Gabriel Moscardo, Declan Rice dari Brasil yang Sedikit Lagi Gabung PSG

Kepindahannya terganggu cedera

Paris Saint-Germain telah mencapai kesepakatan dengan Corinthians terkait transfer gelandang muda asal Brasil, Gabriel Moscardo. Les Parisiens mengaktifkan klausul peleapasan Moscardo seharga 20 juta euro atau Rp341 miliar. PSG mengalahkan klub-klub besar lainnya, seperti Arsenal, Manchester United, Atletico Madrid, dan Chelsea, yang juga berminat kepada pemain tengah berusia 18 tahun itu.

Bakat Moscardo sukses mencuri perhatian klub-klub papan atas Eropa berkat penampilannya yang impresif bersama Corinthians. Ia mencatat 25 penampilan dengan torehan 1 gol dan 1 assist. Karakter permainannya yang kuat dalam beradu fisik dan punya visi kerap kali disandingkan dengan gelandang Arsenal, Declan Rice. Moscardo bahkan disebut-sebut sebagai Declan Rice dari Brasil karena kemiripan gaya bermainnya.

Lalu, siapa sebenarnya sosok Gabriel Moscard? Berikut tiga fakta unik seputar pemain asal Brasil itu!

1. Mengawali kariernya sebagai gelandang serang

Gabriel Moscardo, Declan Rice dari Brasil yang Sedikit Lagi Gabung PSGGabriel Moscardo di tim muda Corinthians. (instagram.com/gabrielmoscardo)

Gabriel Moscardo lahir di Taubate pada 28 September 2005. Ia memulai perjalanan kariernya bersama akademi Atleta Cidadao pada 2015. Moscardo baru bergabung dengan akademi Corinthians pada 2017. 

Dilansir ESPN, Moscardo awalnya merupakan seorang gelandang serang. Namun, pelatihnya di Atleta Cidadao, Eduardo Vergueiro, mengubah posisinya menjadi gelandang bertahan. Vergueiro yang ikut pindah ke Corinthians bersama Moscard, melihat sang pemain punya kemampuan membaca permainan dan mengoper bola dengan baik. Tingginya yang mencapai 185 meter menjadi keunggulannya saat berduel di udara.

Moscardo melakoni debut di tim senior Corinthians saat menghadapi Liverpool FC Montevidio dalam laga Copa Libertadores pada 29 Juni 2023. Ia menggantikan Giuliano dalam laga yang dimenangi Corinthians dengan skor kemenangan 3-0.  Ia lalu mencetak gol pertamanya bagi Corinthians ketika mengalahkan Vasco da Gama 4-2 dalam laga Serie A Brasileiro pekan ke-36 pada 29 November 2023. 

Baca Juga: 3 Pemain Remaja yang Sudah Tampil Bersama PSG di Ligue 1 2023/2024

2. Tengah menempuh pendidikan dengan jurusan bisnis administrasi

Gabriel Moscardo, Declan Rice dari Brasil yang Sedikit Lagi Gabung PSGGabriel Moscardo (instagram.com/gabrielmoscardo)

Gabriel Moscardo punya jalan karier yang berbeda dari kebanyakan pemain muda asal Brasil. Saat para pemain yang seumuran dengannya hanya fokus dengan sepak bola, Moscardo tidak melupakan pendidikan. Ia saat ini masih tercatat sebagai mahasiswa jurusan Bisnis Administrasi di Universidade Paulista de Sao Paulo.

Selain belajar bisnis administrasi, Moscardo juga mengambil kelas bahasa Inggris di kampus tersebut. Dilansir Goal, Moscardo menjelaskan dirinya menyeimbangkan antara kegiatan sepak bola dengan jadwal kelasnya. Ia berlatih sepak bola dari pagi sampai sore. Moscardo lalu beristirahat sebentar sebelum pergi ke kampus pada malam hari. Ia merasa tidak keberatan karena lokasi kampus dan pusat latihan Corinthians cukup dekat.

3. Kerap dibandingkan dengan Declan Rice dan Casemiro

Gabriel Moscardo, Declan Rice dari Brasil yang Sedikit Lagi Gabung PSGGabriel Moscardo (instagram.com/gabrielmoscardo)

Gabriel Moscardo dikenal sebagai gelandang bertahan yang memiliki kecerdasan dalam membaca permainan. Ia tidak hanya kuat secara fisik, tetapi mampu mendistribusikan bola dengan baik. Selain itu, Moscardo juga memiliki insting menyerang yang dahulu pernah dirinya latih ketika masih bermain sebagai gelandang serang.

Dilansir Thecopaclub, Moscardo memiliki statistik yang apik sepanjang 2023. Secara defensif, ia memiliki rata-rata tekel 3,33 per 90 menit, 1,47 intersep, 2,55 blok, dan persentase memenangi duel area 73 persen. Di sisi lain, kemampuannya dalam mendistribusikan bola terlihat dari catatan rata-rata operan suksesnya mencapai 3,23 dari 4,31 percobaan dengan persentase akurasinya 75 persen.

Inilah yang membuat Moscardo berhasil menarik perhatian klub-klub papan atas Eropa. Performanya sebagai gelandang bertahan juga kerap dibandingkan dengan pemain top seperti Declan Rice dan Casemiro. Ia bahkan disebut-sebut sebagai Declan Rice dari Brasil.

Kepindahan Moscardo ke PSG akan menjadi peningkatan karier baginya. Namun, ia terdeteksi mengalami cedera di kakinya usai menjalani tes medis bersama PSG. Moscardo bahkan dikabarkan harus menjalani operasi dan akan absen selama 3 bulan. Presiden Corinthians, Augusto Melo, menegaskan sang pemain telah dijual kepada PSG dan tidak menerima pembatalan transfer apa pun hasil tes medisnya. Artinya, PSG harus menunggu sampai sekitar Maret atau April 2024 untuk bisa memainkan Moscardo.

Baca Juga: Mengenal Sosok Senny Mayulu, Jebolan Akademi PSG Calon Ikon Klub

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya