3 Klub EPL yang Paling Terdampak Piala Asia dan Piala Afrika 2023

Sebagian besar berperan sebagai pemain penting di klub

Piala Asia dan Piala Afrika 2023 akan diselenggarakan dalam waktu yang berdekatan. Piala Asia 2023 bergulir dari 12 Januari sampai 10 Februari 2024. Sedangkan, Piala Afrika 2023 pada periode 13 Januari--11 Februari 2024.

Di sisi lain, kompetisi liga-liga Eropa tengah memasuki jadwal yang cukup padat pada periode Januari--Februari 2024, termasuk klub-klub asal Inggris yang memiliki jadwal padat karena harus berlaga di Piala FA dan English Premier League (EPL) 2023/2024. Bergulirnya Piala Asia dan Piala Afrika 2023 membuat beberapa klub EPL harus kehilangan para pemain penting. Berikut tiga klub yang paling terdampak akibat Piala Asia dan Piala Afrika 2023.

1. Wolverhampton Wanderers kehilangan empat pemain

3 Klub EPL yang Paling Terdampak Piala Asia dan Piala Afrika 2023Hwang Hee Chan (kiri depan) dan Gary O'Neil (kanan belakang) (premierleague.com)

Wolverhamption Wanderers (Wolves) harus kehilangan empat pemainnya akibat Piala Asia dan Piala Afrika 2023. Mereka di antaranya adalah Rayan Ait-Nouri yang membela Timnas Aljazair, Hwang Hee Chan di Timnas Korea Selatan, Boubacar Traore di Timnas Mali, dan Justin Hubner di Timnas Indonesia. Dari tiga pemain tersebut, hanya Hubner saja yang tidak termasuk pemain inti di skuad utama Wolves.

Kehilangan Hwang menjadi kekhawatiran manajer Wolves, Gary O'Neil. Sebab, Hwang merupakan top skor sementara Wolves di EPL dengan torehan 10 gol dari 19 pertandingan. Selain itu, O'Neil juga harus mencari alternatif untuk pertahanan di sisi kiri setelah bek kiri, Rayan Ait-Nouri, yang harus pergi sementara demi membela Timnas Aljazair.

Baca Juga: 3 Penggawa Klub EPL yang Dibawa Timnas Ghana ke Piala Afrika 2023

2. Brentford melepas empat pemainnya ke Piala Asia dan Piala Afrika

3 Klub EPL yang Paling Terdampak Piala Asia dan Piala Afrika 2023Yoane Wissa (brentfordfc.com)

Brentford juga harus melepas empat pemainnya ke Piala Asia dan Piala Afrika 2023. Keempat pemain itu antara lain Saman Ghoddos ke Timnas Iran, Kim Ji Soo ke Timnas Korea Selatan, Frank Onyeka ke Timnas Nigeria, dan Yoane Wissa ke Timnas Kongo. Hanya Kim Ji Soo yang bukan pemain inti di skuad utama Brentford.

Yoane Wissa menjadi pemain paling penting yang harus meninggalkan Brentford. Ia selalu tampil dalam 19 pertandingan di EPL pada paruh pertama 2023/2024. Selain itu, Frank Onyeka juga memainkan peran penting sebagai gelandang bertahan. Manajer Brentford, Thomas Frank, belum memberikan pernyataan resmi terkait siasatnya saat ditinggal para pemain pentingnya tersebut.

3. Nottingham Forest mengirim enam pemain di Piala Asia dan Piala Afrika

3 Klub EPL yang Paling Terdampak Piala Asia dan Piala Afrika 2023Serge Aurier (nottinghamforest.co.uk)

Nottingham Forest menjadi tim yang paling banyak mengirimkan pemainnya ke Piala Afrika 2023. Setidaknya, ada enam pemain yang harus meninggalkan klub untuk bergabung dengan skuad tim nasionalnya. Mereka adalah Ola Aina di Timnas Nigeria, Cheikhou Kouyate dan Moussa Niakhate di Timnas Senegal, serta tiga pemain Timnas Pantai Gading, yaitu Serge Aurier, Willy Boly, dan Ibrahim Sangare.

Keenam pemain itu merupakan pemain inti di skuad Nottingham Forest. Manajer Nottingham Forest, Nuno Espirito Santo, belum mengatakan rencananya terkait timnya yang harus ditinggal enam pemainnya itu. Dilansir Mirror, pelatih asal Portugal itu dikabarkan tengah mengincar dua pemain untuk menjaga kedalaman skuadnya pada periode Januari--Februari 2024.

Ketiga klub tersebut harus mencari siasat agar bisa memenangkan pertandingan secara konsisten ketika beberapa pemainnya membela tim nasionalnya di Piala Asia dan Piala Afrika 2023. Sebab, mereka tengah berjuang menghindar dari zona degradasi di klasemen sementara EPL 2023/2024. Wolves berada di peringkat 11 dengan raihan 28 poin. Sementara Nottingham Forest kini tengah berada di posisi ke-15 lewat koleksi 20 poin dan Brentford ada di posisi ke-16 dengan koleksi 19 poin.

Baca Juga: 5 Bintang Eropa di Piala Asia 2023, Ada Son Heung Min!

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya