3 Pemain Inggris dengan Keterlibatan Gol Tertinggi dalam Semusim UCL

Semuanya termasuk legenda

Inggris termasuk salah satu negara Eropa yang konsisten mengorbitkan pemain-pemain berbakat yang terbiasa mencapai lever tertinggi dalam kariernya. Sebagian dari mereka mampu mengukir rekor luar biasa di kompetisi sebesar Liga Champions Eropa. Salah satunya keterlibatan gol yang tinggi bagi klubnya dalam semusim.

Keterlibatan gol sendiri merupakan total gol dan assist yang ditorehkan pemain tersebut. Berikut tiga pemain Inggris yang sukses menorehkan keterlibatan gol tertinggi dalam semusim UCL.

1. David Beckham 2 kali mencatat 10 keterlibatan gol saat membela Manchester United

3 Pemain Inggris dengan Keterlibatan Gol Tertinggi dalam Semusim UCLDavid Beckham (manutd.com)

David Beckham merupakan salah satu talenta terbaik Inggris yang meroket bersama Manchester United. Ia termasuk dalam Class of '92, talenta muda dari akademi MU yang dipromosikan ke skuad utama oleh Sir Alex Ferguson pada 1992. Beckham dikenal sebagai pemain terbaik pada generasi tersebut dengan kemampuannya dalam memberikan umpan silang dan tendangan bebas.

Ia pernah membawa MU meraih gelar juara UCL sekaligus treble winner pada 1998/1999. Beckham kala itu mencatat 10 keterlibatan gol dengan 2 gol dan 8 assist di Liga Champions Eropa pada musim tersebut. Ia kembali menorehkan 10 keterlibatan gol ketika mencetak masing-masing 5 gol dan 5 assist pada 2001/2002.

Baca Juga: 5 Alasan David Beckham adalah Role Model Sepanjang Masa Cowok

2. Steven Gerrard menorehkan sepuluh keterlibatan gol di UCL pada 2007/2008

3 Pemain Inggris dengan Keterlibatan Gol Tertinggi dalam Semusim UCLSteven Gerrard (uefa.com)

Steven Gerrard adalah gelandang serbabisa yang diakui sebagai legenda Liverpool. Ia mampu bermain sebagai gelandang sentral, bertahan, dan menyerang. Gerrard termasuk pemain tengah yang cukup produktif dengan total mencetak 186 gol dan 155 assist dalam 710 pertandingan di semua kompetisi bersama Liverpool.

Ia memiliki rekor fantastis ketika membela Liverpool di Liga Champions Eropa. Gerrard termasuk pemain Inggris yang mencatat 10 keterlibatan gol ketika menorehkan 6 gol dan 4 assist di UCL 2007/2008. Sayangnya, ia gagal membawa Liverpool ke tangga juara setelah terhenti pada semifinal kontra Chelsea pada musim tersebut.

3. Harry Kane memecahkan rekor dengan sebelas keterlibatan gol pada 2023/2024

3 Pemain Inggris dengan Keterlibatan Gol Tertinggi dalam Semusim UCLHarry Kane (uefa.com)

Harry Kane melanjutkan tren Inggris yang selalu melahirkan striker tajam dari masa ke masa. Kariernya meroket ketika membela Tottenham Hotspur dengan total mencetak 280 gol dan 61 assist dalam 435 pertandingan di semua kompetisi. Kane kemudian memutuskan memulai lembaran baru di luar Inggris bersama Bayern Muenchen pada musim panas 2013.

Ia sebenarnya tampil luar biasa dengan menorehkan 43 gol dan 11 assist dalam 43 laga di semua kompetisi. Kane bahkan memecahkan rekor Gerrard dan Beckham dengan 11 keterlibatan gol di UCL dengan mencetak 8 gol dan 3 assist dalam semusim. Namun, ia gagal membawa Bayern Muenchen meraih trofi juara Bundesliga Jerman, DFB Pokal, dan DFB Super Cup. Kane masih berpeluang menjuarai kompetisi bergengsi setelah Bayern Muenchen lolos ke babak semifinal UCL. Sayangnya, Die Rotten hanya bermain imbang 2-2 melawan Real Madrid pada leg pertama semifinal pada 30 April 2024.

Itulah tiga pemain Inggris yang sukses mengukir rekor apik di Liga Champions Eropa dengan mencatat sepuluh keterlibatan gol dalam semusim. Gerrard dan Beckham sudah pernah membawa klubnya meraih gelar juara Liga Champions Eropa. Akankah Kane menyamai prestasi dua pendahulunya itu dengan meraih titel juara UCL bersama Bayern Muenchen pada 2023/2024? Patut dinanti!

Baca Juga: Beda Nasib Granit Xhaka dan Harry Kane Usai Tinggalkan London Utara

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya