5 Pemain Asing dengan Jumlah Gol Terbanyak bagi Atletico Madrid

Ada dua yang masih aktif bermain

Atletico Madrid pernah memiliki sejumlah pemain asing yang berkontribusi besar bagi prestasi klub. Para pemain yang datang dari berbagai negara tersebut punya perjalanan karier yang berbeda-beda selama membela Los Colchoneros. Beberapa ada yang mengukir sejarah saat sebagian yang lainnya sudah dilupakan fans.

Meski begitu, lima pemain asing ini akan selamanya diingat fans sebagai pencetak gol paling banyak bagi Atletico Madrid. Kelima pemain ini juga turut serta dalam pencapaian Los Colchoneros ketika meraih gelar juara bergengsi. Meski masih ada yang aktif bermain untuk Atletico Madrid, fans telah menaruh respek terhadap kontribusi yang mereka berikan untuk klub.

1. Angel Correa selalu memberikan kontribusi tiap kali bermain

5 Pemain Asing dengan Jumlah Gol Terbanyak bagi Atletico MadridAngel Correa (en.atleticodemadrid.com)

Angel Correa kerap kali dianggap sebelah mata oleh media dan fans. Ia memang bukan pemain yang rajin mencetak gol atau assist di tiap pertandingan. Akan tetapi, etos kerja serta komitmennya terhadap klub patut mendapatkan rasa hormat dari fans.

Correa sudah membela Los Colchoneros sejak Januari 2015. Ia didatangkan dari San Lorenzo ketika usianya masih 19 tahun. Correa total sudah mencetak 72 gol dan 58 assist dari 387 pertandingan di semua kompetisi per 15 November 2023.

Ia termasuk pemain asing kelima yang paling subur selama membela Atletico Madrid. Selain itu, winger asal Argentina itu telah membawa Los Colchoneros meraih berbagai gelar juara bergengsi, seperti titel juara LaLiga Spanyol 2020/2021, Liga Europa 2017/2018, dan Piala Super Eropa 2018. Correa masih berpeluang menambah jumlah gol dan assist karena kontraknya akan habis pada 30 Juni 2026.

2. Hugo Sanchez memulai perjalanannya di Eropa bersama Atletico Madrid

5 Pemain Asing dengan Jumlah Gol Terbanyak bagi Atletico MadridHugo Sanchez (laliga.com)

Hugo Sanchez lebih identik dengan Real Madrid ketimbang Atletico Madrid. Ia mencapai puncak kariernya ketika membela Los Blancos dengan torehan 199 gol dari 267 pertandingan di semua kompetisi pada periode 1985--1992. Namun, perjalanan karier Sanchez di Eropa dimulai ketika ia menjalani masa peminjaman bersama Atletico Madrid dari UNAM Pumas pada musim panas 1981.

Ia tampil cukup impresif dengan torehan 11 gol dari 26 penampilan di seluruh impresif pada 1981/1982. Sanchez kemudian dipermanenkan Los Colchoneros pada Juli 1982. Pemain asal Meksiko itu total menorehkan 75 gol dari 150 pertandingan di semua ajang selama membela Atletico Madrid. Sanchez turut memberikan kontribusi saat membawa Atletico Madrid meraih gelar juara Copa del Rey pada 1984/1985.

Baca Juga: 5 Pemain Atletico Madrid 2023 yang Belum Meraih Gelar Liga Domestik

3. Diego Forlan mencapai puncak kariernya saat membela Los Colchoneros

5 Pemain Asing dengan Jumlah Gol Terbanyak bagi Atletico MadridDiego Forlan (uefa.com)

Diego Forlan membuktikan kepada Manchester United bahwa ia bisa menjadi pemain hebat meski flop saat bermain di Inggris. Pemain asal Uruguay itu membangun reputasinya sebagai striker tajam ketika bermain untuk Villarreal pada periode 2004--2007. Ia mencetak 59 gol dari 126 pertandingan di semua kompetisi.

Forlan mencapai puncak kariernya ketika membela Atletico Madrid pada periode 2007--2011. Ia berhasil mencetak 96 gol dan 31 assist dari 198 pertandingan di seluruh kompetisi. Forlan memiliki kontribusi besar saat Los Colchoneros meraih gelar juara Liga Europa pada 2009/2010. Ia mencetak 6 gol dari 9 pertandingan di Liga Europa pada saat itu.

4. Sergio Aguero menjadi legenda bagi Atletico Madrid dan Manchester City

5 Pemain Asing dengan Jumlah Gol Terbanyak bagi Atletico MadridSergio Aguero (uefa.com)

Sergio Aguero sukses membentuk kerja sama apik dengan Diego Forlan selama membela Atletico Madrid. Ia bersama Forlan menjadi bagian kesuksesan Los Colchoneros dalam meraih Liga Europa 2009/2010 dan Piala Super Eropa 2010. Aguero total mencetak 101 gol dan 45 assist dari 234 laga selama membela Atletico Madrid pada periode 2006--2011. Ia diakui sebagai salah satu legenda Atletico Madrid berkat kontribusinya kepada prestasi klub.

Pemain asal Argentina itu kemudian pindah kepada Manchester City pada musim panas 2011. Ia juga menjadi legenda The Citizens dengan menjadi top skor sepanjang masa klub dengan torehan 260 gol dan 73 assist dari 390 pertandingan. Sayangnya, Aguero harus mengakhiri kariernya setelah mengalami masalah kesehatan ketika bermain untuk Barcelona pada 2021/2022.

5. Antoine Griezmann mengukir namanya sebagai top skor sepanjang masa

5 Pemain Asing dengan Jumlah Gol Terbanyak bagi Atletico MadridAntoine Griezmann (en.atleticodemadrid.com)

Antoine Griezmann telah mengembalikan reputasinya sebagai pemain legenda bagi Atletico Madrid. Ia sempat pindah ke Barcelona pada musim panas 2019. Namun, kariernya malah menurun dengan hanya mencetak 35 gol dan 17 assist dari 102 laga di semua kompetisi. 

Griezmann akhirnya mendapatkan kesempatan memulihkan kariernya dengan kembali ke Atletico Madrid sebagai pemain pinjaman selama setahun pada musim panas 2021. Namun, ia tidak langsung diterima fans yang telanjur kecewa dengan keputusannya membelot kepada Barcelona. Griezmann akhirnya berhasil memperbaiki performanya dengan menorehkan 15 gol dan 17 assist dalam 38 pertandingan LaLiga Spanyol.

Griezmann sejauh ini sudah mencetak 169 gol dan 77 assist dari 357 laga di semua kompetisi per 22 November 2023. Ia telah memantapkan dirinya sebagai top skor sepanjang masa Atletico Madrid sekaligus pemain asing dengan jumlah gol terbanyak. Pemain asal Prancis itu masih berpeluang menambah jumlah golnya karena kontraknya akan berakhir pada 30 Juni 2026. Griezmann juga telah berkontribusi dalam raihan gelar juara Piala Super Spanyol 2014, Liga Europa 2017/2018, dan Piala Super Eropa 2018 untuk Atletico Madrid.

Kelima pemain di atas memiliki perjalanan karier yang luar biasa bersama Atletico Madrid. Mereka akan selalu diingat fans sebagai pemain asing dengan sumbangsih luar biasa kepada pencapaian klub. Hanya ada dua nama dari daftar di atas yang masih aktif bermain untuk Atletico Madrid, yakni Correa dan Griezmann. Keduanya berpeluang meraih prestasi, baik secara individu maupun tim.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Atletico Madrid Jebolan Akademi Real Madrid

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya