4 Kiper yang Paling Sering Blunder pada Paruh Pertama EPL 2023/2024

Kesalahan mereka cukup fatal

English Premier League (EPL) 2023/2024 sudah berjalan selama 20 pekan. Sejumlah fakta menarik tersaji terkait statistik gol, assist, dan kebobolan.

Khusus masalah kebobolan, sebagian kiper tercatat pernah melakukan kesalahan fatal yang merugikan timnya. Meski tidak terjadi pada tiap pertandingan, kesalahan seorang kiper sangat krusial yang berpotensi memberi lawan peluang terbuka untuk mencetak gol.

Mari menilik catatan deretan kiper paling banyak blunder selama EPL 2023/2024 berlangsung sejauh ini, yuk!

1. Bart Verbruggen melakukan blunder dua kali

4 Kiper yang Paling Sering Blunder pada Paruh Pertama EPL 2023/2024Bart Verbruggen (brightonandhovealbion.com)

Bart Verbruggen didatangkan oleh Brighton & Hove Albion dari Anderlecht pada musim panas 2023. Ia dan kiper Brighton lainnya, Jason Steele, secara bergantian dipilih oleh Roberto De Zerbi sebagai starter penjaga gawang. Sayangnya, Verbruggen belum bisa mendapatkan kepercayaan penuh dari manajernya tersebut.

Sejauh ini ia baru tampil dalam 9 pertandingan di EPL pada paruh pertama 2023/2024. Dilansir laman resmi Premier League, Verbruggen sudah melakukan dua kali blunder dan kebobolan 14 kali. Salah satu kesalahan fatalnya terjadi saat laga melawan Bournemouth. Kala itu, Verbruggen lamban mengambil keputusan sehingga kehilangan bola. Striker Bournemouth, Dominic Solanke, langsung menendang bola ke arah gawang yang tidak terjaga.

Baca Juga: 4 Kiper Jerman yang Meramaikan Premier League 2023/2024

2. David Raya juga dua kali melakukan kesalahan fatal

4 Kiper yang Paling Sering Blunder pada Paruh Pertama EPL 2023/2024David Raya (arsenal.com)

David Raya menjadi pilihan utama manajer Arsenal, Mikel Arteta, sebagai penjaga gawang utama pada 2023/2024. Ia menyingkirkan kiper utama musim lalu, Aaron Ramsdale, yang tampil inkonsisten. Namun, Raya perlu memperbaiki performanya jika ingin membawa Arsenal meraih gelar juara EPL pada akhir 2023/2024.

Sebab, ia sudah dua kali melakukan kesalahan fatal yang mengakibatkan bobolnya gawang Arsenal. Dilansir situs resmi Premier League, Raya sudah 16 kali kebobolan dalam 19 pertandingan bersama Arsenal. Ditambah lagi, catatan Fotmob menunjukkan ia hanya memiliki persentase penyelamatan 59 persen. Performa Raya sebagai penjaga gawang utama sangat menentukan prestasi Arsenal sekaligus masa depannya bersama klub. Sebab, ia masih berstatus pemain pinjaman dari Brentford.

3. Matt Turner sudah tiga kali bikin blunder

4 Kiper yang Paling Sering Blunder pada Paruh Pertama EPL 2023/2024Matt Turner (nottinghamforest.co.uk)

Matt Turner berhasil menjadi kiper utama di Nottingham Forest sejak dibeli dari Arsenal pada musim panas 2023. Ia menggantikan posisi Dean Henderson yang telah habis masa peminjaman dari Manchester United dan Keylor Navas yang juga kembali ke klub induknya, Paris Saint-Germain (PSG). Namun, performa Turner sejauh ini belum begitu memuaskan.

Kiper asal Amerika Serikat itu sudah tiga kali bikin blunder yang merugikan timnya. Dilansir laman resmi Premier League, Turner sudah kebobolan 23 gol dan hanya dua kali mencatat nirbobol. Kepiawaiannya di bawah mistar gawang perlu diperbaiki demi menjauhkan klubnya, Nottingham Forest, dari zona degradasi.

4. Wes Foderingham paling sering melakukan blunder

4 Kiper yang Paling Sering Blunder pada Paruh Pertama EPL 2023/2024Wes Foderingham (premierleague.com)

Wes Foderingham menjadi kiper yang paling sering melakukan kesalahan di EPL pada paruh pertama 2023/2024. Dilansir situs resmi Premier League, ia telah melakukan 5 blunder yang berujung gol. Foderingham bahkan pernah sekali melakukan gol bunuh diri saat Sheffield United kalah 1-3 dari Fulham.

Kala itu, ia gagal menahan sepakan Willian yang mengarah ke gawang. Bola tepisannya justru malah masuk ke dalam gawang. Kesalahan lainnya terjadi ketika Foderingham gagal menangkap bola dengan baik ketika pemain Luton Town, Alfie Doughty, saat Sheffield United kalah 2-3 pada pekan ke-19. Ia dan timnya saat ini berada di posisi ke-20 dengan koleksi sembilan poin. 

Keempat kiper di atas perlu memperbaiki kinerjanya jika ingin meningkatkan kualitas lini pertahanan tim yang mereka bela. Sebab, posisi penjaga gawang sangat penting untuk menjaga agar tim tidak kebobolan serta mempertahankan keunggulan sampai akhir laga. Mampukah keempat kiper Premier League 2023/2024 ini bangkit untuk menampilkan permainan terbaiknya?

Baca Juga: 5 Keberhasilan Sheffield United Meraih Poin di EPL 2023/2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya