Kiprah 3 Pemain Brasil di Laga Arsenal vs Liverpool EPL Pekan Ke-23

Kinerja mereka memengaruhi performa klub

Intinya Sih...

  • Arsenal mengalahkan Liverpool 3-1, membuka peluang juara Premier League.
  • Gabriel Magalhaes mencetak gol bunuh diri, Gabriel Martinelli menjadi man of the match dengan performa impresif.
  • Alisson Becker tampil di bawah standar, kurangnya komunikasi dengan Van Dijk menyebabkan Arsenal mencetak gol kemenangan.

Arsenal sukses mengakhiri 15 laga tanpa kekalahan milik Liverpool ketika menang 3-1 di Emirates Stadium pada 4 Februari 2024. Peluang The Gunners untuk meraih gelar juara Premier League kembali terbuka dengan tambahan tiga poin. Posisi mereka kini berada di peringkat ke-3 dengan koleksi 49 poin, selisih dua angka saja dari Liverpool yang masih berada di peringkat teratas lewat raihan 51 poin.

Laga Arsenal kontra Liverpool menciptakan sejumlah hal menarik sepanjang 90 menit. Misalnya, para pemain Brasil yang terlibat dalam proses gol bagi kedua tim. Kinerja tiga pemain Brasil ini layak mendapat sorotan. Sebab, ketiganya memiliki peran krusial dalam proses gol bagi kedua tim.

1. Gabriel Magalhaes mencetak gol bunuh diri

Kiprah 3 Pemain Brasil di Laga Arsenal vs Liverpool EPL Pekan Ke-23Gabriel Magalhaes (arsenal.com)

Gabriel Magalhaes tampil sebagai bek tengah Arsenal bersama William Saliba sejak awal pertandingan. Ia menorehkan penampilannya yang ke-21 di Premier League pada 2023/2024. Sayangnya, ketidakberuntungan menghampiri Gabriel dalam pertandingan kontra Liverpool.

Ia malah mencetak gol bunuh diri akibat salah mengantisipasi tendangan Luis Diaz. Gol bunuh diri itu membuat kedudukan menjadi 1-1 pada pengujung babak pertama. Secara keseluruhan, permainan Gabriel tampil tidak terlalu istimewa. Dilansir Fotmob, Gabriel hanya mendapat nilai 6,3 atas performanya dalam laga ini.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dapat Menjadi Proyek Jangka Panjang Arsenal

2. Gabriel Martinelli membawa Arsenal unggul lewat torehan golnya

Kiprah 3 Pemain Brasil di Laga Arsenal vs Liverpool EPL Pekan Ke-23Gabriel Martinelli (arsenal.com)

Gabriel Martinelli kembali terpilih sebagai starter dalam pertandingan kontra Liverpool di Premier League pekan ke-23. Ia beroperasi di posisi sayap kiri dalam skema 4-3-3 yang diusung oleh manajer Arsenal, Mikel Arteta. Martinelli menjawab kepercayaan Arteta dengan bermain luar biasa selama 90 menit.

Martinelli mencetak satu gol yang membawa Arsenal unggul atas Liverpool menjadi 2-1 pada babak kedua menit ke-67. Ia memanfaatkan kesalahan Virgil van Dijk dan Alisson Becker dengan merebut bola dan memasukannya ke gawang yang kosong. Secara statistik, performa Martinelli sangat mengesankan.

Dilansir Fotmob, Martinelli menyentuh bola 33 kali dengan 4 di antaranya berada di kotak penalti. Persentase kesuksesan dribelnya mencapai 67 persen dan operannya 84 persen. Martinelli juga aktif melakukan dua tembakan dengan satu di antaranya menjadi gol. Maka dari itu, Martinelli terpilih sebagai man of the match dengan nilai 8,3.

3. Alisson Becker bikin kesalahan fatal

Kiprah 3 Pemain Brasil di Laga Arsenal vs Liverpool EPL Pekan Ke-23Alisson Becker (liverpoolfc.com)

Alisson Becker seperti biasanya menjadi penjaga gawang utama Liverpool dalam pertandingan Premier League khususnya menghadapi lawan-lawan sulit seperti Arsenal. Ia didampingi oleh Virgil van Dijk dan Ibrahima Konate yang berduet sebagai bek tengah. Namun, Alisson menampilkan performa yang tidak biasa.

Kurangnya komunikasi antara kiper asal Brasil dengan van Dijk bikin Arsenal berhasil menciptakan gol kedua dalam pertandingan ini. Ia hendak keluar dari kotak penalti untuk menyapu bola usai van Dijk menang duel fisik dengan Martinelli. Sayangnya, Alisson dan van Dijk saling menabrak sehingga Martinelli mampu merebut bola dan menorehkan gol kedua bagi Arsenal.

Ketiga pemain Brasil ini masih akan terus bersaing secara ketat bersama klubnya untuk menjuarai Premier League pada 2023/2024. Mereka termasuk salah satu pemain penting yang menjadi langganan starter baik di Arsenal maupun Liverpool. Jika ketiga pemain ini mendapat panggilan dari Timnas Brasil, mereka akan menjadi rekan satu tim saat Copa America 2024.

Baca Juga: Hanya 3 Faktor Ini yang Bisa Bikin Liverpool Kalah di EPL 2023/2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya