Kinerja 4 Pemain Spanyol di Laga UCL antara RB Leipzig vs Real Madrid

Salah satunya mencetak gol indah

RB Leipzig takluk dari lawannya Real Madrid 0-1 di babak 16 besar Liga Champions Eropa (UCL) leg pertama pada 13 Februari 2024. Gol tunggal Real Madrid dicetak oleh Brahim Diaz pada babak kedua menit ke-48. Hasil ini membuat Real Madrid unggul satu gol, sementara RB Leipzig harus menang dengan minimal selisih dua gol pada leg kedua.

Beberapa pemain tampil menonjol dalam laga ini. Salah satunya para talenta yang berasal dari Spanyol di kedua klub. Setidaknya ada empat pemain Spanyol yang kinerjanya patut menjadi perhatian dalam laga RB. Pasalnya, mereka punya peran cukup besar dalam jalannya pertandingan.

1. Dani Olmo bermain bagus, tetapi tidak cukup efektif

Kinerja 4 Pemain Spanyol di Laga UCL antara RB Leipzig vs Real MadridDani Olmo (uefa.com)

Dani Olmo kembali menjadi andalan manajer RB Leipzig, Marco Rose, dalam laga melawan Real Madrid. Rose menggunakan formasi andalannya 4-2-2-2 dengan memasang Olmo dan Xavi Simons bermain di belakang dua striker, Lois Openda dan Benjamin Sesko. Olmo memiliki statistik yang cukup baik, tetapi permainannya kurang efektif selama 75 menit.

Dilansir Fotmob, Olmo melakukan 42 sentuhan dengan bola dan 6 di antaranya berada di kotak penalti lawan. Ia melepaskan total 3 tembakan dengan 2 di antaranya mengenai sasaran dan sekali meleset. Namun, satu tendangannya yang meleset merupakan peluang emas karena Olmo tidak dijaga dengan ketat ketika satu lawan satu dengan kiper Real Madrid, Andriy Lunin. Persentase akurasi operannya mencapai 72 persen dengan rincian 6 berhasil masuk ke sepertiga pertahanan lawan dan 2 menghasilkan peluang emas. Olmo mendapat nilai 6,6 atas performanya dalam laga tersebut.

2. Nacho Fernadez bermain solid di lini belakang Real Madrid

Kinerja 4 Pemain Spanyol di Laga UCL antara RB Leipzig vs Real MadridNacho Fernandez (kanan) (realmadrid.com)

Nacho Fernandez mengisi posisi bek tengah bersama Aurelien Tchouameni saat melawan RB Leipzig di babak 16 besar UCL leg pertama pada 2023/2024. Ia juga memegang tugas tambahan sebagai kapten tim. Nacho berhasil tampil solid dalam menahan gempuran para pemain RB Leipzig.

Menurut Fotmob, ia melakukan 6 aksi defensif, 4 sapuan dengan kaki, 4 kali memenangkan penguasaan bola. Nacho memenangkan 3 duel fisik dan persentase kemenangan duel bola bawahnya 67 persen. Ia juga aktif mendistribusikan bola dengan mencatat 38 operan sukses dari 39 percobaan. Nacho mendapat nilai 7,5 atas penampilannya dalam pertandingan itu.

Baca Juga: 10 Potret Nacho Fernandez, Bek yang Setia Menghuni Skuad Real Madrid

3. Dani Carvajal kuat dalam menyerang dan bertahan selama 90 menit

Kinerja 4 Pemain Spanyol di Laga UCL antara RB Leipzig vs Real MadridDani Carvajal (realmadrid.com)

Dani Carvajal merupakan salah satu pemain senior yang diturunkan oleh Real Madrid dalam laga melawan RB Leipzig. Pemain berusia 32 tahun itu masih menjadi andalan untuk posisi bek kanan El Real pada 2023/2024. Ia menunjukkan kelasnya sebagai salah satu bek kanan terbaik dunia dengan permainan efektif saat menyerang ataupun bertahan.

Dilansir Fotmob, Carvajal melancarkan 12 aksi defensif, 6 sapuan dengan kaki, 4 kali sapuan dengan kepala, dan 5 kali memenangkan penguasaan bola. Secara menyerang, ia menyentuh bola 82 kali dengan 2 di antaranya berada di kotak penalti lawan. Carvajal mencatat 44 operan sukses dari 50 percobaan dan salah satunya berbuah assist untuk gol Brahim Diaz. Performanya mendapat nilai 8 dalam laga tersebut.

4. Brahim Diaz mencetak gol kemenangan dengan cara fantastis

Kinerja 4 Pemain Spanyol di Laga UCL antara RB Leipzig vs Real MadridBrahim Diaz mencetak gol spektakuler dalam laga melawan RB Leipzig. (uefa.com)

Brahim Diaz mendapat kepercayaan dari manajer Real Madrid, Carlo Ancelotti, untuk bermain di posisi gelandang serang di belakang Vinicius Junior dan Rodrygo Goes. Ia mengisi posisi Jude Bellingham yang absen karena cedera. Diaz menjawab kepercayaan Ancelotti dengan tampil menawan dalam laga ini.

Menurut Fotmob, Diaz memiliki sejumlah statistik menarik terutama dari segi menyerang dan kreativitas. Ia menyentuh bola 56 kali dengan 6 di antaranya berada di kotak penalti lawan. Persentase dribel suksesnya mencapai 67 persen, akurasi operannya 85 persen, dan melesakan 2 tembakan. Salah satu tendangan lengkungnya dari sayap kanan berhasil membobol gawang RB Leipzig yang dijaga oleh kiper Peter Gulacsi. Ia mendapat nilai 8,4 berkat permainannya yang impresif.

Selain empat pemain di atas, masih ada Lucas Vazquez dan Joselu yang bermain dalam pertandingan RB Leipzig versus Real Madrid. Namun, performa kedua pemain ini tidak mendapat nilai serta kontribusinya di lapangan kurang signifikan karena baru masuk pada babak kedua menit ke-84. Para pemain Spanyol di atas akan kembali beradu di leg kedua yang berlangsung di stadion Santiago Bernabeu pada 7 Maret 2024. Mereka bermain cukup baik dalam laga tersebut. RB Leipzig masih berpeluang lolos ke perempat final andai bisa menang dengan selisih dua gol.

Baca Juga: 4 Gol Brahim Diaz di LaLiga 2023/2024 hingga Pekan Ke-23, Gacor!

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya