3 Pemain Chili Tersubur dalam Sejarah Serie A Italia

Hanya satu yang masih aktif bermain di Italia

Serie A Italia punya segudang talenta hebat yang berasal dari benua Amerika Selatan, tak terkecuali Chili. Para talenta asal Chili mampu menunjukkan ketajamannya, baik untuk klub-klub papan atas maupun papan tengah kasta tertinggi Liga Italia tersebut.

Setidaknya, ada tiga pemain Chili yang memiliki catatan gol terbanyak dalam sejarah Serie A Italia. Dari ketiga pemain Chili ini, dua di antaranya pernah menjuarai Serie A Italia bersama klub-klub papan atas. Bahkan, torehan gol mereka masuk dalam sejarah Serie A Italia sebagai pemain asing asal Amerika Selatan paling produktif.

1. Rekor Mauricio Pinilla sebagai pemain Chili paling produktif masih bertahan

https://www.youtube.com/embed/N7PGN7QbWQ8

Mauricio Pinilla mengawali kariernya di benua Eropa bersama Inter Milan pada musim panas 2003. Ia didatangkan dari Universidad de Chile dengan harga 2,8 juta euro atau Rp47 miliar. Pinilla sempat dipinjamkan kepada Chievo Verona dan Celta Vigo pada 2003/2004. Inter Milan melepas Pinilla kepada Sporting Lisbon pada musim panas 2004. Ia kemudian berpindah-pindah klub sebelum kembali ke Italia bersama Grosseto pada musim panas 2009.

Pinilla lalu bergabung dengan sejumlah klub Serie A Italia lainnya, mulai dari Cagliari, Palermo, Genoa, hingga Atalanta medio 2009--2017. Ia total mencetak 47 gol dalam 166 penampilan merumput di panggung Serie A Italia. Pinilla lalu kembali ke Universidad de Chile pada musim panas 2017 sebelum memutuskan gantung sepatu di Coquimbo Unido pada 2021.

Baca Juga: 5 Kemenangan Napoli atas Juventus di Laga Kandang Serie A Italia

2. Arturo Vidal mencatat 37 gol bersama dua klub papan atas Serie A Italia

https://www.youtube.com/embed/1tbxcwklU28

Arturo Vidal memulai perjalanannya di Serie A Italia ketika bergabung dengan Juventus dari Bayer Leverkusen pada musim panas 2011. Ia sukses menuai kesuksesan selama membela Juventus dengan meraih empat gelar juara Serie A Italia dan menjadi runner up Liga Champions Eropa 2014/2015. Vidal kemudian kembali ke Jerman untuk membela panji Bayern Muenchen selama 3 tahun dan sempat memerkuat Barcelona medio 2018--2020.

Ia kembali ke Serie A Italia untuk bermain bersama Inter Milan pada 2020/2021. Vidal kembali meraih gelar juara Serie A Italia berama I Nerrazzuri pada musim tersebut. Inter Milan menjadi klub Serie A terakhir Vidal sebelum bergabung dengan Flamengo pada musim panas 2022. Secara total, Vidal punya koleksi 37 gol dan 25 assist dalam 175 laga di Serie A Italia selama membela Juventus dan Inter Milan. Catatan tersebut terbilang impresif untuk ukuran pemain yang berposisi sebagai seorang gelandang.

3. Alexis Sanchez sukses menyamai rekor Arturo Vidal dengan koleksi 37 gol

3 Pemain Chili Tersubur dalam Sejarah Serie A ItaliaAlexis Sanchez (legaseriea.it)

Alexis Sanchez mengawali sepak terjangnya di Eropa bersama Udinese pada musim panas 2006. Namun, ia baru menjadi pemain reguler Udinese setelah melalui dua kali masa peminjaman bersama Colo-Colo dan River Plate. Performa gemilang Sanchez di Udinese mengundang perhatian dari klub-klub top Eropa. Ia akhirnya memilih bergabung dengan Barcelona pada musim panas 2012.

Sanchez mencapai puncak kariernya ketika menjadi bintang Arsenal periode Juli 2014--Januari 2018. Sayangnya, kariernya sempat menurun ketika memutuskan gabung ke Manchester United. Ia kembali membangun reputasinya sebagai pemain top dunia ketika membela Inter Milan pada 2019--2022. Di sana, ia Sanchez sukses mempersembahkan gelar juara Serie A Italia 2020/2021 dan Coppa Italia 2021/2022. Ia sempat bermain untuk Olympique Marseille pada 2022/2023 sebelum pulang lagi ke Inter Milan pada musim panas 2023.

Kini, Alexis Sanchez memang tidak bermain secara reguler di starting line up Inter Milan. Namun, dirinya tetap mampu memberikan kontribusi berupa gol atau assist. Salah satunya ketika Inter Milan menang atas Genoa pada Serie A pekan ke-27, 4 Maret 2024. Kala itu, Sanchez menyumbang satu gol melalui tendangan penalti. Gol tersebut membuatnya menyamai rekor Arturo Vidal sebagai pemain Chile paling produktif di Serie A Italia dengan total koleksi 37 gol dalam 188 pertandingan.

Dari ketiga pemain di atas, hanya Alexis Sanchez yang masih berpeluang menambah rekornya sebagai pemain Chile tersubur di Serie A Italia. Ia masih terikat kontrak dengan Inter Milan sampai akhir 2023/2024.

Chile sendiri belum memiliki talenta muda lainnya yang bersinar di Serie A Italia. Rekam jejak ketiga pemain di atas bisa menjadi inspirasi bagi para pemain muda asal Chile untuk memilih mengembangkan kariernya di Serie A Italia.

Baca Juga: 3 Striker Asing Inter Milan dengan 100 Gol di Serie A

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya