5 Keuntungan yang Akan Barcelona Dapatkan dari Joao Cancelo

Bisa jadi transfer menguntungkan

Joao Cancelo segera bergabung dengan Barcelona sebagai pemain pinjaman dari Manchester City. Kedatangan Cancelo bisa memberikan opsi tambahan bagi Xavi Hernandez untuk memerkokoh lini pertahanan. Pasalnya, Barcelona sudah kebobolan 3 kali dari 3 pertandingan awal LaLiga Spanyol 2023/2024.

Pemain yang berposisi sebagai fullback ini akan memberikan banyak keuntungan untuk permainan Barcelona. Terlebih lagi, Cancelo memiliki berbagai atribut yang dibutuhkan sebagai pemain bertahan. Setidaknya, Barcelona akan mendapatkan lima keuntungan ini dengan hadirnya Joao Cancelo dalam skuad.

1. Joao Cancelo bisa bermain di sisi kanan dan kiri pertahanan

5 Keuntungan yang Akan Barcelona Dapatkan dari Joao CanceloJoao Cancelo mampu bermain sebagai bek kanan dan kiri. (premierleague.com)

Joao Cancelo dikenal sebagai bek yang cukup fleksibel dari segi posisi. Ia sudah bermain di berbagai posisi bertahan sejak membela Valencia pada 2014/2015. Maka dari itu, Cancelo tidak memiliki kesulitan beradaptasi dengan segala sistem permainan.

Posisi asli Cancelo adalah fullback kanan. Namun, Cancelo juga bisa ditempatkan sebagai fullback kiri dalam skema permainan empat bek. Tidak hanya itu, Cancelo dapat berperan sebagai wing back kanan dan kiri serta menjadi bek tengah dalam skema permainan tiga bek, seperti yang ia lakukan di Juventus maupun Bayern Muenchen.

2. Kemampuan menyerang dan bertahannya sama bagus

5 Keuntungan yang Akan Barcelona Dapatkan dari Joao CanceloJoao Cancelo (premierleague.com)

Joao Cancelo memiliki kekuatan menyerang dan bertahan yang cukup seimbang. Sebagai bek sayap, ia bisa dengan cepat naik membantu serangan. Namun, ketika tim lawan menyerang, ia akan langsung berlari ke belakang untuk bertahan. Hal tersebut ia lakukan baik ketika bermain di posisi aslinya sebagai bek kanan maupun bek kiri.

Kemampuan bertahan Cancelo cukup impresif. Misalnya saat bermain untuk Bayern Muenchen pada pertengahan 2022/2023 lalu. Menurut data FootyStats, ia memiliki catatan memenangi area duels hingga 93 persen dan memenangi tekel hingga 64 persen. Cancelo juga mampu mencatatkan empat assist selama bermain di Bayern Muenchen. Tingat kesuksesan operannya mencapai 92 persen. Kelebihan Cancelo, baik saat bertahan maupun menyerang, tentu akan sangat menguntungkan bagi Barcelona yang memiliki gaya permainan penguasaan bola.

Baca Juga: Barcelona Selangkah Lagi Gaet Joao Cancelo dari ManCity

3. Memiliki pengalaman bermain di level tertinggi

5 Keuntungan yang Akan Barcelona Dapatkan dari Joao CanceloJoao Cancelo ketika di Bayern Muenchen. (uefa.com)

Joao Cancelo saat ini sudah berusia 29 tahun. Ia telah memiliki pengalaman bermain di klub-klub besar Eropa, seperti Benfica, Juventus, Inter Milan, Manchester City, dan Bayern Muenchen. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Barcelona yang membutuhkan sosok berpengalaman dalam skuadnya yang memiliki banyak pemain muda.

Bersama Inter Milan, Cancelo telah bermain dalam 28 laga dan berhasil membuat 4 assist pada 2017/2018. Ia juga menjadi pemain utama Juventus dengan catatan 34 kali tampil dan mampu menciptakan 5 assist. Karier Cancelo makin meningkat ketika membela Manchester City. Ia berhasil tampil dalam 154 penampilan dengan menciptakan 22 assist.

Cancelo bahkan turut berperan dalam raihan gelar klub-klub yang ia bela, seperti menjadi juara Serie A Italia bersama Juventus pada 2018/2019, English Premier League (EPL) bersama Manchester City pada 2020/2021 dan 2021/2022, dan Bundesliga Jerman bersama Bayern Muenchen pada 2022/2023. Dengan segudang pengalamannya tersebut, Barcelona akan mendapatkan seorang bek yang tidak hanya fleksibel, tetapi matang secara mental.

4. Memiliki opsi pembelian pada akhir musim dengan harga yang tidak terlalu mahal

5 Keuntungan yang Akan Barcelona Dapatkan dari Joao CanceloJoao Cancelo (juventus.com)

Barcelona mendapatkan kesepakatan yang cukup menguntungkan dari transfer Joao Cancelo. Ia datang sebagai pemain pinjaman dengan opsi pembelian permanen pada akhir musim 2023/2024. Harga jualnya pun tidak begitu mahal, sekitar 25 juta euro atau 412 miliar rupiah.

Transfer ini sangat membantu Barcelona yang masih menghadapi masalah keuangan. Barca mendapatkan bek yang memiliki kualitas mumpuni dan dapat membelinya dengan harga yang cukup ekonomis. Tentu, transfer ini akan menguntungkan seluruh pihak apabila Cancelo dapat memberikan dampak positif pada permainan Barca selama 2023/2024.

5. Dapat berkomunikasi dengan bahasa Spanyol

5 Keuntungan yang Akan Barcelona Dapatkan dari Joao CanceloJoao Cancelo (id.mancity.com)

Sebagai orang Portugal, Joao Cancelo cukup fleksibel dalam berbahasa asing. Selain bahasa Portugis, ia juga mahir berbicara bahasa Italia, Inggris, dan Spanyol sejak muda. Kemampuan menguasai berbagai bahasa membuat Cancelo tidak memiliki kesulitan yang berarti ketika harus beradaptasi di Spanyol, Italia, Inggris, dan Jerman.

Selain itu, fleksibilitas dalam berbahasa juga membuat Cancelo lebih mudah berkomunikasi dengan rekan satu tim dan pelatihnya di Barca. Apalagi, Cancelo sudah memiliki pengalaman bermain di Spanyol bersama Valencia pada periode 2014—2017. Hal ini akan membuatnya cepat beradaptasi di lingkungan baru.

Dengan kedatangan Joao Cancelo, Barcelona diprediksi akan menjadi kandidat kuat untuk mempertahankan gelar juara LaLiga dan meraih gelar juara Copa del Rey. Di sisi lain, pertahanan yang solid akan menjadi kunci Barcelona saat bermain di Liga Champions Eropa. Kesuksesan di kompetisi Eropa tertinggi sangat penting bagi Barca untuk menyehatkan kembali keuangan klub. Maka dari itu, kehadiran Cancelo diharapkan dapat mengangkat prestasi Barcelona, baik di kompetisi domestik maupun Eropa.

Baca Juga: 4 Rekrutan Barcelona dari Manchester City, Joao Cancelo Menyusul?

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya