Kinerja 3 Pemain yang Membela Klub Belanda di Laga Jepang vs Indonesia

Salah satunya sukses mencetak dua gol

Timnas Indonesia harus tunduk atas Timnas Jepang dengan skor 1-3 di laga ketiga babak grup Piala Asia 2023 pada 24 Januari 2024. Ketiga gol Jepang dicetak oleh dua torehan Ayase Ueda dan gol bunuh diri Justin Hubner. Sementara itu, Indonesia hanya bisa membalas gol dari sepakan Sandy Walsh. Hasil ini membuat Jepang menempati posisi runner-up di klasemen akhir Grup D dengan koleksi 6 poin. Di sisi lain, Indonesia harus puas finis di peringkat ke-3 lewat raihan 3 poin.

Salah satu hal menarik dalam pertandingan ini adalah penampilan para pemain yang membela klub Eredivisie Belanda. Mereka menjadi andalan bagi masing-masing pelatih dari kedua tim. Berikut kinerja tiga pemain Eredivisie Belanda yang bermain dalam laga Jepang melawan Indonesia di Piala Asia 2023.

1. Rafael Struick gagal memberikan dampak di lini depan Indonesia

Kinerja 3 Pemain yang Membela Klub Belanda di Laga Jepang vs IndonesiaRafael Struick (instagram.com/rafaelstruick)

Rafael Struick kembali menjadi andalan di lini depan Timnas Indonesia. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, memainkannya dari menit pertama. Sayangnya, Struick gagal memberikan dampak positif bagi tim selama 89 menit.

Dilansir Fotmob, Struick tidak melepaskan satu pun tembakan dalam laga ini. Ia hanya menyentuh bola 19 kali dan kalah duel fisik 9 kali. Persentase akurasi operannya mencapai 60 persen. Pemain Ado Den Haag ini hanya mendapatkan nilai 6,0 atas performanya dalam pertandingan Jepang versus Indonesia.

Baca Juga: 8 Pemain Korea Selatan di Piala Asia 2019 yang Dibawa pada 2023

2. Ivar Jenner tampil apik selama 90 menit

Kinerja 3 Pemain yang Membela Klub Belanda di Laga Jepang vs IndonesiaIvar Jenner (instagram.com/ivarjnr)

Ivar Jenner menjadi salah satu pemain naturalisasi yang mendapat kesempatan membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Pemain yang bermain untuk Jong FC Utrecht ini tampil dua kali di babak grup Piala Asia 2023. Jenner telah menunjukkan dirinya memiliki potensi sebagai salah satu gelandang terbaik Indonesia saat bermain melawan Timnas Jepang.

Menurut Fotmob, Jenner melakukan 48 sentuhan bola dan mencatat 2 kali berhasil melewati lawan dengan saat mendribel bola. Ia memiliki persentase akurasi operan 71 persen dan umpan lambung 50 persen. Jenner bahkan mampu memenangkan 11 duel fisik dengan pemain Timnas Jepang dan 71 persen duel bola bawah. Ia menerima nilai 7,1 atas permainannya dalam pertandingan tersebut.

3. Ayase Ueda merobek gawang Indonesia dua kali

Kinerja 3 Pemain yang Membela Klub Belanda di Laga Jepang vs IndonesiaAyase Ueda (the-afc.com)

Ayase Ueda menampilkan performa luar biasa untuk Timnas Jepang saat melawan Timnas Indonesia dalam laga babak grup Piala Asia 2023. Pemain Feyenoord Rotterdam itu mencetak dua gol. Ueda kini bersama Takumi Minamino masuk dalam persaingan perebutan top skor turnamen dengan koleksi dua gol.

Dilansir Fotmob, Ueda melepaskan 5 tembakan dan 2 di antaranya menghasilkan gol. Persentase akurasi tembakannya 50 persen. Selain itu, Ueda melakukan 52 sentuhan dengan 9 di antaranya berada di area kotak penalti dan mencatat 67 persen dribel sukses. Ia terpilih sebagai pemain terbaik dalam pertandingan atau man of the match dengan nilai 9,0.

Ketiga pemain di atas memiliki perjalanan karier yang berbeda bersama klub-klub asal Belanda. Ueda merupakan salah satu andalan lini depan Feyenoord bersama Santiago Gimenez pada 2023/2024. Di sisi lain, Jenner masih belum mencatat penampilan di skuad senior FC Utrecht. Sementara itu, Struick sudah melakoni debut di tim utama Ado Den Haag saat melawan De Graafschap di Eerste Divisie pekan ke-2 pada 13 Agustus 2023.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua di Piala Asia 2023, Ada Sunil Chhetri 

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya