3 Pemain Iran yang Bermain di Liga Top Eropa dalam Laga Melawan Jepang

Peran mereka sangat penting bagi performa tim

Timnas Iran sukses menyingkirkan salah satu favorit juara Piala Asia 2023, Jepang, di babak perempat final pada 3 Februari 2024. Iran menang 2-1 melawan Jepang dalam laga yang berlangsung di Education City Stadium. Jepang membuka keunggulan terlebih dahulu melalui Hidemasa Morita, tetapi Iran berhasil membalikkan keadaan dengan torehan Mohammad Mohebi dan Alireza Jahanbakhsh. Hasil ini membawa Iran maju ke babak semifinal Piala Asia 2023 dan akan menghadapi tuan rumah, Qatar.

Raihan fantastis Timnas Iran tidak lepas dari peran para pemainnya. Sebagian dari skuad Timnas Iran diperkuat oleh pemain-pemain yang berlaga di liga-liga top Eropa, seperti Premier League, Serie A Italia, dan Eredivisie. Berikut kinerja tiga pemain Iran yang bermain di liga-liga top Eropa.

1. Saman Ghoddos cukup merepotkan lini pertahanan Jepang

3 Pemain Iran yang Bermain di Liga Top Eropa dalam Laga Melawan JepangSaman Ghoddos (the-afc.com)

Saman Ghoddos bermain sebagai starter dalam laga melawan Jepang di babak perempat final Piala Asia 2023. Pemain milik Brentford itu memiliki peran sebagai gelandang serang. Ghoddos memang bermain tidak terlalu mengesankan, tetapi keberadaanya cukup merepotkan barisan pertahanan Timnas Jepang.

Dilansir Fotmob, Ghoddos melakukan 40 kali sentuhan dengan bola dan 3 di antaranya berada di kotak penalti lawan. Ia melakukan tiga kali tembakan, tetapi dua kali diblok oleh bek Jepang. Selain itu, Ghoddos memiliki persentase akurasi operan mencapai 71 persen dan sekali menciptakan peluang mencetak gol. Ia mendapat nilai 6,4 atas performanya dalam laga tersebut.

2. Sardar Azmoun mampu menciptakan satu assist

3 Pemain Iran yang Bermain di Liga Top Eropa dalam Laga Melawan JepangSardar Azmoun (the-afc.com)

Sardar Azmoun kembali menjadi andalan lini depan Timnas Iran saat menghadapi Jepang. Ia bermain sebagai striker tunggal dalam formasi 4-2-3-1. Azmoun memang tidak mencetak gol, tetapi berhasil menorehkan satu assist untuk gol Mohammad Mohebi.

Secara keseluruhan, Azmoun sebenarnya tidak bermain terlalu baik selama 89 menit. Menurut Fotmob, ia hanya sebelas kali menyentuh bola dan sekali sentuhan berada di kotak penalti lawan. Azmoun hanya melakukan sekali tembakan dan persentase akurasi operannya hanya 57 persen. Namun, berkat kontribusinya dalam memberikan assist, ia mendapat nilai 7 atas performanya.

3. Alireza Jahanbakhsh sukses menjadi pahlawan kemenangan Iran

3 Pemain Iran yang Bermain di Liga Top Eropa dalam Laga Melawan JepangAlireza Jahanbakhsh (the-afc.com)

Alireza Jahanbakhsh berhasil menjadi pahlawan kemenangan bagi Timnas Iran ketika membalikkan keadaan menjadi 2-1 pada injury time babak kedua. Golnya dari titik penalti sukses membawa negaranya melaju ke babak semifinal Piala Asia 2023. Ia menjadi player of the match dalam laga tersebut.

Dilansir Fotmob, Jahanbakhsh menyentuh bola 61 kali dan 2 kali berada di kotak penalti Jepang. Ia mampu mencatat 80 persen dribel sukses dan 60 persen operan sukses. Jahanbakhsh melakukan 3 kali tembakan, salah satunya sukses menjadi gol dari titik penalti. Ia mendapat nilai 8,7 berkat penampilan impresifnya selama 90 menit.

Iran kini menjadi salah satu favorit juara Piala Asia 2023 setelah menyingkirkan Jepang. Mereka saat ini mengoleksi tiga titel juara Piala Asia. Akankah mereka mampu menguasai Asia dengan menjuarai Piala Asia 2023? Patut dinanti.

Baca Juga: Iran Singkirkan Jepang, Melaju ke Semifinal Piala Asia 2023

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya