3 Manajer Peraih Kemenangan Terbanyak dalam 50 Laga Bundesliga

Semuanya termasuk dalam jajaran manajer top

Bundesliga kerap memiliki manajer dengan kualitas top dunia. Sebut saja Louis van Gaal, Juergen Klopp, Thomas Tuchel, dan Otmar Hitzfeld. Sebagian dari para manajer papan atas itu mampu menorehkan rekor unik selama berkarier di Bundesliga.

Salah satu rekor yang menjadi kesamaan mereka adalah capaian jumlah kemenangan yang tinggi dalam 50 pertandingan pertama di Bundesliga. Tidak semua manajer top dunia yang pernah menukangi klub-klub Bundesliga mampu mengukir capaian impresif tersebut. Maka dari itu, ketiga manajer yang sukses menorehkan kemenangan terbanyak dalam 50 laga pertamanya di Bundesliga patut diberi apresiasi. Penasaran siapa saja?

1. Pep Guardiola memenangi 42 pertandingan dalam 50 laga pertamanya di Bundesliga

3 Manajer Peraih Kemenangan Terbanyak dalam 50 Laga BundesligaPep Guardiola (bundesliga.com)

Pep Guardiola bergabung dengan Bayern Muenchen pada Juli 2013. Ia menggantikan Jupp Heynckes yang mengundurkan diri usai membawa Die Rotten meraih treble winner pada 2012/2013. Pep Guardiola langsung menerapkan gaya permainan yang menjadi ciri khasnya, yaitu penguasaan bola dengan operan cepat dari kaki ke kaki dan pressure tinggi.

Gaya permainan tersebut sukses membawa Bayern Muenchen sulit ditandingi di Bundesliga. Guardiola sendiri mengukir rekor 42 kemenangan dalam 50 laga pertamanya di Bundesliga. Pencapaian ini masih menjadi yang tertinggi sampai saat ini.

Baca Juga: Kiprah Bayer Leverkusen dalam 5 Musim Terakhir Bundesliga, Siap Juara?

2. Hansi Flick menorehkan 40 kemenangan dalam 50 laga Bundesliga

3 Manajer Peraih Kemenangan Terbanyak dalam 50 Laga BundesligaHansi Flick (bundesliga.com)

Selain Pep Guardiola, Bayern Muenchen juga pernah memiliki manajer hebat lainnya dalam diri Hansi Flick. Ia hadir menggantikan Niko Kovac yang dipecat pada pertengahan 2019/2020. Langkah tersebut sempat diragukan oleh media dan fans karena sebelumnya Flick tidak memiliki pengalaman menangani klub sebesar Bayern Muenchen.

Akan tetapi, keputusan manajemen Die Rotten terbukti tepat. Flick mampu mengantarkan Bayern Muenchen meraih treble winners pada 2019/2020. Ia juga menjuarai Piala Super Eropa 2020, DFB Super Cup 2020, dan Piala Dunia Antarklub 2020.

Seiring dengan capaian trofi, Hansi Flick juga berhasil mengukir beberapa rekor untuk kariernya secara pribadi. Ia menjadi manajer kedua dalam sejarah Bundesliga yang mampu meraih kemenangan terbanyak dalam 50 laga pertamanya. Flick sukses mengumpulkan 40 kemenangan dalam 50 pertandingan Bundesliga; hanya selisih dua kemenangan dari capaian Pep Guardiola.

3. Xabi Alonso menempati urutan ketiga dengan 33 kemenangan dalam 50 laga Bundesliga

3 Manajer Peraih Kemenangan Terbanyak dalam 50 Laga BundesligaXabi Alonso (bundesliga.com)

Kapasitas Xabi Alonso sempat diragukan saat ia ditunjuk sebagai manajer Bayer Leverkusen pada Oktober 2022. Pasalnya, ia belum pernah menangani tim senior di Real Sociedad maupun Real Madrid. Alonso hanya memiliki pengalaman sebagai pelatih tim muda Real Madrid dan manajer Real Sociedad B.

Namun, Alonso membuktikan dirinya punya kapasitas untuk menangani salah satu klub top Bundesliga, Bayer Leverkusen. Ia sejauh ini telah menang 33 kali dalam 50 pertandingan pertamanya di Bundesliga. Alonso bersama Leverkusen tengah dalam momentum terbaiknya pada musim kompetisi 2023/2024. Mereka belum terkalahkan sampai pekan ke-24. Ia memiliki kesempatan untuk memutus dominasi Bayern Muenchen di Bundesliga jika mampu mempertahankan performa Leverkusen sampai akhir 2023/2024.

Pep Guardiola dan Hansi Flick sudah membuktikan kapasitasnya bersama Bayern Muenchen dengan mempertahankan dominasi di Bundesliga. Sementara itu, Xabi Alonso tengah naik daun bersama Bayer Leverkusen yang belum mengalami kekalahan di Bundesliga sampai pekan ke-24. Bak opera sabun, kiprah moncer Xabi Alonso pun langsung jadi tema rebutan klub-klub besar, seperti Liverpool atau Bayern Muenchen, yang sedang getol mencari manajer baru untuk 2024/2025.

Baca Juga: 5 Klub Bundesliga 2 yang Berpotensi Naik Kasta per Awal Maret 2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya