3 Kemenangan Kandang MU atas Liverpool di Piala FA per Maret 2024

Manchester United belum terkalahkan

Manchester United punya rekor mentereng tiap kali bertemu Liverpool di Piala FA. Dalam 13 pertemuan, MU berhasil menang 9 kali, sedangkan Liverpool hanya 2 kali. Terlebih lagi, The Red Devils tidak pernah kalah atas Liverpool ketika memainkan laga kandang di Piala FA. Berikut tiga kemenangan kandang MU atas Liverpool di Piala FA per Maret 2024.

1. MU menyingkirkan Liverpool dari babak keempat Piala FA 1998/1999 dengan skor 2-1

3 Kemenangan Kandang MU atas Liverpool di Piala FA per Maret 2024Ole Gunnar Solksjaer (depan) mencetak gol kemenangan MU 2-1 atas Liverpool. (manutd.com)

Manchester United menjamu Liverpool pada babak keempat Piala FA di Old Trafford pada 24 Januari 1999. Manajer MU, Sir Alex Ferguson, menurunkan starting line-up terbaiknya, seperti Andy Cole, Dwight Yorke, David Beckham, dan Ryan Giggs. Sementara itu, manajer Liverpool, Gerard Houllier, memainkan duet striker lulusan akademi, Michael Owen dan Robbie Fowler, plus eks pemain MU, Paul Ince, yang menjabat sebagai kapten.

Liverpool unggul terlebih dahulu melalui sundulan Michael Owen setelah memanfaatkan assist Vegard Heggem pada babak pertama menit ke-3. Keunggulan 1-0 tersebut hampir saja meloloskan Liverpool ke babak kelima Piala FA. Sayangnya, Dwight Yorke dan Ole Gunnar Solksjaer membalikkan keadaan lewat gol mereka pada menit ke-89 dan 90+2. MU melaju ke babak kelima Piala FA dengan kemenangan 2-1 atas Liverpool.

Baca Juga: 3 Pencetak Gol Termuda Liverpool di Liga Europa, Clark Terbaru!

2. MU menang tipis 1-0 atas Liverpool pada babak ketiga Piala FA 2010/2011

https://www.youtube.com/embed/0XFaCJLkOn4

Manchester United kembali bertemu Liverpool di Old Trafford pada babak ketiga Piala FA 2010/2011. Sir Alex Ferguson menurunkan para pemain terbaiknya, seperti Dimitar Berbatov, Luis Nani, dan Rio Ferdinand. Di sisi lain, manajer Liverpool, Sir Kenny Dalglish, memasang Fernando Torres, Steven Gerrard, dan Raul Meireles di lini serang.

Ryan Giggs langsung mencetak gol lewat tendangan penalti ketika laga baru berjalan 2 menit. Hal tersebut terjadi setelah Berbatov mendapat pelanggaran di kotak penalti. Liverpool makin kesulitan mengejar ketertinggalan usai sang kapten, Steven Gerrard, mendapat kartu merah akibat pelanggaran keras. Keunggulan 1-0 tersebut bertahan sampai pertandingan selesai. MU sukses melaju ke babak keempat Piala FA.

3. MU menaklukkan Liverpool dengan skor 3-2 pada babak keempat Piala FA 2020/2021

3 Kemenangan Kandang MU atas Liverpool di Piala FA per Maret 2024Bruno Fernandes (depan) merayakan gol kemenangan MU 3-2 kontra Liverpool. (manutd.com)

Manchester United memainkan beberapa pemain cadangan ketika melawan Liverpool pada babak keempat Piala FA di Old Trafford pada 24 Januari 2021. The Red Devils menurunkan Mason Greenwood, Edinson Cavani, Donny van de Beek, dan Dean Henderson. Di sisi lain, Liverpool tetap menurunkan para pemain terbaiknya, seperti Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Trent Alexander-Arnold.

Liverpool membuka keunggulan melalui sepakan kaki kanan Mohamed Salah pada babak pertama menit ke-18. Mason Greenwood menyamakan kedudukan usai mencetak gol dengan memanfaatkan umpan matang Marcus Rashford pada menit ke-26. Rashford kemudian membawa MU berbalik unggul lewat golnya pada menit ke-48.

Mohamed Salah kembali menorehkan gol untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2. The Red Devils akhirnya keluar sebagai pemenang setelah Bruno Fernandes mencetak gol spektakuler dari tendangan bebas. Skor 3-2 untuk kemenangan MU atas Liverpool membuat mereka lolos ke babak kelima Piala FA 2020/2021.

Ketiga pertandingan di atas menjadi bukti Manchester United masih terlalu tangguh bagi Liverpool ketika bertanding di laga kandang di Piala FA. Namun, MU inkonsisten sepanjang 2023/2024. Sementara itu, Liverpool mampu meraih kemenangan meskipun dilanda badai cedera. Duel kedua klub pun akan selalu menarik untuk disaksikan. Sebab, mereka memiliki sejarah rivalitas yang cukup panjang.

Baca Juga: Manchester United yang Mau Buktikan Diri Kontra Liverpool

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya