3 Jebolan Akademi MU asal Skotlandia Terbaik Sepanjang Sejarah

Semuanya mengoleksi lebih dari 200 penampilan

Manchester United memiliki akademi yang sering kali menghasilkan para pemain top. Para pemain itu bukan hanya pemain Inggris, melainkan juga negara lain, salah satunya Skotlandia. Manchester United selalu memiliki jebolan akademi asal Skotlandia yang menjadi andalan di skuad utama.

Tercatat, ada tiga pemain asal Skotlandia yang termasuk dalam kategori lulusan terbaik akademi MU dan telah memberikan kontribusi luar biasa kepada prestasi tim. Secara statistik, mereka semua tampil lebih dari 200 penampilan di seluruh kompetisi selama membela Manchester United. Salah satunya masih aktif membela MU pada 2023/2024.

1. Arthur Albiston andalan bek kiri MU era 1970-an

3 Jebolan Akademi MU asal Skotlandia Terbaik Sepanjang SejarahArthur Albiston (manutd.com)

Arthur Albiston merupakan bek kiri terbaik yang MU miliki pada era pertengahan 1970-an. Ia merupakan jebolan akademi MU yang menjalani debutnya pada 1975/1976. Albiston dipromosikan dari tim Manchester United U-18 oleh Tommy Docherty yang menjabat sebagai manajer pada musim tersebut.

Albiston tampil dalam 245 pertandingan dengan torehan 2 gol, tetapi tidak mencetak assist. Ia turut berkontribusi dalam raihan tiga gelar juara Piala FA pada 1977, 1983, dan 1985. Albiston meninggalkan MU lalu bergabung dengan West Bromwich Albion pada musim panas 1988.

2. Darren Fletcher meraih semua trofi bergengsi bersama Manchester United

3 Jebolan Akademi MU asal Skotlandia Terbaik Sepanjang SejarahDarren Fletcher (manutd.com)

Darren Fletcher dianggap sebagai salah satu pemain legenda Manchester United oleh kalangan fans. Ia telah memberikan kontribusi yang luar biasa kepada MU sejak dipromosikan dari tim Manchester United U-18 pada 2001/2002. Fletcher sering diandalakan oleh manajer legendaris MU, Sir Alex Ferguson, sebagai pemain tengah.

Fletcher mengoleksi 342 penampilan dengan torehan 24 gol dan 30 assist di seluruh kompetisi bersama MU. Ia telah meraih semua gelar juara bergengsi bersama The Red Devils seperti 5 kali juara English Premier League (EPL), 3 Piala FA, 3 Piala Liga, 1 Liga Champions Eropa, dan 1 Piala Dunia Antarklub. Fletcher kini menduduki jabatan sebagai direktur teknik Manchester United.

3. Scott McTominay beruntung tidak dijual pada musim panas 2023

3 Jebolan Akademi MU asal Skotlandia Terbaik Sepanjang SejarahScott McTominay (premierleague.com)

Scott McTominay tercatat sebagai satu-satunya lulusan akademi MU asal Skotlandia yang aktif bermain di skuad utama pada 2023/2024. Akan tetapi, McTominay kesulitan mendapat tempat di starting eleven MU sejak mengalami inkonsistensi performa dan kedatangan beberapa pemain baru, seperti Casemiro, Mason Mount, Christian Eriksen, dan Sofyan Amrabat.

McTominay hampir saja dijual oleh MU ke West Ham United atau Bayern Muenchen pada musim panas 2023. Akan tetapi, sang pemain tetap bersikeras ingin membuktikan kepada Erik ten Hag bahwa dirinya pantas bermain di skuad utama MU.

Keputusan manajemen MU untuk tidak menjual McTominay ternyata memberikan hasil positif. Pemain asal Skotlandia itu seringkali menjadi sosok kunci ketika The Red Devils meraih kemenangan. McTominay mencetak gol kemenangan 2-1 saat laga EPL pekan ke-8 melawan Brentford. Ia juga menyumbang satu gol ketika MU menaklukkan Sheffield United 2-1 dalam pertandingan EPL pekan ke-9. McTominay total telah bermain dalam 216 laga dan mencetak 22 gol serta 5 assist di seluruh kompetisi sampai Oktober 2023.

Ketiga pemain di atas sebenarnya tidak memiliki kemampuan yang menonjol. Akan tetapi, mereka memiliki etos kerja dan selalu memberikan segalanya saat bermain untuk MU. Ketiga pemain tersebut layak disebut sebagai legenda Manchester United.

Baca Juga: Rekor 23 Tahun Manchester United Pecah di Tangan McTominay

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya