6 Pemain Chelsea yang Pernah Mencetak Perfect Hattrick di EPL

Torehan yang sulit ditaklukkan

Chelsea dikenal memiliki penyerang tajam dari masa ke masa. Baik yang berposisi sebagai seorang striker, penyerang sayap, maupun gelandang serang mampu menjadi pencetak gol andalan The Blues. Sebagian dari mereka sukses mengukir sejarah melalui rekor gol seperti hattrick alias tiga gol dalam satu pertandingan.

Sebagian besar penyerang papan atas yang pernah Chelsea miliki pernah mencetak hattrick. Namun, tidak banyak yang berhasil menorehkan perfect hattrick atau trigol sempurna, yaitu mencetak gol dengan kepala, kaki kanan, serta kaki kiri dalam satu pertandingan. Tercatat, hanya enam pemain Chelsea ini yang pernah menorehkan perfect hattrick di English Premier League (EPL).

1. Gianluca Vialli mencetak perfect hattrick di EPL pada Agustus 1997

6 Pemain Chelsea yang Pernah Mencetak Perfect Hattrick di EPLGiancluca Vialli (chelseafc.com)

Gianluca Vialli datang ke Chelsea saat memasuki masa-masa terakhirnya berkarier sebagai pemain. Meski begitu, ketajamannya sebagai seorang striker selama bermain di Serie A Italia tetap mampu ia tunjukkan di Inggris bersama Chelsea. Salah satu momen fantastis yang Vialli ciptakan ketika mencetak quattrick atau empat gol dalam satu laga saat menghadapi Barnsley pada Agustus 1997.

Hebatnya lagi, Vialli berhasil merobek gawang Barnsley dengan kaki kanan dan kiri serta kepalanya. Ia menciptakan sejarah sebagai pemain Chelsea pertama yang menorehkan quattrick sekaligus perfect hattrick sejak Liga Inggris menggunakan format EPL. Vialli total bermain dalam 87 laga dengan torehan 40 gol serta 5 assist di semua kompetisi selama 3 tahun membela Chelsea sebagai pemain.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Mencetak 20 Gol dalam 1 Musim EPL, Ada Palmer

2. Jimmy Floyd Hasselbaink cetak trigol sempurna ke gawang Tottenham pada 2002

6 Pemain Chelsea yang Pernah Mencetak Perfect Hattrick di EPLJimmy Floyd Hasselbaink (chelseafc.com)

Jimmy Floyd Hasselbaink pernah menjadi striker andalan Chelsea pada medio 2000--2004. Ia beberapa kali menciptakan momen luar biasa di EPL bersama The Blues. Salah satunya ketika Chelsea menaklukan Tottenham Hotspur dengan skor 4-0 pada Maret 2002.

Hasselbaink menjadi pahlawan kemenangan The Blues lewat torehan hattrick. Ketiga gol tersebut dicetak dengan cara yang fantastis. Hasselbaink melepaskan tendangan melengkung dari sisi kiri pertahanan Tottenham dengan kaki kanannya saat menorehkan gol pertama. Ia kemudian menyundul bola dengan sempurna setelah menerima umpan lambung dari Jesper Gronkjaer. Hasselbaink menutup trigolnya dengan tendangan melengkungnya dari sisi kanan melalui kaki kirinya.

3. Salomon Kalou bikin perfect hattrick saat Chelsea membantai Stoke City pada 2010

6 Pemain Chelsea yang Pernah Mencetak Perfect Hattrick di EPLSalomon Kalou (chelseafc.com)

Salomon Kalou turut membantu Chelsea meraih kemenangan besar 7-0 kontra Stoke City pada April 2010. Ia yang bermain sebagai penyerang sayap kanan mampu mencetak perfect hattrick dalam laga tersebut. Kalou menjadi pemain asal Afrika pertama yang menorehkan trigol sempurna bagi Chelsea di EPL.

Gol pertamanya tercipta usai menyundul bola hasil umpan silang dari Didier Drogba. Kalou kemudian memanfaatkan bola muntah dari sepakan Frank Lampard lewat tendangan tap-in dengan kaki kanannya. Ia menyempurnakan torehan hattrick dengan sepakan kaki kirinya setelah melakukan penetrasi dari sisi kanan pertahanan Stoke City.

4. Didier Drogba menutup perjalanan Chelsea di EPL dengan trigol sempurna pada Mei 2010

6 Pemain Chelsea yang Pernah Mencetak Perfect Hattrick di EPLDidier Drogba (chelseafc.com)

Didier Drogba mengakhiri musim fantastis Chelsea dengan torehan perfect hattrick saat menghabisi Wigan Athletic 8-0 pada Mei 2010. The Blues saat itu sudah mengunci gelar juara EPL 2009/2010. Drogba bahkan menjadi top skor EPL dengan torehan 29 gol.

Penyerang asal Pantai Gading ini mengawali torehan perfect hattrick dengan menyundul bola setelah menerima umpan dari Frank Lampard. Drogba lalu mengeksekusi tendangan penalti dengan sempurna lewat kaki kanannya. Ia kemudian melengkapi trigolnya melalui sepakan tap-in dengan kaki kirinya.

5. Christian Pulisic menciptakan perfect hattrick di kandang Burnley pada Oktober 2019

6 Pemain Chelsea yang Pernah Mencetak Perfect Hattrick di EPLChristian Pulisic (premierleague.com)

Christian Pulisic mengawali perjalanan kariernya bersama Chelsea dengan catatan yang cukup impresif. Ia mampu menorehkan 9 gol dan 4 assist dari 25 pertandingan EPL pada 2019/2020. Salah satu laga terbaik Pulisic ketika mencetak perfect hattrick kontra Burnley pada Oktober 2019.

Penyerang sayap asal Amerika Serikat itu membuka keunggulan The Blues lewat sepakan kaki kirinya setelah menusuk masuk ke kotak penalti. Pulisic kemudian menggandakan keunggulan Chelsea melalui tendangan kaki kanannya. Ia menyempurnakan trigolnya melalui sundulan dari umpan silang Mason Mount. Chelsea menang dengan skor 4-2 melawan Burnley pada laga tersebut.

6. Cole Palmer tampil tajam dengan trigo sempurna melawan Everton pada April 2024

6 Pemain Chelsea yang Pernah Mencetak Perfect Hattrick di EPLCole Palmer (twitter.com/ChelseaFC)

Cole Palmer menjadi salah satu pembelian terbaik Chelsea pada musim panas 2023. Sebab, jebolan akademi Manchester City itu terus mengangkat performa The Blues melalui torehan golnya. Ia bahkan sudah mencetak hattrick sebanyak dua kali pada 2023/2024.

Hebatnya lagi, trigol keduanya tercipta dengan sempurna saat membantai Everton 6-0 pada April 2024. Palmer membuka keunggulan The Blues dengan sepakan melengkung lewat kaki kirinya. Ia lalu mencetak gol keduanya dengan menyundul bola muntah hasil sepakan Nicolas Jackson yang ditepis kiper Everton, Jordan Pickford.

Palmer kemudian memanfaatkan kesalahan Pickford dengan sepakan kaki kanannya dari luar kotak penalti saat menorehkan hattrick. Ia menutup performa apiknya lewat eksekusi tendangan penalti yang sempurna. Palmer menjadi pemain kedua yang mampu menciptakan perfect hattrick sekaligus quattrick dalam sejarah Chelsea setelah Gianluca Vialli.

Keenam pemain di atas berhasil menciptakan sejarah bagi Chelsea melalui torehan perfect hattrick di EPL. Pencapaian mereka terbilang sulit diulang pemain Chelsea lain. Sebab, menciptakan tiga gol dengan kaki kanan dan kiri serta kepala bukan perkara mudah. Itulah mengapa torehan keenam pemain di atas begitu spesial bagi The Blues.

Baca Juga: 3 Pemain Chelsea yang Pernah Mencetak Quattrick di Premier League

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya