3 Kemenangan Terakhir Arsenal di Kandang Manchester City

Terakhir kali menang pada 8 musim yang lalu

Arsenal sejatinya tidak memiliki sejarah rivalitas dengan Manchester City. Kedua klub ini jarang bersaing secara head to head untuk memperebutkan gelar juara EPL ataupun bertanding di laga final Piala FA dan Piala Liga Inggris. Pemain-pemain dari Arsenal ataupun Manchester City juga jarang ada yang berseteru. Tidak seperti dengan Manchester United yang terkenal dengan permusuhan antarpemain macam Patrick Vieira dan Roy Keane.

Meski begitu, Arsenal selalu kesulitan setiap kali berhadapan dengan Manchester City. Terutama ketika The Gunners harus bertandang ke kandang Manchester City, Etihad Stadium. Pasalnya, Arsenal terakhir kali meraih kemenangan pada 8 musim yang lalu.

Inilah tiga kemenangan terakhir Arsenal kontra Manchester City di Etihad Stadium dalam laga EPL.

1. Arsenal mengalahkan Manchester City dengan skor 3-1 pada 2007/2008

3 Kemenangan Terakhir Arsenal di Kandang Manchester CityEmmanuel Adebayor (uefa.com)

Arsenal bertandang ke kandang Manchester City yang saat itu masih bernama City of Manchester dengan kondisi sedang memuncaki klasemen sementara EPL pada 2007/2008. The Citizen yang belum diakuisisi oleh pengusaha asal Abu Dhabi, Sheikh Mansour, tengah berada di peringkat ke-9. Arsenal yang tidak diperkuat Robin van Persie, menduetkan Emmanuel Adebayor dan Eduardo da Silva di lini depan.

Di sisi lain, Manchester City yang dilatih Sven-Goran Erikson menurunkan Daniel Sturridge, Stephan Ireland, dan Elano sebagai penyerang. Arsenal mampu unggul terlebih dahulu lewat gol Emmanuel Adebayor dan Eduardo da Silva. Gelson Fernandes kemudian menorehkan gol untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2. Adebayor kemudian menutup kemenangan Arsenal lewat golnya pada menit ke-88. Arsenal sukses memenangkan laga ini dengan skor 3-1.

2. Arsenal menang telak 3-0 atas Manchester City pada 2010/2011

3 Kemenangan Terakhir Arsenal di Kandang Manchester CitySamir Nasri (uefa.com)

Arsenal menghadapi Manchester City yang sudah dipenuhi pemain bintang pada 2010/2011. The Gunners memainkan Cesc Fabregas, Andrey Arshavin, dan Samir Nasri di belakang striker tunggal, Marouane Chamakh. Di sisi lain, The Citizens menurunkan Carlos Tevez sebagai striker dan didukung David Silva serta James Milner di belakangnya.

Arsenal mencetak gol terlebih dahulu lewat Samir Nasri usai memanfaatkan assist Andrey Arshavin pada menit ke-20. Alex Song menggandakan keunggulan Arsenal menjadi 2-0 pada menit ke-66. Nicklas Bendtner yang masuk sebagai pemain pengganti mengunci kemenangan Arsenal menjadi 3-0 melalui golnya pada menit ke-88.

3. Arsenal membungkam fans Manchester City lewat kemenangan 2-0 pada 2014/2015

3 Kemenangan Terakhir Arsenal di Kandang Manchester CityOlivier Giroud dan Santi Cazorla (arsenal.com)

Arsenal menghadapi Manchester City pada pekan 22 EPL pada 2014/2015. Manajer Manchester City, Manuel Pellegrini, menurunkan Sergio Aguero sebagai striker utama serta Jesus Navas dan James Milner di posisi penyerang sayap. Sementara itu, Arsenal memainkan pemain baru mereka, Alexis Sanchez, di sayap kiri serta Olivier Giroud sebagai striker tunggal.

Arsenal mendapatkan tendangan penalti setelah Nacho Monreal mendapat pelanggaran di kotak penalti Manchester City. Santi Cazorla yang maju sebagai penendang mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik. Pemain asal Spanyol kembali menampilkan aksi terbaiknya setelah memberikan assist kepada Olivier Giroud pada babak kedua menit ke-67. Keunggulan Arsenal 2-0 atas Manchester City bertahan sampai pertandingan usai.

Itulah tiga kemenangan terakhir Arsenal di kandang Manchester City. The Gunners belum pernah menang lagi di Etihad Stadium setelah meraih kemenangan 2-0 pada 2014/2015. Manajer Arsenal, Mikel Arteta, perlu memutar otak agar mampu meredam perlawanan Manchester City saat bertandang ke Etihad Stadium. Hal tersebut sangat penting mengingat Arsenal masih termasuk salah satu kandidat juara EPL pada 2023/2024.

Baca Juga: Jelang Man City vs Arsenal pada Pekan 30 Premier League 2023/2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya