5 Pemain Inggris yang Paling Banyak Mencetak Gol di Wembley

Satu pemain bikin rekor baru

Timnas Inggris memastikan lolos ke Euro 2024 setelah mengalahkan Italia 3-1 di Stadion Wembley pada 17 Oktober 2023. The Three Lions tertinggal dahulu oleh gol Gianluca Scamacca pada babak pertama menit ke-15. Namun, pasukan Gareth Southgate berhasil membalikkan keadaan lewat 2 gol Harry Kane dan 1 gol Marcus Rashford. Hasil tersebut membuat posisi Inggris di puncak klasemen Grup C makin kokoh dengan raihan 16 poin.

Salah satu catatan menarik dalam pertandingan tersebut adalah Harry Kane yang kembali mencatat rekor baru. Ia menjadi pemain Inggris yang paling banyak mencetak gol di Wembley. Tercatat, ada lima pemain Inggris yang mampu menorehkan rekor tersebut.

1. Alan Shearer mampu mencetak 18 gol

https://www.youtube.com/embed/ryPE3alOMJI

Alan Shearer merupakan salah satu striker terbaik Inggris era 1990-an. Ia selalu menjadi andalan bagi tim yang dibelanya, seperti Blackburn Rovers, Newcastle United, dan Timnas Inggris. Shearer memiliki catatan 30 gol dari 63 penampilannya bersama The Three Lions.

Dari 30 gol yang ia ciptakan, 18 di antaranya tercipta ketika Timnas Inggris bermain di Stadion Wembley. Sayangnya, Shearer gagal membawa Inggris meraih gelar juara di turnamen seperti Euro dan Piala Dunia. Ia memutuskan pensiun dari laga internasional pada 20 Juni 2000.

2. Wayne Rooney menciptakan 19 gol

https://www.youtube.com/embed/GRjdWmP7yOg

Wayne Rooney menjadi salah satu striker andalan Timnas Inggris sejak debutnya pada 12 Februari 2003. Ia mencuri perhatian ketika tampil memukau bersama Everton saat usianya masih 17 tahun pada 2003/2004. Rooney makin gacor ketika bermain untuk Manchester United pada periode 2003--2017.

Di level internasional, Rooney sukses menjadi top skor kedua sepanjang masa Timnas Inggris. Ia mencetak 53 gol dari 120 penampilan bersama The Three Lions. Rooney total mampu membobol gawang lawannya 19 kali saat bermain untuk Timnas Inggris di Stadion Wembley.

Baca Juga: 9 Fakta Stadion Wembley, Stadion Terbesar di Inggris

3. Gary Lineker membobol gawang lawan sebanyak 23 kali di Wembley

https://www.youtube.com/embed/ABUNY1FN1Ko

Gary Lineker menjalani debutnya bersama Timnas Inggris pada 26 Mei 1984. Ia bermain di bawah asuhan legenda Timnas Inggris, Sir Bobby Charlton. Lineker kemudian selalu menjadi andalan Timnas Inggris sejak saat itu.

Lineker total bermain dalam 80 pertandingan dan mencetak 48 gol di seluruh kompetisi bersama The Three Lions. Dari 48 gol tersebut, 22 di antaranya ia ciptakan saat Inggris bermain di Stadion Wembley. Lineker mengundurkan diri dari Timnas Inggris setelah gagal membawa timnya lolos dari fase grup Euro 1992. 

4. Sir Bobby Charlton memegang rekor golnya di Wembley selama 53 tahun

https://www.youtube.com/embed/jniyXrT2oKs

Sir Bobby Charlton termasuk salah satu legenda Timnas Inggris yang paling disegani dalam dunia sepak bola. Ia menjadi pemain penting ketika membawa The Three Lions meraih gelar juara Piala Dunia 1966. Charlton total mencetak 49 gol dari 106 penampilan di seluruh kompetisi bersama Timnas Inggris.

Eks pemain Manchester United itu mampu mencetak 23 gol saat Timnas Inggris bermain di Stadion Wembley. Torehan tersebut menjadikannya sebagai pemain Inggris dengan jumlah gol terbanyak di Wembley selama 53 tahun. Gol terakhir Charlton di Stadion Wembley terjadi saat Timnas Inggris menang melawan Timnas Irlandia Utara dalam laga persahabatan pada April 1970.

5. Harry Kane berhasil memecahkan rekor Sir Bobby Charlton

https://www.youtube.com/embed/xuTeIZsGp_I

Harry Kane saat ini merupakan top skor sepanjang masa Timnas Inggris dengan torehan 61 gol dari 87 laga per 18 Oktober 2023. Ia memecahkan rekor milik Wayne Rooney yang sebelumnya menjadi top skor sepanjang masa The Three Lions dengan 53 gol pada Maret 2023. Terbaru, Kane memecahkan rekor milik striker legendaris Timnas Inggris lainnya, Sir Bobby Charlton.

Pemain Bayern Muenchen itu kini menjadi pemain Inggris yang paling sering mencetak gol di Stadion Wembley dengan torehan 24 gol. Rekor tersebut ia pecahkan ketika mencetak dua gol ke gawang Italia dalam laga kualifikasi Euro 2024 pada 17 Oktober 2023. Kane yang masih berusia 30 tahun memiliki peluang untuk membuat rekor-rekor baru lagi saat membela Timnas Inggris.

Pencapaian lima pemain di atas akan menegaskan bahwa Timnas Inggris selalu memiliki striker tajam dari masa ke masa. Sayangnya, baru Sir Bobby Charlton saja yang sejauh ini mampu mempersembahkan gelar bergengsi bagi The Three Lions saat menjuarai Piala Dunia 1966. Kane masih memiliki kesempatan untuk membawa Timnas Inggris meraih gelar juara saat berlaga di Euro 2024. Mampukah ia bersama rekan-rekannya membawa pulang trofi Euro 2024?

Baca Juga: Pengalaman Pertama Ten Hag Sambangi Wembley Stadium demi MU

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya