3 Momen PSG Singkirkan Barcelona dari Babak Gugur UCL

Rekor memalukan bagi Barcelona

Paris Saint-Germain (PSG) sejatinya bukan klub yang memiliki reputasi baik di Liga Champions Eropa (UCL). Mereka belum pernah menjuarai kompetisi antarklub Eropa tertinggi itu meskipun sudah mendatangkan banyak pemain bintang dalam 14 tahun terakhir. Namun, kehadiran Les Parisiens kerap kali memberikan mimpi buruk bagi klub-klub top Eropa langganan UCL.

Salah satu target empuk PSG adalah Barcelona, juara lima kali Liga Champions Eropa. La Blaugrana memiliki hubungan yang cukup panas dengan PSG terutama setelah mega transfer Neymar Jr pada musim panas 2017. Barcelona yang punya rekor apik di babak gugur Liga Champions Eropa, ternyata pernah tiga kali disingkirkan PSG. Ketiga momen ini tentu menjadi catatan luar biasa bagi klub seperti PSG, tetapi memalukan bagi Barcelona.

1. PSG menyingkirkan Barcelona di babak perempat final UCL pada 1994/1995

3 Momen PSG Singkirkan Barcelona dari Babak Gugur UCLPSG berduel dengan Barcelona di babak perempat final UCL 1994/1995. (psg.fr)

Barcelona pertama kali bertemu PSG di babak perempat final UCL pada 1994/1995. La Blaugrana yang masih dilatih Johan Cruyff menurunkan para pemain terbaiknya, seperti Ronald Koeman, Pep Guardiola, dan Hristo Stoichkov pada leg pertama. Sementara itu, manajer PSG, Luis Fernandez, memainkan David Ginola, George Weah, dan Vincent Guerin.

Pertandingan leg pertama berakhir imbang 1-1 di stadion Camp Nou. PSG mendapat keuntungan di leg kedua karena memiliki satu gol tandang. Barcelona kemudian bermain lebih menyerang saat leg kedua di kandang PSG, Parc des Princes. Akan tetapi, PSG akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1. Les Parisiens lolos ke babak semifinal berkat keunggulan agregat 3-2.

Baca Juga: 3 Manajer Spanyol yang Sukses Menyingkirkan Barcelona dari UCL

2. PSG mempermalukan Barcelona dalam dua leg di babak 16 besar pada 2020/2021

3 Momen PSG Singkirkan Barcelona dari Babak Gugur UCLKylian Mbappe mencetak gol ke gawang Barcelona pada leg kedua babak 16 besar UCL 2020/2021. (uefa.com)

Paris Saint-Germain bertandang ke kandang Barcelona, stadion Camp Nou, terlebih dahulu dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa pada 17 Februari 2021. Tidak disangka, Les Parisiens berhasil menang telak dengan skor 4-1 atas Barcelona. Kylian Mbappe mencetak hattrick dalam pertandingan ini dengan satu gol tambahan berasal dari Moise Kean. Sementara itu, Barcelona hanya bisa menorehkan gol melalui Lionel Messi.

PSG memiliki keunggulan agregat 4-1 saat menghadapi Barcelona di leg kedua. Kedua tim akhirnya hanya bermain imbang 1-1. Mbappe membuka keunggulan PSG lewat eksekusi tendangan penalti pada menit ke-31. Messi membalasnya 6 menit kemudian. PSG lolos ke babak perempat final UCL dengan agregat 5-2.

3. Barcelona tersingkir dari UCL setelah comeback heroik PSG pada 2023/2024

3 Momen PSG Singkirkan Barcelona dari Babak Gugur UCLPSG menyingkirkan Barcelona di babak perempat final UCL 2023/2024. (uefa.com)

Barcelona dan PSG berduel cukup sengit dalam dua leg babak perempat final UCL pada 2023/2024. La Blaugrana menang 3-2 atas PSG dalam leg pertama di Parc des Princes. Barcelona tampil penuh percaya diri saat leg kedua yang berlangsung di kandang sementara mereka, Estadio Olimpic Lluis Companys, pada 16 April 2024.

Barcelona makin optimis setelah Raphinha membuka keunggulan Barcelona atas PSG pada babak pertama menit ke-12. Namun, situasi tiba-tiba berubah setelah Ronald Araujo dihukum kartu merah usai menjatuhkan Bradley Barcola pada menit ke-29. PSG memanfaatkan kondisi tersebut dengan mencetak empat gol balasan melalui Ousmane Dembele, Vitinha, dan dua gol dari Kylian Mbappe. Les Parisiens berhasil lolos ke semifinal UCL setelah unggul agregat 6-4. 

PSG dan Barcelona telah bertemu sebanyak 15 kali di Liga Champions Eropa. Kedua klub tersebut kini memiliki rekor yang cukup imbang. Barcelona masih unggul dengan 6 kali menang, sementara PSG 5 kali, sisa 4 pertandingan berakhir seri. Barcelona total telah mencetak 28 gol, sedangkan PSG 27 gol. Les Parisiens membuktikan mampu membuat klub sekelas Barcelona kesulitan di UCL setiap kali bertemu di babak gugur. Mampukah PSG merengkuh gelar juara pertamanya di Liga Champions Eropa? Patut dinanti.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Pernah Membawa Borussia Dortmund ke Semifinal UCL

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya