memberikan perhatian serius kepada lini belakang Arsenal. Sebab, penampilan para pemain bertahan The Gunners kerap kali tidak konsisten. Beberapa dari mereka bahkan membuat blunder yang berujung gol.

Salah satunya David Raya yang melakukan kesalahan saat laga kontra Tottenham Hotspurs pada pekan ke-35 EPL. Ia tidak membuang bola dengan baik sehingga pemain Tottenham, Cristian Romero, memanfaatkannya dengan mencetak gol lewat sepakan dari luar kotak penalti. Selain itu, sisi kiri Arsenal sering kali mendapat eksploitasi dari pemain lawan. Arteta masih sering merotasi bek kirinya seperti Oleksandr Zinchenko, Jakub Kiwior, dan Takehiro Tomiyasu. Rapuhnya pertahanan Arsenal bisa saja menggagalkan misi meraih gelar juara EPL 2023/2024.

4. Kesulitan mencetak gol saat menghadapi klub-klub papan bawah

5 Faktor yang Bisa Gagalkan Misi Arsenal Juara EPL 2023/2024Martin Odegaard (premierleague.com)

Arsenal memang memiliki penyerang, seperti Kai Havertz, Leandro Trorssard, dan Bukayo Saka, yang bertugas membobol gawang lawan. Sayangnya, tidak ada satu pun dari mereka yang berposisi sebagai striker dengan insting gol tajam. Faktor inilah yang sering kali menyulitkan Arsenal dalam mencetak gol, terutama saat menghadapi klub-klub papan bawah.

Misalnya, ketika menghadapi Aston Villa pada pekan ke-33 Premier League 2023/2024. Dilansir laman resmi Premier League, Arsenal kurang efektif dalam menciptakan peluang dengan hanya mencatat 2 tembakan tepat sasaran dari 11 tendangan. Arsenal juga tidak berkutik ketika menghadapi Fulham dengan mencatat 13 tembakan yang hanya 3 di antaranya ke arah gawang. Itu pun bukan termasuk tembakan yang membahayakan kiper.

5. Pemain inti mengalami cedera

5 Faktor yang Bisa Gagalkan Misi Arsenal Juara EPL 2023/2024Bukayo Saka (kiri) dan Martin Odegaard (kanan) (premierleague.com)

Arsenal beruntung tidak punya pemain andalan yang mengalami cedera parah pada 2023/2024. Hanya Jurrien Timber yang absen cukup lama akibat cedera pada pekan pertama Premier League musim ini. Namun, The Gunners perlu mewaspadai resiko cedera yang bisa saja dialami para pemain andalannya, baik saat sesi latihan maupun laga.

Hal tersebut bisa saja terjadi mengingat tingginya intensitas saat latihan maupun laga menjelang akhir musim. Para pemain macam Bukayo Saka, Martin Odegaard, William Saliba, dan Declan Rice pelu dijaga kebugarannya agar tidak cedera. Sebab, tanpa kehadiran salah 1 dari 4 pemain ini berpotensi mengganggu stabilitas permainan Arsenal. 

Kelima faktor di atas perlu menjadi perhatian seluruh staf pelatih dan pemain Arsenal. Mereka terakhir kali meraih gelar juara Premier League saat generasi emas Arsenal yang mencatat invincible atau tidak terkalahkan dalam semusim pada 2003/2004. Akan sangat disayangkan apabila Arsenal gagal meraih gelar juara EPL pada 2023/2024. Pasalnya, The Gunners telah tampil memukau di EPL sejak pekan pertama sampai pekan ke-35.

Baca Juga: Mikel Arteta Yakin Arsenal Bisa Jadi Juara Premier League 2023/2024 

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya