3 Jebolan Terbaik Akademi AS Monaco yang Pernah Bermain di PSG

Salah satunya menjadi pemain terbaik dunia

AS Monaco dikenal sebagai klub yang sering menghasilkan pemain kelas dunia lewat sistem akademinya. Misalnya, Thierry Henry yang berhasil menjadi legenda Arsenal dan Timnas Prancis atau David Trezeguet yang sukses menjadi striker tajam di Juventus. Tidak heran klub-klub besar Eropa seringkali membeli para pemain berbakat AS Monaco termasuk rivalnya di Ligue 1, Paris-Saint Germain (PSG).

PSG cukup sering merekrut jebolan terbaik dari akademi AS Monaco, bahkan sebelum diakuisisi oleh Qatar Sport Investment pada 2011. Beberapa eks AS Monaco itu mampu tampil apik di PSG, sementara yang lainnya tidak begitu sukses. Berikut tiga alumnus terbaik akademi AS Monaco yang pernah bermain di PSG.

1. Layvin Kurzawa mengoleksi lebih dari 100 penampilan di PSG

3 Jebolan Terbaik Akademi AS Monaco yang Pernah Bermain di PSGLayvin Kurzawa (psg.fr)

Layvin Kurzawa merupakan salah satu bek kiri berbakat Prancis yang pernah menimba ilmu di akademi AS Monaco. Ia promosi ke tim utama AS Monaco pada 2010/2011. Kurzawa total mengoleksi 97 penampilan dengan torehan 9 gol dan 9 assist di semua kompetisi pada periode 2010--2016.

Penampilan impresifnya bersama AS Monaco membuat PSG tertarik merekrutnya. Kurzawa akhirnya pindah kepada PSG pada musim panas 2016. Sayangnya, Kurzawa tidak benar-benar mampu menampilkan performa terbaiknya. Jumlah penampilannya di Ligue 1 tidak pernah lebih dari 20 kali setiap tahunnya. Meski begitu, Kurzawa mampu mengoleksi 154 penampilan dengan torehan 14 gol dan 23 assist di semua kompetisi selama berseragam PSG.

Ia sempat dipinjamkan kepada Fulham selama setahun pada musim panas 2022. Kurzawa benar-benar kehilangan tempat ketika kembali kepada PSG. Ia baru mencatat 1 penampilan di Ligue 1 2023/2024. Masa depan pemain berusia 31 tahun itu di PSG masih menjadi tanda tanya.

2. Abdou Diallo tidak mendapatkan menit bermain bersama PSG

3 Jebolan Terbaik Akademi AS Monaco yang Pernah Bermain di PSGAbdou Diallo (psg.fr)

Abdou Diallo merupakan jebolan akademi AS Monaco yang seringkali berpindah-pindah klub. Ia dipromosikan dari tim AS Monaco B ke tim utama pada 2014/2015. Akan tetapi, Diallo hanya mencatat 19 penampilan di semua kompetisi selama membela AS Monaco pada periode 2014--2017.

Ia kemudian membangun kariernya di Bundesliga Jerman bersama FSV Mainz dan Borussia Dortmund sebelum bergabung dengan PSG pada musim panas 2019. Namun, Diallo kesulitan mendapatkan menit bermain yang cukup bersama Les Parisien. Ia sempat dipinjamkan kepada RB Leipzig selama setahun pada 2022/2023. Diallo akhirnya dilepas oleh PSG kepada Al-Arabi pada musim panas 2023.

3. Kylian Mbappe sukses menjadi penyerang terbaik dunia

3 Jebolan Terbaik Akademi AS Monaco yang Pernah Bermain di PSGKylian Mbappe (ligue1.com)

Kylian Mbappe sudah menunjukkan bakatnya sejak melakukan debutnya di tim utama AS Monaco pada Januari 2016. Ia bahkan berhasil tampil memukau dengan membawa AS Monaco menjuarai Ligue 1 dan menembus semifinal Liga Champions Eropa pada 2016/2017. Mbappe akhirnya pindah kepada PSG dengan status pinjaman dengan opsi pembelian seharga 180 juta euro atau Rp 3 triliun pada musim panas 2017.

Mbappe kemudian berhasil meraih gelar juara Piala Dunia bersama Timnas Prancis pada 2018. Mbappe kini dikenal sebagai salah satu penyerang terbaik dunia bersama Erling Haaland. Keduanya diprediksi akan bersaing memperebutkan penghargaan Ballon D'or dalam beberapa tahun selanjutnya.

Dari tiga jebolan akademi AS Monaco di atas, hanya Mbappe yang benar-benar sukses menjalani karier di PSG. Diallo dan Kurzawa kesulitan bersaing menembus tim utama PSG yang berisi pemain bintang. Keduanya kini menjalani karier yang berbeda. Diallo memilih bermain bersama Al-Arabi, sedangkan Kurzawa masih bertahan di PSG.

Baca Juga: Saga Transfer Kylian Mbappe ke Real Madrid Masih Abu-abu

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya