5 Kemenangan Terakhir Crystal Palace kontra MU di EPL

Tiga di antaranya terjadi di Old Trafford

Crystal Palace memang bukan klub papan atas dalam sejarah English Premier League. Klub berjuluk The Seagulls itu juga tidak seperti West Ham United, Newcastle United, atau Aston Villa yang beberapa kali mampu menyulitkan klub-klub besar. Meski begitu, bukan berarti Crystal Palace selalu jadi bulan-bulanan klub-klub Big Six, seperti Manchester United, ketika bertanding di EPL.

The Seagulls justru termasuk lawan yang sulit ditaklukan MU dalam 5 tahun terakhir. Mereka berhasil mencatat 5 kemenangan dalam 8 pertemuan terakhir dengan Manchester United di EPL. Tiga di antaranya terjadi di Old Trafford, markas MU.

1. Crystal Palace mempermalukan MU di Old Trafford 2-1 pada 2019/2020

5 Kemenangan Terakhir Crystal Palace kontra MU di EPLJordan Ayew (cpfc.co.uk)

Crystal Palace bertandang ke Manchester United dengan membawa kekuatan terbaiknya. Manajer Palace, Roy Hodgson, mengandalkan eks pemain MU, Wilfred Zaha, di lini depan bersama Jordan Ayew. Sementara itu, manajer Manchester Untied, Ole Gunnar Solksjaer, memainkan pemain bintangnya, macam Jesse Lingard, Harry Maguire, dan Scott McTominay.

Crystal Palace berhasil membungkam fans MU yang memadati stadion Old Trafford melalui gol Jordan Ayew pada babak pertama menit ke-32. The Red Devils yang terus menyerang akhirnya sukses menyamakan kedudukan lewat wonderkid asal Wales, Daniel James, pada menit ke-89. Akan tetapi, pemain buangan Chelsea, Patrick van Aanholt, sukses menjadi pahlawan kemenangan Palace lewat golnya pada menit 90+3.

2. Crystal Palace menang lagi dengan skor 3-1 di Old Trafford pada EPL 2020/2021

5 Kemenangan Terakhir Crystal Palace kontra MU di EPLWilfred Zaha mencetak gol ke gawang MU pada pekan 2 EPL 2020/2021. (premierleague.com)

Crystal Palace tampil penuh percaya diri saat bertandang ke markas Manchester United, Old Trafford, pada pekan ke-2 EPL 2020/2021. MU kali ini ingin membalas kekalahan 1-2 pada 2019/2020. Maka dari itu, Solksjaer menurunkan para pemain terbaiknya, seperti Anthony Martial, Timothy Fosu-Mensah, dan Daniel James. Di sisi lain, Palace kembali menduetkan Zaha dan Ayew di lini depan dengan dukungan Andros Townsend dan Jeffrey Schlupp di sisi sayap.

Palace membuka keunggulan terlebih dahulu melalui sepakan kaki kanan Townsend pada menit ke-7. MU yang kesulitan mencetak gol kembali kebobolan usai Zaha mengeksekusi penalti dengan sempurna pada menit ke-74. The Red Devils memperkecil ketertinggalan lewat gol Donny van de Beek. Namun, Zaha sukses mengunci kemenangan Crystal Palace 3-1 atas MU melalui golnya pada menit ke-85.

Baca Juga: Manchester United Memang Pantas Kalah dari Palace

3. Eks pemain MU sukses menjadi bintang kemenangan Palace 1-0 pada EPL 2021/2022

5 Kemenangan Terakhir Crystal Palace kontra MU di EPLWilfred Zaha (premierleague.com)

Crystal Palace gagal menampilkan performa terbaiknya bersama manajer baru, Patrick Vieira, pada EPL 2021/2022. Meski begitu, mereka bertekad menutup musim dengan kemenangan. Lawan yang dihadapi cukup berat, Manchester United, di kandang Palace, Selhurst Park, pada pekan ke-38 EPL 2021/2022.

The Seagulls memainkan Wilfred Zaha, Conor Gallagher, dan Odsonne Edouard di lini depan. Sementara itu, MU mengandalkan pemain muda macam Anthony Elanga dan Hannibal Mejbri di posisi sayap. Crystal Palace berhasil mencetak gol terlebih dahulu melalui eks pemain MU, Zaha, pada menit ke-37. Keunggulan Crystal Palace 1-0 atas MU bertahan sampai laga berakhir.

4. Crystal Palace menang atas MU 0-1 pada pekan ke-7 EPL 2023/2024

5 Kemenangan Terakhir Crystal Palace kontra MU di EPLJoachim Andersen (cpfc.co.uk)

Manchester United menyambut Crystal Palace di Old Trafford dengan segudang masalah di dalam dan luar lapangan. Beberapa pemain andalan seperti Luke Shaw dan Lisandro Martinez mengalami cedera parah. Sementara itu, Antony absen karena terlibat masalah kekerasan terhadap perempuan.

Kondisi kurang kondusif itu mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Crystal Palace. The Seagulls sukses menang atas MU dengan skor 1-0 di Old Trafford pada pekan ke-7 EPL 2023/2024. Joachim Andersen menjadi pahlawan kemenangan Crystal Palace atas MU lewat tendangan kaki kanannya pada menit ke-25.

5. Crystal Palace membantai MU 4-0 pada pekan ke-36 EPL 2023/2024

5 Kemenangan Terakhir Crystal Palace kontra MU di EPLJean-Philppe Mateta (premierleague.com)

Crystal Palace kembali menjadi mimpi buruk bagi Manchester United pada pekan ke-36 EPL 2023/2024. The Seagulls sudah memastikan diri aman dari ancaman degradasi sehingga bermain lepas tanpa beban. Sementara itu, Manchester United masih harus bekerja keras demi finis di enam besar agar bisa lolos ke kompetisi antarklub Eropa, Liga Europa.

Sayangnya, para pemain andalan MU tidak fit untuk bertanding melawan Crystal Palace. Bruno Fernandes, Raphael Varane, Harry Maguire, dan Luke Shaw dipastikan absen akibat cedera. Alhasil, Manajer Erik ten Hag menurunkan Casemiro sebagai bek tengah dan Mason Mount di posisi gelandang serang. Sementara itu, manajer Crystal Palace, Oliver Glasner, memainkan trio Michael Olise, Eberechi Eze, dan Jean-Philippe Mateta di lini depan.

Manchester United sama sekali tidak berdaya menahan gempuran serangan Crystal Palace. Lini belakang dan tengah mereka terlalu banyak melakukan kesalahan yang berujung gol, seperti saat Olise dan Mateta mencetak gol yang memanfaatkan blunder lini belakang MU pada babak pertama. Tyrick Mitchell dan Olise berhasil melengkapi penderitaan MU dengan dua gol pada babak kedua. Alhasil, Crystal Palace menang 4-0 atas MU.

Crystal Palace membuktikan betapa kerasnya persaingan di EPL. Klub papan tengah seperti mereka saja mampu mengalahkan klub sebesar MU di Old Trafford tiga kali dan membantai 4-0 pada pekan ke-36 EPL 2023/2024. Itulah alasan klub-klub medioker di EPL tidak bisa diremehkan. Sebab, mereka bisa saja menyulitkan klub-klub Big Six lewat performa apiknya.

Baca Juga: Manchester Ukir Rekor Buruk Usai Dipecundangi Crystal Palace

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya