5 Pemain Impian Juergen Klopp yang Tak Kesampaian Dibeli Liverpool

Klopp hanya bisa legowo atas kegagalan ini

Beberapa pemain impian Juergen Klopp yang tak kesampaian dibeli Liverpool menjadi salah satu cerita menarik di balik keputusan sang manajer meninggalkan klub pada akhir 2023/2024. Klopp pernah meminta kepada manajemen Liverpool untuk membeli para pemain berkualitas di posisi yang dibutuhkan. Akan tetapi, berbagai alasan akhirnya menggagalkan transfer tersebut.

Faktor-faktor seperti batalnya kesepakatan harga, gaji, dan gagal tes medis menjadi alasan kegagalan Liverpool mendatangkan pemain yang diinginkan oleh Klopp. Setidaknya ada lima pemain impian Juergen Klopp yang tak kesampaian dibeli Liverpool.

1. Harga Ben Chilwell diniliai terlalu mahal

5 Pemain Impian Juergen Klopp yang Tak Kesampaian Dibeli LiverpoolBen Chilwell (lcfc.com)

Bek kiri Leicester City, Ben Chilwell, menjadi salah satu pemain impian Juergen Klopp yang tak kesampaian dibeli Liverpool. Hal tersebut terjadi pada bursa transfer musim panas 2016. Liverpool yang baru saja kalah 1-3 atas Sevilla di final Liga Europa melihat ada masalah di sektor bek kiri yang kala itu diperkuat Alberto Moreno.

Klopp membutuhkan pemain yang dapat bertahan dan menyerang sama baiknya serta memiliki akurasi umpan silang tajam. Chilwell dinilai memiliki potensi besar untuk memenuhi kriteria yang diinginkan Klopp. Terlebih lagi, usianya saat itu masih 17 tahun dan ikut membawa Leicester City meraih gelar juara English Premier League (EPL) 2015/2016.

Akan tetapi, tawaran 7 juta pound sterling atau Rp139 plus tambahan ditolak pihak Leicester City. The Fox menginginkan 10 juta pound sterling atau Rp198 miliar plus tambahan. Harga tersebut dinilai terlalu mahal bagi Liverpool. Alhasil, The Reds tidak jadi membeli Chilwell. Liverpool bahkan tidak membeli bek kiri lainnya dan malah memainkan James Milner yang biasa menjadi gelandang sebagai bek kiri.

2. Tawaran Liverpool untuk Piotr Zielinski ditolak Udinese

5 Pemain Impian Juergen Klopp yang Tak Kesampaian Dibeli LiverpoolPiotr Zielinski (legaseriea.it)

Piotr Zielinski dinilai sebagai salah satu gelandang berbakat yang tampil impresif selama menjalani masa peminjaman di Empoli pada 2015/2016. Juergen Klopp tertarik mendatangkannya ke Liverpool pada bursa transfer musim panas 2016. Zielinski menceritakan dirinya dan Klopp sudah bertemu untuk membahas terkait potensi kerja sama di Liverpool. Klopp mengatakan ingin Zielinski bergabung bersama timnya.

Namun, negosiasi antara Liverpool dan Udinese tidak mencapai kesepakatan terkait harga sang pemain. Tawaran 10 juta pound sterling atau Rp198 miliar ditolak oleh pemilik Udinese, Giampaolo Pozzo. Napoli kemudian ikut memberikan tawaran kepada Udinese untuk mendatangkan Zielinski. Udinese lebih setuju dengan proposal Napoli sehingga transfer sang pemain akhirnya terealisasi. Liverpool sebagai gantinya membeli Georginio Wijnaldum dari Newcastle United dengan harga 25 juta pound sterling atau Rp496 miliar.

Baca Juga: Deretan Kemenangan Juergen Klopp di Emirates Stadium Bareng Liverpool

3. Kegagalan Liverpool membeli Dusan Tadic bikin Juergen Klopp marah

5 Pemain Impian Juergen Klopp yang Tak Kesampaian Dibeli LiverpoolDusan Tadic (ajax.nl)

Dusan Tadic merupakan pemain impian Juergen Klopp yang tak kesampaian dibeli Liverpool pada musim panas 2018. Kegagalan manajemen The Reds mendatangkannya bahkan bikin Klopp marah. Dilansir RTL, Klopp sangat marah ketika mengetahui sang pemain bergabung dengan Ajax Amsterdam pada musim panas 2018.

Klopp menaruh ketertarikan yang besar kepada pemain asal Serbia itu. Namun, ia tidak bisa mendapatkannya. Sebagai gantinya, Liverpool mendatangkan Xherdan Shaqiri dari Stoke City pada musim panas 2018. Tadic sendiri sukses tampil impresif dengan total menorehkan 38 gol dan 23 assist dalam 56 penampilannya di semua kompetisi pada 2018/2019. Sementara itu, Shaqiri turut berkontribusi ketika Liverpool melakukan comeback heroik melawan Barcelona di laga semifinal Liga Champions Eropa pada 2018/2019. Ia membawa The Reds menjuarai Liga Champions setelah mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0 pada babak final.

4. Nabil Fekir gagal bergabung dengan Liverpool karena ulah agennya

5 Pemain Impian Juergen Klopp yang Tak Kesampaian Dibeli LiverpoolNabil Fekir (facebook.com/EuropaLeague)

Nabil Fekir cukup menyesali kegagalannya bergabung dengan Liverpool pada musim panas 2018. Ia menjadi salah satu pemain impian Juergen Klopp yang tak kesampaian dibeli Liverpool karena ulah agennya. Fekir mengungkapkan kronologi kegagalan transfer dirinya ke Liverpool

Dilansir The Times, Fekir bahkan menyebut kegagalan tersebut menjadi salah satu momen gelap dalam kariernya. Ia menepis rumor yang mengatakan dirinya gagal tes medis karena memiliki masalah cedera lutut. Fekir membuktikan lututnya tidak bermasalah dengan melakukan rangkaian pemeriksaan medis di pusat sepak bola Prancis, Claairefontaine. Ia menuding agennya yang membuat kesepakatan dengan Liverpool batal terjadi. Fekir sangat kecewa atas kegagalannya bergabung dengan Liverpool.

5. Harga Jude Bellingham terlalu mahal bagi manajemen Liverpool

5 Pemain Impian Juergen Klopp yang Tak Kesampaian Dibeli LiverpoolJude Bellingham (realmadrid.com)

Liverpool bersaing dengan Real Madrid dalam mendatangkan Jude Bellingham dari Borussia Dortmund pada bursa transfer musim panas 2023. The Reds yang ditinggal sejumlah gelandang senior, seperti Jordan Henderson, Fabinho, dan James Milner, membutuhkan pemain seperti Bellingham. Sayangnya, ia menjadi salah satu pemain impian Juergen Klopp yang tak kesampaian dibeli Liverpool.

Pasalnya, harga Jude Bellingham yang mencapai lebih dari 100 juta pound sterling dinilai terlalu mahal bagi manajemen Liverpool. Sang pemain akhirnya bergabung dengan Real Madrid. Liverpool memang membeli empat gelandang sekaligus, antara lain Dominik Szoboszlai, Alexis Mac Allister, Ryan Gravenberch, dan Wataru Endo. Akan tetapi, Klopp tetap kecewa dengan keengganan Liverpool berinvestasi kepada Bellingham. Manajer asal Jerman itu mengungkapkan dirinya hanya bisa menerima keputusan manajemen dan merancang rencana lain dengan pemain yang ada.

Kelima pemain impian Juergen Klopp yang tak kesampaian dibeli Liverpool cukup disayangkan media dan fans. Sebab, mereka bisa saja membuat skuad Liverpool makin ngeri dan mampu mematahkan dominasi Manchester City di EPL. Kegagalan manajemen Liverpool mendatangkan pemain impian Juergen Klopp disinyalir menjadi salah satu alasan sang manajer meninggalkan klub.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool yang Dapat Menyusul Juergen Klopp Hengkang

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya