Mengenal Federico Gatti, Eks Kuli Bangunan Kini Jadi Bintang Juventus

Kariernya tengah meroket

Juventus selalu menghadirkan bek-bek tangguh dari masa ke masa. Misalnya, Fabio Cannavaro yang pernah menjadi benteng Bianconeri. Ada juga Georgio Chiellini bersama Leonardo Bonucci yang kokoh di lini belakang selama lebih dari 10 tahun.

Si Nyonya Tua kini kembali memiliki bek tangguh yang tidak hanya mumpuni dalam bertahan, tetapi jago mencetak gol. Sosok tersebut adalah Federico Gatti.

Nama Gatti awalnya terdengar asing bagi sebagian besar fans Juventus. Tidak heran, Gatti memang bukan lulusan akademi klub top Italia. Ia juga tidak pernah bersinar saat usianya lebih muda. Akan tetapi, performa Gatti akhir-akhir ini menunjukkan bahwa dirinya memiliki kapasitas untuk bermain sebagai bek utama Juventus.

Lantas, seperti apa sosok Federico Gatti sebenarnya? Mari mengenal bek berusia 25 tahun itu lebih dalam!

1. Kerap kali berpindah-pindah klub sejak bermain di level junior

Mengenal Federico Gatti, Eks Kuli Bangunan Kini Jadi Bintang JuventusFederico Gatti (facebook.com/aurorapropatria1919official)

Federico Gatti lahir di Rivoli pada 24 Juni 1998. Ia mulai belajar ilmu sepak bersama ASD Chieri Giovanili. Gatti kemudian pindah ke akademi Torino saat usianya 6 tahun pada 2004. Ia hengkang ke akademi Alessandria setelah 8 tahun berada di akademi Torino.

Gatti sering kali menjalani masa peminjaman sejak masih bermain di level junior. Tercatat, Alessandria pernah meminjamkan Gatti kepada Pavarolo selama dua periode dan Saluzzo. Ia akhirnya dipermanenkan oleh Pavarolo pada Juli 2017.

Akan tetapi, Gatti hanya bertahan setahun di Pavarolo dan pindah menuju Verbania. Di klub inilah Gatti berubah dari yang tadinya seorang striker menjadi bek. Ia bermain untuk Verbania selama 3 tahun. Gatti lalu bergabung dengan klub amatir, Pro Patria, pada September 2020.

Baca Juga: 3 Pemain Juventus yang Pindah ke Napoli pada era 2000-an

2. Bekerja sebagai kuli bangunan di pabrik jendela selagi bermain di klub amatir

Mengenal Federico Gatti, Eks Kuli Bangunan Kini Jadi Bintang JuventusFederico Gatti (frosinonecalcio.com)

Perjuangan Federico Gatti saat membangun kariernya sebagai pesepak bola sangat berat. Ia harus putus sekolah pada usia 17 tahun akibat ayahnya menjadi pengangguran. Gatti yang masih tercatat sebagai pemain akademi Alessandria juga harus mencari pekerjaan lain. Ini agar bisa memenuhi biaya hidup dan membayar beberapa tagihan.

Ia akhirnya bekerja sebagai kuli bangunan di pabrik jendela. Gatti juga memiliki pekerjaan lainnya di pasar swalayan dekat tempat tinggalnya. Parahnya lagi, ia sering terlambat makan karena harus bekerja dan tidak memiliki cukup uang. Meski begitu, Gatti tidak menyerah dalam meraih cita-citanya menjadi pesepak bola profesional.

Ia tetap berlatih sendiri di sela-sela waktu kerjanya atau saat malam hari. Gatti bahkan menempel poster Steven Gerrard dan Frank Lampard di kamarnya sebagai sumber inspirasi. Dilansir Daily Mail, ia mengatakan bahwa dirinya tidak pernah melupakan pengalaman tersebut.

3. Mendedikasikan kariernya untuk mewujudkan mimpi mendiang kakeknya

https://www.youtube.com/embed/BZvVc-sE1ME

Federico Gatti mendedikasikan kariernya sebagai pesepak bola untuk kakeknya yang meninggal dunia pada Desember 2022. Ia sempat melakukan selebrasi menunjuk tangan ke atas ketika mencetak gol ke gawang Sporting Lisbon dalam laga Liga Europa. Gol tersebut ia persembahkan untuk menghormati kakeknya yang baru meninggal.

Dilansir Daily Mail, kakek Gatti pernah memiliki mimpi untuk menjadi pesepak bola profesional dan bermain di Serie A Italia. Akan tetapi, ia tidak pernah memiliki kesempatan untuk menjalani karier sebagai pemain profesional. Ia akhirnya bekerja sebagai seorang sopir selama 24 tahun. Maka dari itu, Gatti termotivasi untuk bisa menjadi pesepak bola profesional dan bermain di Serie A untuk mewujudkan mimpi kakeknya itu.

Perjalanan Federico Gatti bisa sampai menjadi pemain Juventus merupakan buah dari kerja keras dan dedikasi tingginya terhadap sepak bola. Ia kini menjadi pilar utama lini belakang Juventus menggantikan Leonardo Bonucci yang hengkang pada musim panas 2023. Kisah perjuangan Gatti untuk meraih mimpinya sebagai pesepak bola patut menjadi contoh bagi para pemain muda agar tidak menyerah walaupun menghadapi tantangan sulit.

Baca Juga: 3 Gol Federico Gatti di Serie A 2023/2024, Bek Tajam Pahlawan Juventus

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya