5 Kemenangan Terakhir VfB Stuttgart atas Bayern Muenchen di Bundesliga

Pernah pesta gol di Allianz Arena

VfB Stuttgart bukan termasuk salah satu klub Bundesliga yang secara reguler bersaing di papan atas. Die Schwaben lebih sering berkutat di papan tengah, bahkan papan bawah Bundesliga. Itulah alasan Stuttgart sering menjadi bulan-bulanan sang raksasa Jerman, Bayern Muenchen, tiap kali bertemu di Bundesliga.

Namun, hal itu bukan berarti Stuttgart tidak pernah menaklukan Bayern Muenchen. Die Schwaben pernah meraih kemenangan atas Die Roten di Bundesliga. Sejak musim 2006/2007, setidaknya ada lima kemenangan yang berhasil diukir Stuttgart ketika menghadapi Bayern Muenchen. Mana yang paling ikonik?

1. VfB Stuttgart menang 2-0 atas Bayern Muenchen pada 2006/2007

5 Kemenangan Terakhir VfB Stuttgart atas Bayern Muenchen di BundesligaCacau (bundesliga.com)

VfB Stuttgart tampil penuh percaya diri ketika menjamu Bayern Muenchen di MHPArena Stuttgart pada pekan 30 Bundesliga 2006/2007. Die Schwaben saat itu menempati posisi ke-3 sedangkan Bayern Muenchen berada setingkat di bawahnya. Manajer Stuttgart, Armin Veh, menurunkan line-up terbaiknya, seperti Sami Khedira, Cacau, dan Thomas Hitzlsperger.

Di sisi lain, manajer Bayern Muenchen, Otmar Hitzfeld, menduetkan Roy Makaay dan Lukas Podolksi di posisi striker dengan formasi 4-4-2. Stuttgart langsung unggul di babak pertama melalui gol Cacau pada menit ke-24 dan 25. Keunggulan itu terus bertahan sampai wasit meniup peluit tanda laga berakhir. Stuttgart menang 2-0 atas Bayern Muenchen.

Baca Juga: 4 Pemain Muda VfB Stuttgart yang Cetak Gol di Bundesliga 2023/2024

2. Stuttgart menakulkan Bayern Muencehn 3-1 dalam laga kandang Bundesliga 2007/2008

5 Kemenangan Terakhir VfB Stuttgart atas Bayern Muenchen di BundesligaMario Gomez (vfb.de)

VfB Stuttgart menjamu Bayern Muenchen dengan status sebagai juara bertahan Bundesliga pada pekan 13 2007/2008. Namun, posisi Stuttgart kala itu sedang terdampar di peringkat ke-9, sedangkan Die Roten berada di puncak klasemen sementara Bundesliga. Veh kali ini menurunkan Cacau dan Mario Gomez bersama Yildiray Basturk di lini depan.

Sementara itu, Hitzfeld memainkan deretan pemain baru seperti Luca Toni, Frank Ribery, serta pemain muda berbakat dari akademi, Toni Kroos. Stuttgart mampu mencetak gol cepat melalui Mario Gomez pada menit ke-10. Basturk dan Gomez kembali merobek gawang Bayern Muenchen pada menit ke-30 dan 42. Die Roten sempat membalas melalui gol Luca Toni pada menit ke-86. Namun, keunggulan Stuttgart 3-1 atas Bayern Muenchen tetap bertahan sampai pertandingan berakhir.

3. Stuttgart membungkam Bayern Muenchen di Allianz Arena dengan skor 2-1 pada 2009/2010

5 Kemenangan Terakhir VfB Stuttgart atas Bayern Muenchen di BundesligaCiprian Marica (uefa.com)

Bayern Muenchen membutuhkan kemenangan demi merebut puncak klasemen Bundesliga dari tangan Schalke 04 menjelang pekan 28 pada 2009/2010. Stuttgart yang menjadi lawan Die Roten diprediksi mampu dikalahkan tanpa hambatan berarti. Namun, keputusan manajer Bayern Muenchen, Louis van Gaal, mencadangkan Arjen Robben dan Frank Ribery mengundang pertanyaan. Sebeb, kedua pemain itu merupakan andalan lini depan Die Roten yang saat itu sedang on fire.

Di sisi lain, manajer Stuttgart, Christian Gross, memainkan Cacau dengan Ciprian Marica sebagai penyerang didukung Alexander Hleb dan Sami Khedira di lini tengah. Bayern Muenchen membuka keunggulan melalui gol Ivica Olic pada menit ke-32. Stuttgart lalu berbalik unggul setelah Christian Trasch dan Marica mencetak gol balasan. Para pemain Stuttgart berhasil bertahan dengan baik dan mengamankan skor 2-1 sampai akhir pertandingan.

4. Stuttgart membantai Bayern Muenchen 4-1 di Allianz Arena pada pekan 34 2017/2018

5 Kemenangan Terakhir VfB Stuttgart atas Bayern Muenchen di BundesligaDaniel Ginczek (kiri) mencetak gol ke gawang Bayern Muenchen. (vfb.de)

VfB Stuttgart bertandang ke kandang Bayern Muenchen, stadion Allianz Arena, dengan kekuatan penuh. Manajer Stuttgart, Tayfun Korkut, memasang pemain terbaiknya, seperti Chadrac Akolo, Orel Mangala, dan Benjamin Pavard sebagai starter. Di sisi lain, manajer Bayern Muenchen, Jupp Heynckes, menurunkan line-up terkuatnya seperti Robert Lewandowski, Frank Ribery, dan Thomas Mueller.

Stuttgart unggul cepat melalui Daniel Ginczek pada menit ke-5. Gelandang Bayern Muenchen, Corentin Tolisso, membalasnya lewat sepakan kaki kanan pada menit ke-21. Akan tetapi, Stuttgart di luar dugaan mampu membobol gawang Die Roten tiga kali lewat Anastasios Donis, Chadrac Akolo, dan Ginczek. Bayern Muenchen tidak mampu mencetak gol tambahan lagi sampai laga. Stuttgart berhasil menciptakan sejarah dengan menang 4-1 atas Bayern Muenchen di Allianz Arena.

5. Stuttgart bikin Bayern Muenchen merana dengan menang 3-1 pada pekan 32 2023/2024

https://www.youtube.com/embed/wAcb4_lb3JQ

VfB Stuttgart tengah on fire di Bundesliga sepanjang 2023/2024. Die Schwaben kembali bersaing di papan atas Bundesliga dengan menempati peringkat ke-2. Sementara itu, Bayern Muenchen kehilangan tahta Bundesliga usai gagal mengejar ketertinggalan poin atas Bayer Leverkusen. Manajer Stuttgart, Sebastian Hoeness, memainkan para pemain terbaiknya macam Serhou Guirassy, Deniz Undaf, dan Jamie Leweling. Di sisi lain, manajer Bayern Muenchen, Thomas Tuchel, mengandalkan Harry Kane, Serge Gnabry, dan Matthys Tel di lini depan.

Stuttgart berhasil membobol gawang Bayern Muenchen terlebih dahulu melalui Leonidas Stergiou pada menit ke-29. Kane meresponnya dengan mencetak gol lewat tendangan penalti pada menit ke-37. Eks pemain Bayern Muenchen, Woo Yeong Jeon, membawa Stuttgart kembali unggul lewat golnya pada menit ke-83. Silas kemudian memastikan kemenangan Stuttgart 3-1 atas Bayern Muenchen lewat golnya pada menit 90+3.

Torehan lima kemenangan VfB Stuttgart atas Bayern Muenchen di atas membuktikan mereka tidak mudah untuk dikalahkan. Mereka terbukti mampu membungkam Die Roten di Bundesliga lewat beberapa kemenangan meyakinkan. Pasca laga ini, Stuttgart kini mengoleksi 38 kemenangan dari total 160 pertemuan dengan Bayern Muenchen.

Baca Juga: 5 Semifinal Terakhir Bayern Munich dan Real Madrid di Liga Champions

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya