Lucas Bergvall, Wonderkid Swedia yang Tolak Barcelona Demi Tottenham

Disebut-sebut mirip Frankie de Jong

Tottenham Hotspur sukses menyelesaikan proses transfer wonderkid asal Swedia, Lucas Bergvall, pada detik-detik akhir bursa transfer Januari 2024. Ia telah menyelesaikan tes medis di pusat latihan Tottenham Hotspur pada 2 Februari 2024. Bergvall akan kembali memperkuat klub lamanya, Djurgardens, sampai akhir akhir 2023/2024. Ia baru bergabung dengan skuad senior Tottenham pada musim panas 2024.

Belum banyak yang mengenal gelandang berusia 18 tahun tersebut. Bakatnya disebut-sebut mirip dengan Andres Iniesta dan Frenkie de Jong. Lalu, siapa sebenarnya sosok Lucas Bergvall? Simak tiga fakta unik seputar wonderkid asal Swedia tersebut pada artikel ini.

1. Pernah menjalani masa percobaan di Manchester United

Lucas Bergvall, Wonderkid Swedia yang Tolak Barcelona Demi TottenhamLucas Bergvall (kiri) bersama pelatihnya. (instagram.com/lucasbergvall)

Lucas Bergvall lahir di Stockholm, Swedia, pada 2 Februari 2006. Ia menimba ilmu sepak bola di akademi IF Brommapojkarna. Akademi tersebut pernah melahirkan talenta terbaik dunia, salah satunya penyerang Tottenham Hotspur, Dejan Kulusevski. Bakat Bergvall pernah diuji ketika menjalani latihan dan masa percobaan di Manchester United dan Feyenoord.

Kebetulan sang pemain ternyata fans MU. Namun, Bergvall memutuskan bertahan bersama Brommapojkarna. Ia kemudian merintis kariernya dari level U-17 sampai U-19. Bergvall menjalani debutnya di skuad senior Brommapojkarna pada 2021. Ia total bermain dalam 12 pertandingan dengan torehan masing-masing satu gol dan assist di semua kompetisi. Bergvall lalu hengkang ke Djugarden pada Februari 2023.

Baca Juga: 6 Pemain Tottenham Hotspur 2024 yang Direkrut dari Serie A

2. Kemampuannya dibanding-bandingkan dengan Frenkie de Jong dan Andres Iniesta

Lucas Bergvall, Wonderkid Swedia yang Tolak Barcelona Demi TottenhamLucas Bergvall (instagram.com/lucasbergvall)

Bergvall merupakan gelandang berbakat yang biasa beroperasi sebagai gelandang tengah dan bertahan. Ia memiliki kemampuan dribel apik yang membuatnya mampu mengkreasikan serangan dengan baik. Terlebih lagi, Bergvall punya daya jelajah yang cukup tinggi dengan kecepatannya dan tidak gentar saat mendapatkan tekanan dari pemain lawan dan beradu fisik.

Skill Bergvall saat menggiring bola membuatnya disebut-sebut mirip dengan Andres Iniesta dan Frenkie de Jong. Dilansir One Football, Bergvall memiliki persentase akurasi operan mencapai 88 persen. Ia juga mampu memenangkan 71 persen duel fisik dengan tekelnya. 

3. Menolak tawaran Barcelona demi bergabung dengan Tottenham Hotspur

Lucas Bergvall, Wonderkid Swedia yang Tolak Barcelona Demi TottenhamLucas Bergvall wonderkid baru Tottenham Hotspur. (tottenhamhotspur.com)

Bergvall sempat menghabiskan waktu di pusat latihan Barcelona selama seminggu. Awalnya, ia direncanakan akan bergabung dengan akademi La Masia dan bermain untuk Barca Atletic. Namun, Bergvall justru memilih pindah ke Tottenham Hotspur pada detik-detik akhir bursa transfer Januari 2024.

Dilansir 90min, Presiden Barcelona, Joan Laporta, mengatakan direktur olahraga Barcelona, Deco, telah bernegosiasi dengan sang pemain untuk merekrutnya ke Barca Atletic. Namun, penawaran Tottenham Hotspur lebih besar daripada Barcelona dan Bergvall mendapat jaminan untuk langsung bermain di skuad utama. Tottenham menebus Bergvall dari Djurgarden dengan harga 8,5 juta pound sterling atau Rp168 miliar. Dalam wawancara pertamanya dengan Tottenham, ia terkesan dengan manajer Tottenham, Ange Postecoglu, yang menaruh kepercayaan kepada pemain muda sepertinya.

Bergvall telah menunjukkan potensinya sebagai gelandang tengah dengan prospek masa depan sampai berhasil menarik minat klub-klub besar Eropa. Ia kini mengambil langkah besar dalam kariernya dengan bergabung dengan Tottenham Hotspur dan akan merasakan atmosfer English Premier League. Bergvall hanya perlu fokus mengembangkan kualitas permainannya dan menjaga sikap profesional agar mampu bersaing di level yang lebih tinggi.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dilepas Tottenham ke Benua Amerika, Ada Lloris

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya