Jacob Wright, Wonderkid Inggris Calon Ikon Manchester City

Gaya bermainnya mirip Jorginho

Manchester City kembali mengorbitkan talenta muda dari akademinya yang siap menjadi calon ikon klub. Setelah memperkenalkan Phil Foden, Rico Lewis, dan Micah Hamilton, The Citizen menghadirkan pemain serbabisa dalam diri Jacob Wright. Pemuda berusia 18 tahun itu berhasil menembus skuad utama Manchester City ketika menghadapi Huddersfield Town pada babak ketiga Piala FA Januari 2024.

Kehadiran Wright disambut dengan penuh antusias baik oleh fans, manajer, maupun rekan setimnya. Ia disebut-sebut sebagai calon ikon Manchester City seperti Phil Foden. Lantas, seperti apa sebenarnya sosok Jacob Wright?

1. Bergabung dengan akademi Manchester City sejak berusia 8 tahun

Jacob Wright, Wonderkid Inggris Calon Ikon Manchester CityJacob Wright (instagram.com/jawright_)

Jacob Wright merupakan putra asli kelahiran Manchester pada 21 September 2005. Ia menimba ilmu di akademi Manchester City sejak berusia 8 tahun. Wright perlahan membangun reputasinya sebagai salah satu pemain berbakat mulai dari tim muda Manchester City sampai menembus tim U-21.

Di level internasional, Wright memulai perjalanannya ketika mendapat panggilan dari Inggris U-17 pada 8 Februari 2022. Ia hanya bermain dalam dua pertandingan karena langsung naik level ke tim U-18 pada 21 September 2022. Wright kini sudah masuk ke jenjang U-19 sejak November 2023.

Baca Juga: 4 Rekor Unik usai Manchester City Melaju Perempat Final UCL 2023/2024

2. Tipe pemain serbabisa yang mampu tampil di empat posisi

Jacob Wright, Wonderkid Inggris Calon Ikon Manchester CityJacob Wright (instagram.com/jawright_)

Jacob Wright merupakan tipe pemain serbabisa. Ia mampu mengambil berbagai peran, terutama di area pertahanan. Ia berposisi asli sebagai gelandang bertahan, tetapi bisa juga dimainkan di sektor bek kanan, bek tengah, dan gelandang bertahan. Wright sendiri lebih nyaman bermain sebagai gelandang bertahan dengan peran deep-lying playmaker atau pengatur serangan yang menjembatani lini belakang dan depan.

Menurut catatan Transfermarkt, Wright bermain sebagai gelandang bertahan dalam 28 laga dengan mencetak 3 gol dan 2 assist. Selain itu, ia pernah 15 kali diturunkan sebagai bek kanan serta 3 kali masing-masing di posisi bek tengah dan gelandang tengah. Kemampuan Wright bermain di berbagai posisi itu membuat manajer Manchester City, Pep Guardiola, tertarik untuk memanggilnya ke skuad senior.

3. Mendapat pujian dari Pep Guardiola dan Phil Foden

Jacob Wright, Wonderkid Inggris Calon Ikon Manchester CityJacob Wright (kanan) (mancity.com)

Jacob Wright tampil cukup reguler bersama Manchester City U-18 dengan menorehkan 31 pertandingan dengan masing-masing 1 gol dan assist di semua kompetisi pada 2022/2023. Ia melanjutkan performa gemilangnya bersama Manchester City U-21 dengan menorehkan 29 penampilan dan mencetak 5 gol serta 2 assist pada 2023/2024. Penampilan apik serta kemampuan Wright dalam mengolah bola membuat manajer Manchester City, Pep Guardiola, memanggilnya untuk berlatih di skuad utama.

Ia melakoni debutnya di skuad senior Manchester City saat berhadapan dengan Huddersfield Town pada babak ketiga Piala FA. Wright mendapat sorotan ketika dirinya masuk menggantikan Mateo Kovacic pada babak kedua menit ke-75. Ia lalu mendapat kesempatan tampil menghadapi FC Copenhagen pada babak 16 besar Liga Champions Eropa 2023/2024. Meskipun hanya bermain dari menit ke-88, penampilannya di Liga Champions begitu berkesan baginya.

Guardiola memuji Wright yang menunjukkan peningkatan selama berlatih di skuad senior Manchester City sehingga berhak melakoni debut dalam laga kompetitif. Selain Guardiola, Phil Foden mengungkapkan antusiasmenya menyambut Wright di skuad senior The Citizen. Ia mengatakan, Wright telah bekerja keras pada sesi latihan dan bersyukur dengan kesempatan tampil di pertandingan resmi seperti Piala FA dan Liga Champions.

Kemunculan Jacob Wright membuat skuad Manchester City makin kental dengan para pemain muda yang berasal dari akademi. Ia diproyeksikan sebagai gelandang masa depan Manchester City dan Timnas Inggris. Terlebih lagi, Wright memiliki kesamaan dengan Foden, yaitu lahir di Manchester, menimba ilmu di akademi Manchester City, dan menjalani debut di skuad senior saat usianya belum mencapai 20 tahun. Menarik untuk melihat bagaimana Wright mengembangkan potensinya sampai bisa menjadi ikon Manchester City.

Baca Juga: 6 Eks Manchester United Terakhir yang Pernah Berkarier di Asia

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya