4 Kiper Debutan Arsenal dengan Minimal 15 Kali Nirbobol di EPL

Ada eks kiper AC Milan

Arsenal cukup sering menemukan penjaga gawang berbakat yang mampu mengangkat performa klub. Keberadaan kiper tangguh menjadi salah satu alasan The Gunners mampu bersaing di papan atas English Premier League (EPL) maupun kompetisi antarklub Eropa. Dalam sejarahnya, sebagian kiper top yang pernah membela Arsenal telah menunjukkan kepiawaiannya sejak musim debut.

Salah satu tolak ukur pencapaian impresif seorang kiper tentunya catatan nirbobol atau clean sheet. Tidak semua kiper yang pernah membela Arsenal bisa mengukir rekor clean sheet minimal 15 kali dalam semusim. Tercatat, hanya empat kiper debutan Arsenal berikut yang mampu menorehkan catatan 15 kali nirbobol dalam semusim Premier League. Siapa saja mereka?

1. David Seaman menorehkan 16 clean sheat saat era EPL dimulai pada 1992/1993

4 Kiper Debutan Arsenal dengan Minimal 15 Kali Nirbobol di EPLDavid Seaman (arsenal.com)

David Seaman bergabung dengan Arsenal dari Queens Park Rangers (QPR) pada musim panas 1990. Ia langsung memntapkan posisinya sebagai kiper nomor satu Arsenal. Seaman sebenarnya menorehkan 24 nirbobol pada musim perdananya. Namun, kompetisi Liga Inggris saat itu masih memakai format First Division sebelum berganti nama menjadi English Premier League (EPL) pada 1992/1993.

Seaman berhasil membuka lembaran baru Arsenal di era EPL dengan catatan 16 clean sheet dalam 39 pertandingan. Ia secara keseluruhan menorehkan 19 nirbobol dan kebobolan 42 gol dalam 50 laga di semua kompetisi. Seaman sendiri turut membantu Arsenal meraih gelar juara Piala FA dan Piala Liga Inggris pada 1993.

Baca Juga: 5 Faktor yang Bisa Gagalkan Misi Arsenal Juara EPL 2023/2024

2. Jens Lehmann mencatat 15 nirbobol dalam 38 laga EPL pada 2003/2004

4 Kiper Debutan Arsenal dengan Minimal 15 Kali Nirbobol di EPLJens Lehmann (arsenal.com)

Jens Lehmann merupakan kiper berbakat asal Jerman yang bersinar bersama Schalke 04 pada periode 1988--1998. Ia memutuskan mencari tantangan baru di Italia bersama AC Milan. Namun, Lehmann hanya bertahan selama 6 bulan dan kembali ke Jerman untuk membela klub rival Schalke 04, Borussia Dortmund. Kariernya mengalami peningkatan selama membela Dortmund dengan tampil dalam 179 pertandingan dengan catatan 63 nirbobol.

Lehmann kemudian merantau lagi ke luar negeri, kali itu ia bergabung dengan klub papan atas EPL, Arsenal. Ia sukses memberikan kesan positif pada musim perdananya. Lehmann bermain dalam 38 pertandingan dengan 15 kali clean sheet di EPL. Lehmann pun turut membawa Arsenal menjuarai EPL tanpa menelan kekalahan pada 2003/2004. 

3. Petr Cech tampil impresif dengan 16 kali nirbobol di EPL pada 2015/2016

4 Kiper Debutan Arsenal dengan Minimal 15 Kali Nirbobol di EPLPetr Cech (arsenal.com)

Petr Cech merupakan penjaga gawang elite yang kariernya meroket selama berseragam Chelsea pada periode 2004--2015. Selama berkarier, ia sudah meraih semua gelar juara bergengsi macam EPL, Liga Champions Eropa, Liga Europa, Piala FA, dan Piala Liga Inggris. Namun, keputusan manajer Chelsea saat itu, Jose Mourinho, untuk menjadikan Thibaut Courtois sebagai kiper nomor satu membuat Cech memutuskan meninggalkan klub.

Uniknya, kiper asal Republik Ceko itu memilih bergabung dengan rival Chelsea di EPL, Arsenal. Cech menjadi solusi kebutuhan Arsenal yang ingin memiliki kiper papan atas. Ia langsung membuktikannya dengan mencatat 16 kali nirbobol di EPL pada 2015/2016. Cech akhirnya menutup kariernya sebagai pesepak bola di Arsenal pada 2018/2019.

4. David Raya sukses menjaga gawangnya tidak kebobolan 15 kali di EPL pada 2023/2024

4 Kiper Debutan Arsenal dengan Minimal 15 Kali Nirbobol di EPLDavid Raya (arsenal.com)

Arsenal mendatangkan David Raya dari Brentford dengan status pinjaman selama semusim plus opsi pembelian permanen. Manajer Arsenal, Mikel Arteta, awalnya masih memercayai Aaron Ramsdale sebagai kiper utama. Namun, sang manajer akhirnya beralih ke David Raya seiring performa Aaron Ramsdale yang kerap kali membuat kesalahan fatal berujung kebobolan pada awal 2023/2024.

Raya pun menjawab kepercayaan Arteta dengan tampil solid di bawah mistar gawang dalam 30 pertandingan EPL. Salah satu buktinya yaitu catatan nirbobolnya yang sudah mencapai 15 kali hingga pekan ke-36 EPL 2023/2024. Raya menambah rekor clean sheet ketika Arsenal menang 3-0 kontra AFC Bournemouth pada pekan 36 EPL 2023/2024. Berkat kemenangan itu, ia berhasil meraih Golden Gloves atau Sarung Tangan Emas EPL berkat rekor 15 clean sheet  2023/2024. Pesaing terdekatnya, Jordan Pickford, hanya mampu mengoleksi 12 nirbobol dan secara matematis tidak mungkin mengejar rekor Raya dalam dua laga sisa EPL 2023/2024.

Keempat kiper Arsenal di atas terbukti mampu menunjukkan kualitasnya dengan torehan nirbobol EPL pada musim perdana membela The Gunners. Seaman dan Lehmann bahkan mampu menghadirkan trofi juara bagi Arsenal saat tahun pertamanya. Cech baru bisa menjuarai Piala FA dengan Arsenal pada musim keduanya 2016/2017. Sementara itu, Raya punya kans untuk membawa The Gunners menuju tangga juara EPL jika meraih dua kemenangan hingga pekan terakhir sambil berharap Manchester City terpleset. 

Baca Juga: 5 Kiper Arsenal yang Membuat Clean Sheet Terbanyak dalam 1 Musim EPL

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya