3 Kemenangan Kandang Terakhir FC Porto atas Arsenal di UCL

Konsisten jadi batu sandungan Arsenal

Arsenal dan FC Porto telah bertemu sebanyak tujuh kali sepanjang sejarah di Liga Champions Eropa (UCL). Dari tujuh kali pertemuan, kedua tim cukup seimbang dengan masing-masing mampu memetik tiga kali kemenangan, sedangkan satu pertandingan berakhir seri. Uniknya, mereka saling mengalahkan saat bermain dalam laga kandang.

FC Porto mengungguli Arsenal setiap kali bertanding di kandang mereka, Estadio do Dragao, dalam 3 pertemuan terakhir. Hal tersebut memperpanjang rekor buruk Arsenal setiap kali bertandang ke Estadio do Dragao di Liga Champions Eropa. 

1. FC Porto menang telak 2-0 atas Arsenal di laga babak grup UCL pada 2008/2009

3 Kemenangan Kandang Terakhir FC Porto atas Arsenal di UCLBruno Alves (tengah) mencetak gol atas Arsenal. (uefa.com)

FC Porto dan Arsenal berada dalam satu grup di Liga Champions Eropa 2008/2009. Arsenal menang telak 4-0 atas FC Porto ketika pertandingan pertama di stadion Emirates pada 30 September 2008. Namun, kekalahan tersebut berhasil dibalas oleh FC Porto saat menjamu The Gunners di Estadio do Dragao.

FC Porto tampil dengan skuad terbaiknya yang saat itu masih diperkuat oleh deretan pemain ngetop, seperti Hulk, Raul Meireles, dan Lucho Gonzales. Mereka membuka keunggulan lewat sundulan bek tengah, Bruno Alves, saat menerima umpan dari tendangan sudut yang dieksekusi oleh Raul Meireles pada babak pertama menit ke-39. Lisandro Lopez menggandakan keunggulan FC Porto atas Arsenal dengan sepakan kaki kanannya pada babak kedua menit ke-54. Skor 2-0 bertahan sampai pertandingan usai.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kemenangan FC Porto atas Arsenal di Liga Champions

2. FC Porto menaklukan Arsenal 2-1 di babak 16 besar UCL pada 2009/2010

3 Kemenangan Kandang Terakhir FC Porto atas Arsenal di UCLFC Porto menang 2-1 atas Arsenal di laga 16 besar UCL 2009/2010. (uefa.com)

FC Porto kembali berhadapan dengan Arsenal di laga Liga Champions Eropa 2009/2010. Undian babak 16 besar mempertemukan mereka berdua dengan FC Porto bertindak sebagia tuan rumah terlebih dahulu. Laga kandang tersebut tidak disia-siakan oleh FC Porto dengan terus menggempur pertahanan Arsenal selama 90 menit.

FC Porto membuka keunggulan melalui tendangan kaki kanan Silvestre Varela pada babak pertama menit ke-11. Sol Campbell lalu membalasnya setelah mampu memanfaatkan umpan matang dari Tomas Rosicky 7 menit berselang. FC Porto kembali unggul setelah Radamel Falcao merobek gawang Arsenal lewat sepakan kaki kirinya usai memaksimalkan assist dari Ruben Micael. FC Porto pun akhirnya unggul 2-1 sampai laga selesai.

3. FC Porto menang 1-0 dengan dramatis atas Arsenal di babak 16 besar UCL 2023/2024

3 Kemenangan Kandang Terakhir FC Porto atas Arsenal di UCLGaleno (depan) (uefa.com)

Undian babak 16 besar Liga Champions Eropa 2023/2024 mempertemukan kembali FC Porto dengan Arsenal setelah terakhir kali berduel pada 2009/2010. Sama seperti sebelumnya, FC Porto menjamu Arsenal terlebih dahulu untuk laga leg pertama di Estadio do Dragao pada 21 Februari 2024. Arsenal awalnya diprediksi akan menang dalam laga ini. Sebab, performa The Gunners sedang mengalami tren yang cukup positif di liga domestik.

Namun, FC Porto tidak mengalah begitu saja. Mereka terus menyerang pertahanan Arsenal selama 90 menit. FC Porto akhirnya memecah kebuntuan melalui gol spektakuler Galeno pada babak kedua menit 90+4. Galeno melepaskan tendangan melengkung yang tidak bisa diantisipasi oleh kiper Arsenal, David Raya. Keunggulan FC Porto 1-0 atas Arsenal bertahan sampai wasit meniup peluit tanda laga berakhir.

FC Porto membuktikan kepada Arsenal bahwa mereka bukan lawan yang mudah. The Gunners sendiri belum pernah mencatat kemenangan di Estadio do Dragao. Hasil terbaik mereka adalah menahan imbang 0-0 dalam laga babak grup Liga Champions Eropa pada 2006/2007.

Baca Juga: Kiprah 3 Pemain Keturunan Indonesia di UCL 2023/2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya