Kinerja 3 Pemain Marseille di Laga Senegal vs Gambia Piala Afrika 2023

Salah satunya mencetak gol

Timnas Senegal memulai Piala Afrika 2023 dengan meraih kemenangan 3-0 atas Timnas Gambia pada 15 Januari 2024. Ketiga gol Senegal dicetak oleh Pape Gueye dan dua gol dari Lamine Camara. Hasil ini membuat Senegal untuk sementara memuncaki klasemen grup C dengan raihan tiga poin.

Performa apik Timnas Senegal tidak lepas dari kualitas para pemainnya. Beberapa di antaranya tercatat membela klub asal Prancis, Olympique Marseille. Berikut kinerja tiga pemain milik Marseille yang membela Timnas Senegal saat menghadapi Timnas Gambia.

1. Iliman Ndiaye memulai laga sebagai pemain cadangan

Kinerja 3 Pemain Marseille di Laga Senegal vs Gambia Piala Afrika 2023Iliman Ndiaye (twitter.com/FootballSenegal)

Iliman Ndiaye tercatat sebagai pemain baru di Olympique Marseille. Ia baru bergabung dengan klub asal Prancis itu dari Sheffield United pada musim panas 2023. Ndiaye sejauh ini telah mencatat 23 penampilan dengan torehan 1 gol dan 3 assist di semua kompetisi bersama Marseille.

Ia lalu dipanggil oleh Timnas Senegal untuk mengikuti Piala Afrika 2023. Namun, Ndiaye memulai laga sebagai pemain cadangan. Ia baru masuk menggantikan Ismaila Sarr pada babak kedua menit ke-78.

Ndiaye berhasil membuat dampak positif dengan memberikan assist kepada gol Lamine Camara pada babak kedua menit ke-78. Dilansir Fotmob, ia mencatat performa impresif dengan akurasi operannya yang mencapai 100 persen atau 8 operan sukses dari 8 kali percobaan. Maka dari itu, Ndiaye mendapat nilai 7,5 atas permainan impresifnya dalam laga tersebut.

2. Ismaila Sarr mampu menorehkan satu assist

Kinerja 3 Pemain Marseille di Laga Senegal vs Gambia Piala Afrika 2023Ismaila Sarr (instagram.com/ismaila_sarr_18)

Sama seperti Ndiaye, Ismaila Sarr baru bergabung dengan Olympique Marseille pada musim panas 2023. Ia sebelumnya membela Watford pada periode 2019--2023. Sarr telah menorehkan 4 gol dan 1 assist dalam 21 laga di semua kompetisi bersama Marseille.

Ia lalu masuk ke dalam skuad utama Timnas Senegal untuk Piala Afrika 2023. Sarr berhasil tampil impresif sebagai penyerang sayap kanan dengan torehan satu assist untuk gol Lamine Camara. Menurut catatan Fotmob, ia melakukan 23 kali sentuhan dengan bola dan 3 di antaranya berada di kotak penalti lawan. Dari 23 kali sentuhan itu, Sarr memberikan 16 operan dengan 12 di antaranya tercatat sebagai operan sukses dan satu operan berbuah assist. Ia mendapatkan nilai 7,5 atas permainannya dalam laga pertama Piala Afrika 2023 melawan Gambia.

3. Pape Gueye membuka keunggulan Senegal dengan mencetak satu gol

Kinerja 3 Pemain Marseille di Laga Senegal vs Gambia Piala Afrika 2023Pape Gueye (cafonline.com)

Pape Gueye bergabung dengan Olympique Marseille dari Le Havre pada musim panas 2020. Ia sempat menjalani masa peminjaman di Sevilla selama 6 bulan pada periode Januari--Juni 2023. Gueye kembali membela Marseille pada 2023/2024. Namun, ia belum tampil secara reguler dengan hanya bermain dalam tiga laga di Ligue 1.

Meski begitu, manajer Timnas Senegal, Aliou Cisse, tetap memanggilnya untuk berpartisipasi di Piala Afrika 2023. Gueye menjawab kepercayaan manajernya itu dengan mencetak gol pembuka Senegal pada awal babak pertama. Ia sukses memaksimalkan umpan matang dari Sadio Mane dan menyelesaikannya dengan tendangan kaki kiri. Dilansir Fotmob, Gueye mendapat nilai 7,6 atas performanya melawan Gambia.

Ketiga pemain Olympique Marseille di atas mampu tampil maksimal dalam laga pertama Senegal di Piala Afrika 2023. Perjalanan mereka di Piala Afrika 2023 akan berlanjut ketika menghadapi tim kuat lainnya, Kamerun, pada 20 Januari 2023. Akankah mereka berhasil mempertahankan tahta juara Piala Afrika milik Senegal? Patut dinanti.

Baca Juga: 6 Pemain EPL 2023/2024 yang Dibawa Timnas Senegal ke Piala Afrika 2023

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya