4 Pemain Inggris yang Mencetak Hattrick Terbanyak sebelum 24 Tahun

Tidak ada pemain Manchester United

Beberapa pemain Inggris mampu memancarkan sinarnya ketika tampil di English Premier League saat berusia muda. Padahal, EPL dikenal sebagai liga dengan intensitas pertandingan tinggi dan persaingan ketat dari papan atas sampai bawah. Namun, sebagian talenta lokal berhasil mencuri perhatian lewat aksi-aksi heroik. Salah satunya dengan mencetak hattrick atau tiga gol dalam satu pertandingan.

Tidak banyak pemain Ingggris yang mampu menorehkan trigol di EPL lebih dari sekali saat masih berusia di bawah 24 tahun. Tercatat, hanya empat pemain yang sukses mengukir rekor apik itu dalam sejarah EPL. Inilah pemain Inggris yang mencetak hattrick terbanyak sebelum 24 tahun.

1. Robbie Fowler mencetak tujuh hattrick di EPL sebelum berusia 24 tahun

4 Pemain Inggris yang Mencetak Hattrick Terbanyak sebelum 24 TahunRobbie Fowler (liverpoolfc.com)

Salah satu jebolan terbaik akademi Liverpool, Robbie Fowler, sukses menorehkan rekor apik di EPL. Ia berhasil menciptakan hattrick sebanyak tujuh kali sebelum berusia 24 tahun. Fowler menorehkan trigol pertamanya saat membawa Liverpool menang 4-2 melawan Southampton pada 30 Oktober 1993.

Ia kemudian menjadi bintang kemenangan The Reds ketika menaklukan Arsenal dengan skor 3-0 pada 28 Agustus 1994. Hebatnya lagi, Fowler pernah dua kali mencetak quattrick atau empat gol dalam satu pertandingan. Ia melakukannya ketika Liverpool menang 5-2 atas Bolton Wanderers pada 23 September 1995 dan 5-1 kontra Middlesbrough pada 14 Desember 1996.

2. Michael Owen punya rekor yang sama dengan Robbie Fowler

4 Pemain Inggris yang Mencetak Hattrick Terbanyak sebelum 24 TahunMichael Owen (uefa.com)

Setelah mengorbitkan Robbie Fowler, Liverpool kembali melahirkan wonderkid dengan kecepatan dan ketajaman di atas rata-rata, Michael Owen. Ia langsung menciptakan sensasi dengna konsisten merobek gawang lawan di EPL saat usianya belum mencapai 20 tahun. Owen bahkan mencetak hattrick pertamanya saat Liverpool bermain seri 3-3 melawan Sheffield Wednesday pada 14 Februari 1998. Usianya saat itu baru memasuki 18 tahun 62 hari.

Owen kemudian berhasil memborong empat gol ketika Liverpool membantai Nottingham Forest 5-1 pada 24 Oktober 1998. Ia akhirnya berhasil menyamai rekor seniornya, Fowler, dengan mengoleksi tujuh hattrick di EPL sebelum berusia 24 tahun. Hal tersebut terjadi usai Owen mencetak quattrick kala menang besar 6-0 atas West Bromwich Albion pada 26 April 2003.

Baca Juga: Harry Kane Ukir Rekor setelah Bayern Munich Bantai Mainz

3. Harry Kane menciptakan enam hattrick di EPL

4 Pemain Inggris yang Mencetak Hattrick Terbanyak sebelum 24 TahunHarry Kane (premierleague.com)

Harry Kane merupakan salah satu striker lulusan akademi Tottenham Hotspur yang berhasil menciptakan banyak rekor di EPL. Salah satunya ia berhasil menorehkan catatan apik dalam mencetak gol. Kane menjadi pemain Inggris ketiga yang sukses menciptakan hattrick terbanyak di EPL sebelum berusia 24 tahun. Ia total mencetak enam hattrick ketika belum berusia 24 tahun saat masih berkarier di Tottenham.

Kane mencetak trigol pertamanya saat mengalahkan Leicester City 4-3 pada pekan 30 EPL 21 Maret 2015. Torehan paling sensasional terjadi pada 2 pekan terakhir EPL 2016/2017. Kane mencetak hattrick dalam dua laga beruntun ketika menang 6-1 atas Leicester City dan 7-1 kontra Hull City. Ia bahkan mencatat quattrick dalam laga melawan Leicester City pada pekan 37 EPL 18 Mei 2017.

4. Phil Foden sejauh ini sudah mengoleksi tiga hattrick saat usianya belum 24 tahun

4 Pemain Inggris yang Mencetak Hattrick Terbanyak sebelum 24 TahunPhil Foden (twitter.com/ManCity)

Phil Foden pernah disebut manajer Manchester City, Pep Guardiola, sebagai berlian bagi sepak bola Inggris. Ucapan tersebut terbukti tepat karena sang pemain menunjukkan perkembangan pesat dalam kualitas permainannya tiap tahun. Foden tidak hanya memiliki visi permainan saat mengatur serangan dari lini tengah. Ia juga punya insting mencetak gol yang cukup tajam.

Foden menunjukkannya dengan mencetak hattrick tiga kali di EPL sebelum berusia 24 tahun. Uniknya, ia menorehkan trigol pertamanya ketika klubnya, Manchester City, mengalahkan Manchester United dengan skor 6-3 pada pekan 9 EPL 2 Oktober 2022. Foden merobek gawang lawan tiga kali untuk kedua kalinya saat menang 3-1 atas Brentford pada pekan 23 EPL 5 Februari 2024. Terbaru, ia sukses menjadi bintang kemenangan Manchester City 4-1 atas Aston Villa lewat torehan hattrick pada pekan 31 EPL 3 April 2024.

Dari empat pemain di atas, hanya Foden yang bukan berposisi sebagai striker. Fowler, Owen, dan Kane sukses membangun reputasi sebagai penyerang terbaik EPL lewat rekor-rekor golnya. Namun, ketiganya sama-sama gagal menjuarai EPL bersama klub yang mereka bela. Sedangkan, Foden yang berposisi sebagai gelandang, mampu mengukir rekor hattrick terbanyak sebelum berusia 24 tahun. Ia sudah meraih gelar juara EPL sebanyak lima kali bersama Manchester City.

Baca Juga: 5 Klub yang Paling Sering Dibobol Phil Foden, Ada Manchester United

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya