4 Lulusan Akademi MU yang Menjadi Debutan Termuda Timnas Inggris

Terbukti konsisten melahirkan talenta berbakat

Akademi Manchester United secara konsisten melahirkan talenta muda yang siap menjadi andalan Timnas Inggris. MU pernah mengorbitkan Paul Scholes, Gary Neville, dan David Beckham yang menjadi pilar penting Timnas Inggris pada era akhir 1990-an sampai pertengahan 2000-an.

Sebagian pemain lulusan akademi Manchester United bahkan melakoni debut ketika usianya belum mencapai 20 tahun. Berikut 4 jebolan akademi MU yang tercatat sebagai debutan termuda dalam sejarah Timnas Inggris.

1. Duncan Edwards tampil pertama kali untuk Timnas Inggris ketika 18 tahun 6 bulan 2 hari

4 Lulusan Akademi MU yang Menjadi Debutan Termuda Timnas InggrisDuncan Edwards (manutd.com)

Duncan Edwards merupakan gelandang berbakat hasil binaan akademi Manchester United. Ia mulai bermain di tim utama MU pada 1953/1954. Kemampuannya dalam mengatur tempo permainan lewat akurasi operannya membuatnya mendapat panggilan dari Timnas Inggris.

Ia melakoni debutnya bersama skuad senior Timnas Inggris ketika menang atas Skotlandia 7-2 pada pertandingan persahabatan 2 April 1955. Edwards bahkan memulai pertandingan sebagai starter. Usianya baru memasuki 18 tahun 6 bulan 2 hari. Penampilan terakhir Edwards bersama Timnas Inggris terjadi kala menaklukkan Prancis dengan skor 4-0 pada 27 November 1957. Ia kemudian tutup usia setelah menjadi salah satu korban kecelakaan pesawat di Muenchen pada 6 Februari 1958.

2. Marcus Rashford melakoni debut di Timnas Inggris saat berusia 18 tahun 6 bulan 26 hari

4 Lulusan Akademi MU yang Menjadi Debutan Termuda Timnas InggrisMarcus Rashford (thefa.com)

Marcus Rashford menampilkan performa luar biasa ketika baru diorbitkan dari akademi Manchester United pada Februari 2016. Ia langsung mencetak 2 gol dan 1 assist ketika MU mengalahkan Arsenal 3-2 pada pekan ke-27 English Premier League (EPL) 2015/2016. Rashford yang punya skill dribel, keceptan, serta insting gol tajam membuatnya dipanggil ke Timnas Inggris untuk bertanding dalam laga uji coba pada 27 Mei 2016.

Ia langsung dimainkan sebagai starter ketika melawan Australia di stadion Wembley. Rashford hanya butuh waktu 3 menit untuk menorehkan gol perdananya bagi Timnas Inggris. Debut sensasional itu ia lakukan ketika usianya masih 18 tahun 6 bulan 26 hari. Rashford masuk dalam tiga besar pencetak gol termuda Inggris setelah Wayne Rooney dan Michael Owen.

Baca Juga: 3 Bukti Pentingnya Kehadiran Kobbie Mainoo bagi MU dan Timnas Inggris

3. Kobbie Mainoo menjalani debut internasional saat berusia 18 tahun 11 bulan 4 hari

4 Lulusan Akademi MU yang Menjadi Debutan Termuda Timnas InggrisKobbie Mainoo (instagram.com/england)

Kobbie Mainoo tampil cukup konsisten di lini tengah Manchester United pada 2023/2024. Determinasinya dalam mendistribusikan bola serta mampu menjalani peran box to box berdampak besar bagi permainan MU. Alhasil, manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate, memanggilnya untuk berlaga di pertandingan persahabatan pada Maret 2024.

Mainoo kemudian melakoni debutnya sebagai pemain pengganti selama 15 menit. Ia mengisi posisi gelandang sentral setelah Conor Gallagher ditarik keluar. Usia Mainoo baru memasuki 18 tahun 11 bulan 4 hari.

4. Mason Greenwood tampil perdana bagi Timnas Inggris ketika 18 tahun 11 bulan 5 hari

4 Lulusan Akademi MU yang Menjadi Debutan Termuda Timnas InggrisMason Greenwood (thefa.com)

Mason Greenwood dinilai memiliki bakat dengan potensi besar ketika tampil apik bersama Manchester United pada 2019/2020. Ketenangannya dalam menggiring bola serta penetrasi dari sayap sering kali menciptakan peluang mencetak gol dari tembakannya maupun umpan silang. Kemampuan Greenwood tersebut berhasil menarik perhatian manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate, untuk memanggilnya ke skuad senior.

Greenwood mendapat kesempatan tampil untuk pertama kalinya bagi Timnas Inggris ketika menghadi Eslandia pada laga UEFA Nations League 5 September 2020. Usianya kala itu masih 18 tahun 11 bulan 5 hari. Sayangnya, Greenwood membuat masalah saat tengah menjalani sesi latihan bersama Timnas Inggris. Ia melanggar aturan protokol kesehatan Eslandia dengan mengadakan pesta di kamar hotelnya di Eslandia. Greenwood juga belum mendapat panggilan lagi ke Timnas Inggris usai terlibat dalam kasus kekerasan dan pelecehan seksual pada 2023.

Keempat pemain di atas membuktikan akademi Manchester United punya kontribusi besar dalam melahirkan talenta terbaik bagi Timnas Inggris dari masa ke masa. Mulai dari Duncan Edwards yang debut pada 1955 sampai Kobbie Mainoo pada Maret 2024. Selain itu, Marcus Rashford masih menjadi andalan di lini depan Timnas Inggris sejak debutnya pada Mei 2016. Sementara itu, Greenwood masih berpeluang kembali membela Timnas Inggris setelah tampil cukup impresif bersama Getafe.

Baca Juga: Deretan Gol Mason Greenwood bagi Getafe pada 2023/2024, Kembali Tajam!

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya