Kiprah Thomas Mueller dalam Meraih 500 Kemenangan di Bayern Muenchen

Pemain pertama menorehkan rekor ini

Thomas Mueller sukses menciptakan sejarah bagi dirinya dan Bayern Muenchen saat menang 3-1 atas Borussia Monchengladbach dalam laga Bundesliga pekan ke-20 pada 3 Februari 2024. Ia mencatat rekor sebagai satu-satunya pemain yang mampu menorehkan 500 kemenangan bersama Bayern Muenchen. Mueller bahkan memberikan assist untuk gol Aleksandar Pavlovic.

Pencapaian ini terbilang fantastis bagi Mueller. Pasalnya, ia saat ini menjadi salah satu pemain di Eropa yang berstatus sebagai one man club. Mueller sudah membela Bayern Muenchen sejak dirinya masuk ke akademi pada Juli 2000. Lalu, bagaimana perjalanan pemain asal Jerman ini mencapai 500 kemenangan bersama Bayern Muenchen?

1. Menjalani debut sebagai pemain pengganti saat membantai Sporting Lisbon

Kiprah Thomas Mueller dalam Meraih 500 Kemenangan di Bayern MuenchenLouis van Gaal (kiri) dan Thomas Mueller (kanan). (bundesliga.com)

Mueller menjalani debutnya di tim utama Bayern Muenchen ketika menggantikan Miroslav Klose saat melawan Hamburg SV dalam laga Bundesliga pada Agustus 2008. Namun, Die Rotten bermain imbang 2-2 melawan Hamburg. Mueller lalu dikembalikan ke tim junior Bayern Muenchen setelah pertandingan tersebut. Usianya kala itu masih 19 tahun.

Mueller meraih kemenangan pertamanya ketika Bayern Muenchen membantai Sporting Lisbon 7-1 dalam laga Liga Champions Eropa pada 10 Maret 2009. Ia bahkan mencetak gol pertamanya bagi tim senior Die Rotten dalam laga tersebut. Inilah awal perjalanan karier yang luar biasa Mueller bersama Bayern Muenchen.

2. Menorehkan 100 kemenangan saat menaklukan Real Madrid

Kiprah Thomas Mueller dalam Meraih 500 Kemenangan di Bayern MuenchenThomas Mueller (bundesliga.com)

Thomas Mueller secara reguler bermain untuk tim utama Bayern Muenchen. Terutama ketika era kepelatihan Louis van Gaal, penampilannya meningkat pesat pada 2009/2010. Mueller memenangkan titel juara Bundeliga pertamanya pada musim tersebut. Ia juga mendapat panggilan ke Timnas Jerman untuk berlaga di Piala Dunia 2010. Mueller bahkan menjadi top skor bersama Diego Forlan dengan torehan lima gol dalam turnamen itu.

Ia kemudian mencatat 100 kemenangan bersama Bayern Muenchen ketika usianya masih menginjak 22 tahun. Mueller saat itu berhasil menaklukan Real Madrid 2-1 di babak semifinal Liga Champions Eropa pada April 2012. Ia sukses membawa Bayern Muenchen ke babak final Liga Champions Eropa 2011/2012. Sayangnya, Mueller gagal memenangkan pertandingan tersebut setelah kalah adu penalti melawan Chelsea.

3. Meraih 500 kemenangan dalam laga ke-690 bersama Bayern Muenchen

Kiprah Thomas Mueller dalam Meraih 500 Kemenangan di Bayern MuenchenThomas Mueller (fcbayern.com)

Thomas Mueller menorehkan 500 kemenangannya saat menjalani laga ke-690 bersama Bayern Muenchen. Ia bermain sebagai gelandang serang sejak menit pertama. Mueller kemudian memberikan assist kepada Aleksandar Pavlovic pada babak pertama menit ke-45.

Ia kini memegang rekor sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak kedua bagi Bayern Muenchen setelah Sepp Maier. Mueller juga memiliki torehan 264 assist, terbanyak sepanjang sejarah Die Rotten. Selain itu, ia masuk dalam tiga besar pemain dengan jumlah gol terbanyak dengan total 237. Mueller berada di bawah Robert Lewandowski yang mencetak 344 gol dan Gerd Mueller dengan 568 gol untuk Bayern Muenchen.

Thomas Mueller telah menorehkan berbagai rekor luar biasa sepanjang kariernya bersama Bayern Muenchen. Ia sudah memenangkan semua gelar juara bergengsi baik untuk Bayern Muenchen maupun Timnas Jerman. Mueller masih berpeluang mengukir rekor dan sejarah baru dalam kariernya. Sebab, usianya masih 34 tahun dan belum ada rencana untuk pensiun atau meninggalkan Bayern Muenchen.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Bundesliga Terlama yang Membela 1 Klub, Ada Mueller!

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya