4 Kemenangan Paling Bersejarah Klub Jerman versus Real Madrid

Ada dua klub yang pernah menang dengan lima gol

Real Madrid mendapat undian menghadapi dua klub Jerman pada Liga Champions Eropa (UCL) 2023/2024. Los Blancos berada satu grup dengan Union Berlin dan bertemu RB Leipzig di babak 16 besar. Real Madrid memang memiliki catatan apik dengan meraih 30 kemenangan dari 56 pertemuan dengan klub-klub Jerman di kompetisi antarklub Eropa.

Namun, bukan berarti klub-klub Jerman itu tidak pernah menaklukan Real Madrid. Los Blancos yang selalu diperkuat para pemain bintang beberapa kali gagal meraih kemenangan atas klub-klub Jerman. Beberapa klub Jerman bahkan mampu menang dengan skor besar melawan Real Madrid di kompetisi antarklub Eropa.

Berikut lima kemenangan paling bersejarah klub Jerman versus Real Madrid.

1. Hamburg menaklukan Real Madrid 5-1 di Piala Super Eropa 1979/1980

4 Kemenangan Paling Bersejarah Klub Jerman versus Real MadridHamburg SV menang 5-1 atas Real Madrid pada Piala Super Eropa 1979/1980. (bundesliga.com)

Hamburg SV merupakan salah satu klub papan atas Jerman pada medio 1970-an sampai 2000-an. Mereka pernah menjadi pesaing utama Bayern Muenchen dalam perebutan gelar juara Bundesliga dan bermain di kompetisi antarklub Eropa setiap musim. Salah satu kemenangan bersejarah Hamburg di kompetisi antarklub Eropa terjadi ketika menaklukan Real Madrid dengan skor 5-1 pada babak semifinal leg kedua Piala Super Eropa 1979/1980.

Hamburg kala itu masih diperkuat Kevin Keegan dan Felix Magath. Sementara itu, Real Madrid memiliki para pemain top Eropa seperti Santillana, Laurie Cunningham, dan Vicente del Bosque. Hamburg unggul cepat melalui gol Manfred Kaltz pada babak pertama menit ke-10 dan Horst Hrubesch pada menit ke-16.

Real Madrid sempat memperkecil ketertinggalan lewat Laurie Cunningham pada menit ke-31. Akan tetapi, Kaltz dan Hrubesch kembali membobol gawang Real Madrid pada menit ke-37 dan 45. Hamburg menuntaskan pertandingan lewat gol Caspar Memering pada menit ke-90. Hamburg berhasil lolos ke babak final Piala Super Eropa 1979/1980.

2. Kaiserslautern pernah membantai Real Madrid 5-0 pada Piala UEFA 1981/1982

4 Kemenangan Paling Bersejarah Klub Jerman versus Real MadridPara pemain Kaiserslautern (kiri) merayakan kemenangan 5-0 atas Real Madrid. (bundesliga.com)

Kaiserslautern pernah mencapai kejayaannya pada era 1980-an sampai akhir 1990-an. Mereka beberapa kali bermain di kompetisi antarklub Eropa baik Liga Champions Eropa maupun Piala UEFA. Meskipun tidak pernah meraih gelar juara, Kaiserslautern punya kenangan manis di kompetisi antarklub Eropa.

Mereka pernah membantai klub papan atas sekelas Real Madrid dengan skor 5-0 dalam laga perempat final leg kedua Piala UEFA pada 1981/1982. Kelima gol tersebut dicetak oleh dua torehan Friedhelm Funkel, Hannez Bongartz, Norbert Eilenfeldt, dan Reiner Geye. Real Madrid yang masih diperkuat oleh Vicente del Bosque dan Jose Antonio Camacho tidak mampu menciptakan gol balasan sampai akhir laga. Kaiserslautern lolos ke babak semifinal dengan keunggulan agregat 6-3. 

Baca Juga: Kesempurnaan Real Madrid Demi Hadapi Transisi Cepat Leipzig

3. Bayern Muenchen mempermalukan Real Madrid di semifinal UCL pada 2011/2012

4 Kemenangan Paling Bersejarah Klub Jerman versus Real MadridBastian Schweinsteiger (kiri) dan Franck Ribery (kanan) (uefa.com)

Bayern Muenchen berhadapan dengan Real Madrid dalam laga semifinal Liga Champions Eropa pada 2011/2012. Duel kedua tim berlangsung sengit baik di leg pertama maupun kedua. Bayern Muenchen menang 2-1 atas Real Madrid dalam laga leg pertama yang berlangsung di kandang mereka, Allianz Arena, pada 18 April 2012. Gol Franck Ribery dan Mario Gomez hanya bisa dibalas Mesut Oezil.

Real Madrid kemudian berbalik menang 2-1 kontra Bayern Muenchen dalam pertandingan leg kedua di Santiago Bernabeu pada 26 April 2012. Torehan dua gol Cristiano Ronaldo serta satu gol Arjen Robben, membuat agregat menjadi 3-3 sehingga laga harus dilanjutkan sampai babak extra time. Sayangnya, kedua klub tidak mampu mencetak gol yang membuat pertandingan harus diselesaikan lewat adu penalti.

Para pemain bintang Real Madrid seperti Cristiano Ronaldo, Ricardo Kaka, dan Sergio Ramos gagal mengeksekusi penalti dengan baik. Sementara itu, tiga dari empat penendang penalti Bayern Muenchen sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Alhasil, Bayern Muenchen menang adu penalti dengan skor 3-1 dan melaju ke babak final Liga Champions Eropa 2011/2012.

4. Borussia Dortmund menang telak atas Real Madrid 4-1 di laga semifinal UCL 2012/2013

4 Kemenangan Paling Bersejarah Klub Jerman versus Real MadridRobert Lewandowski (uefa.com)

Setelah dipermalukan Bayern Muenchen pada 2011/2012, Real Madrid kembali takluk dari klub asal Jerman lainnya, Borussia Dortmund, semusim kemudian. Dortmund yang berstatus sebagai juara Bundesliga 2011/2012 menghadapi juara LaLiga Spanyol 2011/2012, Real Madrid, pada babak semifinal Liga Champions Eropa 2012/2013. Los Blancos sama sekali tidak berkutik ketika bertandang ke kandang Dortmund, stadion Signal Iduna Park, dalam laga leg pertama.

Robert Lewandowski sukses merobek gawang Real Madrid empat kali dalam laga tersebut. El Real hanya bisa memperkecil ketertinggalan melalui Cristiano Ronaldo. Real Madrid memang memenangkan pertandingan leg kedua, tetapi skor 2-0 tidak cukup menyingkirkan Dortmund dari UCL 2012/2013. Sebab, Dortmund unggul agregat 4-3 atas Real Madrid.

Empat klub di atas tidak hanya sekedar meraih kemenangan atas Real Madrid. Mereka mencapai hasil tersebut dengan cara yang fantastis. Kaiserslautern dan Hamburg mampu membantai Real Madrid dengan lima gol. Sementara itu, Bayern Muenchen mempermalukan Los Blancos dihadapan pendukungnya di Santiago Bernabeu. Borussia Dortmund berhasil menyingkirkan Real Madrid dari babak semifinal UCL lewat empat gol Robert Lewandowski. Akankah ada klub Jerman selanjutnya yang menorehkan kemenangan fantastis atas Real Madrid di kompetisi antarklub Eropa? Patut dinanti.

Baca Juga: Ancelotti Ngamuk Real Madrid Main Pakai Rem

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya