3 Pemain Asing Barcelona dengan Jumlah Penampilan Terbanyak

Hanya satu yang dari Eropa

FC Barcelona merupakan klub dengan kekayaan sejarah dan trofi bergengsi sejak berdiri pada 29 November 1899. Tidak heran banyak pesepak bola dari berbagai penjuru dunia bermimpi untuk membela Barcelona dalam kariernya. El Barca sendiri memiliki sejumlah pemain dari luar Spanyol yang berhasil menciptakan sejarah dan rekor apik.

Beberapa pemain asing itu berasal dari pembinaan akademi, La Masia, tetapi sebagian besar didatangkan saat bursa transfer musim panas atau dingin. Dari banyaknya pemain luar Spanyol yang membela Barcelona, sebagian dari mereka berhasil mengukir rekor penampilan terbanyak bersama Barcelona. Tercatat, tiga pemain asing berikut memiliki catatan luar biasa tersebut.

1. Lionel Messi mengoleksi 778 penampilan bersama Barcelona di semua kompetisi

3 Pemain Asing Barcelona dengan Jumlah Penampilan TerbanyakLionel Messi (uefa.com)

Lionel Messi merupakan salah satu pemain asing terbaik yang menempuh karier dari La Masia. Ia didatangkan dari akademi Newell's Old Boys ketika masih berusia 11 tahun. Messi kemudian mendapat kesempatan debut ketika Barcelona ditangani manajer asal Belanda, Frank Rijkard, pada 16 November 2003.

Pemain asal Argentina itu meroket performanya ketika dilatih Pep Guardiola pada periode 2008--2012. Ia sukses menjadi pemain terbaik di dunia dengan segudang prestasi secara individu dan tim. Messi sendiri mengoleksi 778 penampilan dengan torehan 672 gol dan 303 assist di semua kompetisi bersama Barcelona. Ia memutuskan meninggalkan Barcelona pada musim panas 2021.

2. Marc-Andre ter Stegen telah bermain dalam 409 laga bersama Barcelona

3 Pemain Asing Barcelona dengan Jumlah Penampilan TerbanyakMarc-Andre ter Stegen (fcbarcelona.com)

Marc-Andre ter Stegen mencuri perhatian publik sepak bola dunia ketika tampil memukau bersama Borussia Monchengladbach pada periode 2010--2014. Ia mencatat 127 penampilan dengan rekor 45 kali nirbobol. Ter Stegen memutuskan merantau ke Spanyol untuk membela Barcelona pada musim panas 2014.

Kiper asal Jerman itu awalnya harus berbagi penampilan dengan Claudio Bravo pada 2014--2016. Ia akhirnya terpilih sebagai kiper nomor satu Barcelona setelah Bravo hengkang ke Manchester City pada musim panas 2016. Ter Stegen berhasil mengukir rekor apik bersama Barcelona dengan bermain dalam 409 laga dan mencatat 171 clean sheet. Ia masih berpeluang menambah koleksi penampilannya di Barcelona sebab kontrak ter Stegen masih berlaku sampai Juni 2028.

3. Dani Alves tampil dalam 408 pertandingan di Barcelona

3 Pemain Asing Barcelona dengan Jumlah Penampilan TerbanyakDani Alves (uefa.com)

Dani Alves memulai perjalanan kariernya di Eropa ketika bergabung dengan Sevilla dari EC Bahia pada Januari 2003. Ia sukses menampilkan permainan impresif bersama Sevilla dengan total mencetak 16 gol dan 30 assist dari 246 pertandingan di semua kompetisi. Barcelona yang tertarik menggunakan jasa Alves berhasil mendatangkannya pada musim panas 2008.

Ia menjelma salah satu bek kanan terbaik Eropa dengan gaya permainannya yang agresif, kecepatan larinya, tendangan keras, serta visi permainan. Alves mampu menjadi bagian penting dalam skema permainan tiki-taka selama Barcelona dilatih Pep Guardiola. Ia sempat meninggalkan Barcelona pada musim panas 2016 dan kembali lagi pada Januari 2022. Alves total tampil dalam 408 pertandingan dengan menorehkan 22 gol serta 105 assist di semua kompetisi.

Ketiga pemain asing di atas akan selalu dikenang sebagai legenda bagi fans dan manajemen Barcelona. Mereka telah memberikan segalanya untuk menghadirkan prestasi kepada Barcelona. Selain ketiga pemain di atas, beberapa pemain asing yang mendapat respek dari fans karena kontribusinya selama membela Barcelona, antara lain Luis Suarez, Samuel Eto'o, dan Ronaldinho.

Baca Juga: Dani Alves Terbukti Lakukan Pemerkosaan, Divonis 4,5 Tahun Penjara

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya