3 Klub yang Paling Sering Tersingkir di Semifinal FA Cup

Ada satu klub dari Big Six Premier League

FA Cup atau Piala FA adalah kompetisi tertua di Inggris. Ia telah berdiri sejak 1871/1872. Kompetisi ini berdiri sebelum Liga Inggris yang dahulunya bernama First Division dan sekarang English Premier League (EPL).

FA Cup memiliki segudang rekor unik dalam sejarahnya. Salah satunya rekor klub yang paling sering tersingkir pada babak semifinal. Padahal, mereka punya peluang besar untuk menjuarai FA Cup jika lolos ke babak final. Namun, ketiga klub ini selalu kandas saat memasuki babak semifinal sehingga kans menjadi juara sirna.

1. Everton gagal di semifinal FA Cup sebanyak 13 kali

https://www.youtube.com/embed/GyhKGsaS7r4

Everton memulai perjalanannya di FA Cup sejak 1889/1900. The Toffees pernah menjuarai turnamen ini sebanyak 4 kali dari 7 kesempatan bermain pada babak final. Namun, rekor Everton saat memasuki babak semifinal sangat buruk.

Mereka kalah atas lawan-lawannya sebanyak 13 kali. Menariknya, klub tetangga Everton, Liverpool, menjadi yang paling sering menyingkirkan mereka pada babak semifinal FA Cup. Everton takluk atas Liverpool di semifinal FA Cup pada 1949/1950, 1976/1977, dan 2011/2012. The Toffees belum pernah lagi melaju ke semifinal FA Cup sejak kalah 1-2 melawan Liverpool pada 2011/2012.

Baca Juga: 3 Catatan Unik Usai Manchester City Lolos ke Final Piala FA

2. Tottenham Hotspur keok di semifinal FA Cup 12 kali

https://www.youtube.com/embed/vEUKHLGRpOk

Tottenham Hotspur berpartisipasi di FA Cup sejak 1895/1896. The Lilywhites memiliki koleksi enam gelar juara sepanjang keikutsertaanya di FA Cup sampai 2024. Meski begitu, Tottenham punya catatan buruk tiap berlaga pada babak semifinal. Mereka gagal melaju ke babak final usai kalah dari lawan-lawannya di semifinal sebanyak 12 kali.

Tottenham pertama kali tersingkir dari FA Cup saat kalah 1-3 menghadapi Blackpool di semifinal pada 1947/1948. Mereka terakhir kali berlaga pada babak semifinal FA Cup saat melawan Manchester United pada 2017/2018. Sayangnya, Tottenham kalah dalam laga tesebut dengan skor 1-2. Setelah itu, The Lilywhites belum kunjung lolos ke semiifinal FA Cup. Tottenham paling jauh melangkah di FA Cup sampai babak kelima sejak 2018/2019.

3. Chelsea dipermalukan di semifinal FA Cup sebelas kali

3 Klub yang Paling Sering Tersingkir di Semifinal FA CupPara pemain Chelsea kecewa setelah tersingkir di semifinal FA Cup 2023/2024. (chelseafc.com)

Chelsea pertama kali menjalani FA Cup pada 1931/1932. The Blues termasuk klub yang menampilkan performa fantastis pada musim tersebut. Mereka berhasil menembus semifinal dalam partisipasinya yang pertama di FA Cup.

Sayangnya, Chelsea kalah 1-2 kontra Newcastle United. The Blues kembali melaju ke babak semifinal FA Cup, tetapi takluk 0-3 melawan Arsenal pada 1951/1952. Terbaru, Chelsea gagal melewati perlawanan Manchester City di semifinal FA Cup setelah kalah 0-1 pada 20 April 2024. Hasil ini membuat The Blues mengakhiri musim tanpa gelar setelah takluk 0-1 atas Liverpool di final Piala Liga Inggris 2024. Chelsea secara keseluruhan tersingkir dari babak semifinal FA Cup sebanyak sebelas kali.

Ketiga klub di atas memang memiliki reputasi baik di sepak bola Inggris dengan selalu konsisten berlaga di EPL dan FA Cup. Namun, mereka selalu gagal melaju ke babak final FA Cup usai tersingkir di semifinal. Berbagai faktor bisa menjadi alasan utama ketiga klub di atas cukup sering kalah di semifinal FA Cup, seperti klub lawan bermain lebih baik, cedera, dan keputusan wasit yang kontroversial. Meski begitu, ketiga klub ini membuktikan bermain di bawah tekanan pada babak semifinal FA Cup bukan hal yang mudah untuk dihadapi.

Baca Juga: 5 Klub Championship Terakhir di Semifinal Piala FA, Ada Coventry City

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya