3 Pelatih Jebolan Hennes-Weisweiler Academy yang Pernah Juara UCL

Kualitas mereka sudah sangat terbukti

Jerman tidak hanya dikenal sebagai negara penghasil pemain berbakat, tetapi juga pelatih top dunia. Hal tersebut tidak lepas dari peran asosiasi sepak bola Jerman yang membina para pelatih berbakat lewat Hennes-Weisweiler Academy. Hennes-Weisweiler Academy atau biasa disebut Die Akademie merupakan sekolah khusus untuk pelatih sepak bola dengan standar tinggi yang berdiri pada 1947. Mereka yang lulus dari Hennes-Weisweiler Academy akan mendapat gelar Fußball-Lehrer yang artinya Guru Besar Sepak Bola.

Beberapa pelatih top Jerman merupakan lulusan terbaik akademi Henns-Weisweiler. Mereka sudah meraih berbagai prestasi mentereng, baik di level domestik maupun kontinen. Seperti tiga pelatih ini yang sukses membawa klubnya meraih gelar juara Liga Champions Eropa.

1. Hansi Flick sukses meraih enam gelar juara bersama Bayern Muenchen

3 Pelatih Jebolan Hennes-Weisweiler Academy yang Pernah Juara UCLHansi Flick (fcbayern.com)

Hansi Flick menyelesaikan studinya di Hennes-Weisweiler Academy pada tahun 2003. Ia memulai langkahnya dengan bekerja sebagai asisten pelatih Timnas Jerman di bawah Joachim Loew. Flick baru menjadi pelatih utama ketika menggantikan Niko Kovac yang dipecat oleh Bayern Muenchen pada 2019.

Ternyata, langkah tersebut terbukti berhasil baik bagi Flick ataupun Bayern Muenchen. Pasalnya, Flick sukses membawa Bayern Muenchen meraih sextuple, termasuk gelar juara Liga Champions Eropa 2020. Sayangnya, Flick gagal ketika melatih Timnas Jerman. Ia dipecat pada September 2023.

2. Thomas Tuchel persembahkan gelar UCL ke-2 bagi Chelsea

3 Pelatih Jebolan Hennes-Weisweiler Academy yang Pernah Juara UCLThomasn Tuchel (chelseafc.com)

Thomas Tuchel menerima gelar Fußball-Lehrer setelah lulus dari Hennes-Weisweiler Academy pada 2006. Ia masih melatih tim cadangan FC Augsburg saat itu. Tuchel lalu memulai perjalanan kariernya sebagai manajer FSV Mainz 05 pada 2009.

Karier Tuchel makin menanjak ketika menangani klub-klub besar, seperti Borussia Dortmund, Paris Saint-Germain (PSG), dan Chelsea. Kesuksesan terbesarnya sejauh ini saat sukses membawa Chelsea meraih gelar juara Liga Champions Eropa kedua pada 2020/2021. Tuchel kini menukangi Bayern Muenchen menggantikan Julian Nagelsman pada Maret 2023.

3. Jurgen Klopp sukses membawa Liverpool merajai Eropa pada 2018/2019

3 Pelatih Jebolan Hennes-Weisweiler Academy yang Pernah Juara UCLJurgen Klopp meraih gelar juara. UCL 2021/2022

Jurgen Klopp mendapatkan gelar Fußball-Lehrer pada 2004. Ia juga berhasil membawa FSV Mainz 05 promosi ke Bundesliga Jerman pada tahun yang sama. Selain itu, Klopp sukses merusak dominasi Bayern Muenchen ketika membawa Borussia Dortmund meraih titel juara Bundesliga Jerman pada 2010--2012. 

Kehebatan Klopp mampu ia tunjukkan saat menangani Liverpool pada Oktober 2015. Ia sukses menjuarai Liga Champions Eropa pada 2018/2019. Tidak hanya itu, Klopp berhasil mengakhiri paceklik gelar English Premier League (EPL) Liverpool saat menjadi juara pada 2019/2020.

Masih ada beberapa pelatih hebat lainnya yang juga alumnus Hennes-Weisweiler Academy, seperti Julian Nagelsman, Dominico Tedesco, dan Roger Schmidt. Kesuksesan tiga pelatih di atas menunjukkan bahwa Jerman sukses mengorbitkan banyak pelatih hebat lewat Hennes-Weisweiler Academy. Hal ini menimbulkan pertanyaan siapa yang lulusan Hennes-Weisweiler Academy selanjutnya yang akan menjadi pelatih elite? Menarik untuk disimak.

Baca Juga: 5 Pelatih Paling Senior di Premier League 2023/2024, Ada Juergen Klopp

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya