3 Gelandang Inggris yang Flop di Manchester City, Phillips Terbaru!

Mereka menemui berbagai masalah

Manchester City tidak ragu mengeluarkan dana besar untuk membeli pemain usai diakuisisi Sheikh Mansour pada 2008. The Citizens tidak hanya berani membeli pemain asing dengan harga mahal, tetapi juga pemain Inggris dengan harga mahal. Beberapa pemain asal Inggris yang termasuk pembelian sukses Manchester City adalah James Milner, Gareth Barry, dan Raheem Sterling.

Namun, tidak semua pemain Inggris yang direkrut Manchester City mampu menuai kesuksesan. Sebagian dari mereka gagal menampilkan permainan terbaiknya selama membela The Citizens. Salah satunya yang berposisi gelandang. Berikut tiga gelandang Inggris yang flop di Manchester City.

1. Jack Rodwell tidak mendapat tempat di skuad utama Manchester City

3 Gelandang Inggris yang Flop di Manchester City, Phillips Terbaru!Jack Rodwell (mancity.com)

Jack Rodwell hengkang dari Everton menuju Manchester City pada musim panas 2012. Ia ditebus dengan harga 15 juta pound sterling atau Rp301 miliar. Rodwell diharapkan dapat memperkuat lini tengah Manchester City. Namun, ia kesulitan bersaing dengan gelandang Manchester City lainnya, seperti Gareth Barry, James Milner, dan Samir Nasri.

Rodwell jarang mendapat kesempatan bermain sebagai starter. Ia hanya tampil dalam 25 pertandingan dengan mencetak 2 gol di semua kompetisi pada periode 2012--2014. Rodwell kemudian dilepas ke Sunderland pada musim panas 2014. Sayangnya, ia gagal mempertahankan Sunderland di English Premier League setelah terdegradasi pada akhir 2016/2017. Rodwell sendiri kini menjalani karier di A-League bersama Sydney FC.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 11 West Ham United sebelum Kalvin Phillips

2. Performa Fabian Delph inkonsisten dan sering cedera

3 Gelandang Inggris yang Flop di Manchester City, Phillips Terbaru!Fabian Delph (mancity.com)

Fabian Delph membuat kontroversi ketika memutuskan pindah dari Aston Villa ke Manchester City pada musim panas 2015. Sebab, ia secara terang-terangan mengatakan komitmennya kepada Aston Villa dan tidak akan hengkang ke klub lain. Namun, Delph mengecewakan fans dengan memutuskan bergabung dengan Manchester City.

Sayangnya, ia tidak benar-benar mampu mengeluarkan potensi terbaiknya selama membela Manchester City. Berbagai faktor menyebabkan penurunan performa Delph, seperti cedera dan gagal beradaptasi dengan sistem permainan yang diusung Pep Guardiola. Ia bahkan tidak pernah bermain lebih dari 25 pertandingan Premier League pada 2015--2019.

Delph akhirnya meninggalkan Manchester City dan bergabung dengan Everton pada musim panas 2019. Akan tetapi, masalah kebugaran makin membuat kariernya menurun. Ia kemudian memutuskan pensiun sebagai pemain pada usianya yang masih 32 tahun pada September 2022.

3. Kalvin Phillips terkendala masalah kebugaran dan kalah bersaing di Manchester City

3 Gelandang Inggris yang Flop di Manchester City, Phillips Terbaru!Kalvin Phillips (mancity.com)

Manchester City membeli Kalvin Phillips untuk menggantikan Fernandinho yang meninggalkan klub pada Juli 2022. The Citizens bahkan menebusnya dengan harga 45 juta pound sterling atau Rp902 miliar. Reputasi Phillips sebagai salah satu gelandang inti Timnas Inggris membuat Pep Guardiola dan fans optimistis terhadap kualitas permainannya.

Sayangnya, Phillips sering kali mengalami cedera selama membela Manchester City. Ia juga jarang dimainkan ketika dalam keadaan fit. Pep Guardiola mengatakan, dirinya tidak bisa mengeluarkan potensi terbaik Phillips karena sang pemain gagal beradaptasi dengan sistem permainannya. Gelandang asal Inggris itu juga mengalami kelebihan berat badan usai Piala Dunia 2022 Qatar. 

Guardiola menjelaskan, Phillips sebenarnya punya kemampuan memberikan umpan lambung lebih baik daripada Rodri. Akan tetapi, sang pemain kesulitan saat mendapatkan tekanan dari pemain lawan dan sering kehilangan bola saat menerima operan dari kiper. Phillips kini dipinjamkan kepada West Ham United sampai akhir 2023/2024. Masa depannya di Manchester City belum menemui kejelasan.

Ketiga gelandang di atas sebenarnya memiliki talenta yang cukup menjanjikan. Sayangnya, masalah kebugaran dan gagal beradaptasi di Manchester City membuat mereka tidak mampu menuai kesuksesan. Delph dan Rodwell mengalami penurunan karier cukup drastis usai hengkang dari Manchester City. Akankah Phillips mampu bangkit bersama West Ham United atau justru mengikuti jejak dua seniornya itu?

Baca Juga: 3 Pemain Norwegia yang Pernah Mencetak Gol untuk Manchester City

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya