5 Kiper LaLiga dengan Persentase Penyelamatan Tertinggi per Maret 2024

Salah satunya sudah berusia 40 tahun

LaLiga Spanyol memiliki sejumlah kiper yang tampil apik selama 29 pekan pada 2023/2024. Mereka menunjukkan aksi heroik ketika mengamankan gawangnya dari gempuran serangan tim lawan. Beberapa di antara kiper LaLiga Spanyol telah mencatat persentase penyelamatan fantastis per Maret 2024.

Setidaknya ada lima kiper yang mampu menorehkan rekor tersebut. Dari pemain muda sampai veteran masuk dalam daftar ini. Hal tersebut membuktikan usia tidak mempengaruhi kinerja seorang penjaga gawang.

1. Marc-Andre ter Stegen persentase penyelamatannya mencapai 73,1 persen

5 Kiper LaLiga dengan Persentase Penyelamatan Tertinggi per Maret 2024Marc-Andre ter Stegen (fcbarcelona.com)

Marc-Andre ter Stegen sempat absen cukup lama akibat mengalami cedera pada pertengahan 2023/2024. Meski begitu, kiper asal Jerman tersebut masih mampu menampilkan aksi terbaiknya dalam menyelamatkan gawang. Keberadaanya terbukti dapat meningkatkan kekokohan lini pertahanan Barcelona.

Dilansir Fotmob, ter Stegen telah mencatat 10 kali nirbobol dan 17 kali kebobolan dalam 19 pertandingan. Ditambah lagi, menurut Opta, persentase penyelamatannya mencapai 73,1 persen atau setara dengan 49 saves. Performa ter Stegen menunjukkan cedera tidak membuat performanya menurun.

Baca Juga: 6 Klub LaLiga yang Terancam Degradasi per Pertengahan Maret 2024

2. Kepa Arrizabalaga mencatat rekor penyelamatan hingga 74,3 persen

5 Kiper LaLiga dengan Persentase Penyelamatan Tertinggi per Maret 2024Kepa Arrizabalaga (realmadrid.com)

Kepa Arrizabalaga menjalani masa peminjaman yang cukup impresif bersama Real Madrid pada paruh pertama 2023/2024. Ia mampu mengisi posisi Thibaut Courtois yang mengalami cedera ketika pra musim. Sayangnya, penampilan Arrizabalaga terganggu akibat cedera.

Menurut Fotmob, ia total telah bermain 12 pertandingan dengan rekor 6 nirbobol dan kebobolan 9 kali. Sebagai tambahan, dilansir Opta, persentase penyelamatannya mencapai 74,3 persen atau setara 26 saves. Arrizabalaga kini harus bersaing dengan Andriy Lunin, yang tampil apik kala dirinya absen saat mengalami cedera otot.

3. Unai Simon menorehkan penyelamatan 74,8 persen

5 Kiper LaLiga dengan Persentase Penyelamatan Tertinggi per Maret 2024Unai Simon (athletic-club.eus)

Unai Simon tidak pernah absen membela Athletic Bilbao di LaLiga Spanyol selama 29 pekan. Kiper utama Timnas Spanyol itu memainkan peran penting dalam mengangkat posisi Athletic Bilbao ke empat besar klasemen sementara LaLiga Spanyol. Simon bahkan mencatat empat kali nirbobol berturut-turut dalam empat pertandingan pada Maret 2024.

Dilansir Fotmob, secara keseluruhan, ia telah menorehkan 15 nirbobol dan kebobolan 26 kali dalam 29 pertandingan di LaLiga Spanyol per Maret 2024. Menurut Opta, persentase penyelamatannya 74,8 persen atau setara 79 saves. Simon diharapkan mampu tampil konsisten agar menjaga kans Bilbao lolos ke Liga Champions Eropa 2024/2025.

4. Claudio Bravo mencapai 76,2 persen penyelamatan di usianya ke-40

5 Kiper LaLiga dengan Persentase Penyelamatan Tertinggi per Maret 2024Claudio Bravo (laliga.com)

Claudio Bravo masih bermain di level tertinggi saat usianya sudah mencapai 40 tahun. Performanya juga tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan yang signifikan. Bravo masih tampil konsisten sebagai penjaga gawang meskipun tidak selalu bermain sebagai starter.

Dilansir Fotmob, Bravo baru bermain 7 laga dan mencatat 2 kali nirbobol dan 5 kali kebobolan. Menurut Opta, persentase penyelamatannya mencapai 76,2 persen atau setara 16 kali penyelamatan. Bravo juga belum ada rencana akan pensiun pada akhir 2023/2024. Real Betis beruntung memiliki kiper berpengalaman yang masih bugar bermain di level tertinggi seperti Bravo.

5. Andriy Lunin mencapai persentase penyelamatan tertinggi 76,6 persen

5 Kiper LaLiga dengan Persentase Penyelamatan Tertinggi per Maret 2024Andriy Lunin (realmadrid.com)

Andriy Lunin awalnya hanya sebagai kiper ketiga Real Madrid. Namun, cederanya Kepa Arrizabalaga dan Thibaut Courtois membuka kesempatan bagi dirinya untuk mengisi posisi kiper utama. Lunin malah menampilkan permainan di luar ekspektasi. Ia secara konsisten tampil solid sebagai kiper utama Real Madrid.

Menurut Fotmob, Lunin bermain dalam 17 laga dengan catatan 8 kali nirbobol, 11 kali kebobolan, dan akurasi operannya mencapai 85 persen. Ditambah lagi, dilansir Opta, Lunin memiliki persentase penyelamatan 76,6 persen, tertinggi di antara seluruh kiper di LaLiga Spanyol pada 2023/2024. Permainan luar biasa Lunin menambah persaingan dalam skuad Real Madrid untuk posisi kiper utama.

Kelima penjaga gawang di atas membuktikan punya kualitas mumpuni di LaLiga Spanyol dengan tingginya persentase penyelamatan. Pemain veteran seperti Claudio Bravo bahkan masih mampu menempati urutan kedua kiper yang memiliki persentase penyelamatan tertinggi. Sementara itu, Andriy Lunin yang dipandang sebelah mata, berhasil mengejutkan banyak pihak dengan permainan apik yang konsisten dalam 17 pertandingan.

Baca Juga: 3 Manajer dengan Penampilan Terbanyak di LaLiga pada Abad 21

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya