3 Kiper dengan Penyelamatan Tertinggi di Ligue 1 pada 2023/2024

Tidak ada yang bermain di klub besar

Ligue 1 memiliki sejumlah statistik unik sepanjang paruh pertama 2023/2024. Selain torehan gol dan assist, performa para penjaga gawang patut menjadi perhatian. Pasalnya, kiper-kiper dari klub-klub papan bawah Ligue 1 justru tampil memukau dalam menjaga gawangnya agar tidak kebobolan.

Setidaknya ada tiga kiper dari klub-klub medioker Ligue 1 yang melakukan aksi penyelamatan tertinggi pada paruh pertama 2023/2024. Kepiawaian mereka sangat menentukan nasib klubnya di kasta tertinggi kompetisi sepak bola Prancis itu. Pasalnya, ketiga pemain ini membela klub-klub yang tengah berjuang menghindari zona degradasi.

1. Arthur Desmas melakukan 67 kali penyelamatan

3 Kiper dengan Penyelamatan Tertinggi di Ligue 1 pada 2023/2024Arthur Desmas (hac-foot.com)

Arthur Desmas merupakan kiper dengan jumlah penyelamatan tertinggi ketiga di Ligue 1 pada paruh pertama 2023/2024. Ia tampil cukup impresif dalam menjaga gawang klub promosi. Le Havre. Desmas sejauh ini total melakukan 67 kali penyelamatan dengan persentase 77 persen.

Dilansir Fotmob, Desmas sudah kebobolan 19 kali dan mencatat 6 nirbobol dalam 17 laga. Ia juga perlu memperbaiki performanya dalam mendistribusikan bola. Pasalnya, Desmas hanya 4 kali bertindak sebagai sweeper dan memiliki akurasi operan 61 persen.

2. Yvon Mvogo telah 78 kali menyelamatkan gawang Lorient

3 Kiper dengan Penyelamatan Tertinggi di Ligue 1 pada 2023/2024Yvon Mvogo (fclorient.bzh)

Yvon Mvogo bekerja cukup keras dalam menjaga gawang Lorient agar tidak kebobolan. Ia tercatat telah 78 kali melakukan aksi penyelamatan atau dengan rasio per pertandingan 4,59. Namun, performanya belum cukup untuk mengangkat Lorient dari zona degradasi dengan menempati peringkat ke-17 dengan raihan 12 poin.

Menurut statistik Fotmob, Mvogo memiliki persentase penyelamatan 69 persen. Akan tetapi, ia sudah kemasukan gol 35 kali dan hanya 2 kali mencatat cleen sheet. Meski begitu, Mvogo punya kemampuan dalam mendistribusi bola kepada rekan-rekannya. Akurasi operannya mencapai 73 persen dengan persentase akurasi umpan jauhnya 44 persen.

3. Mory Diaw punya catatan aksi penyelamatan yang sama dengan Mvogo

3 Kiper dengan Penyelamatan Tertinggi di Ligue 1 pada 2023/2024Mory Diaw (ligue1.fr)

Mory Diaw memiliki catatan aksi penyelamatan yang sama dengan Mvogo. Ia sejauh ini sudah 78 kali menyelamatkan gawang Clermont Foot, tetapi masih terjebak di zona degradasi dengan menempati peringkat terakhir dengan raihan 11 poin. Clermont Foot memiliki selisih 5 poin dengan tim peringkat 15, Olympique Lyon.

Dilansir Fotmob, Diaw memiliki persentase penyelamatan lebih baik dari Mvogo, yaitu 75%. Akan tetapi, ia sudah 26 kali kebobolan dan baru 4 kali nirbobol dalam 17 laga di Ligue 1. Diaw juga pernah tiga kali menyebabkan lawan mendapatkan tendangan penalti dan dua kali blunder yang berujung kepada gol. Namun, ia punya catatan apik sebagai kiper modern. Diaw 8 kali beraksi sebagai sweeper dan memiliki 145 akurasi umpan jauh dengan 2 di antaranya berbuah assist.

Ketiga kiper tersebut memang berusaha keras agar gawangnya tidak kebobolan dengan melakukan sejumlah aksi penyelamatan. Namun, mereka butuh didukung dengan lini belakang yang solid. Sebab, pertahanan akan menjadi kunci agar tidak terdegradasi pada akhir 2023/2024.

Baca Juga: 4 Kiper Argentina yang Meramaikan LaLiga Spanyol 2023/2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya