4 Pemain Jerman Tertua yang Mencetak Gol pada Babak Gugur UCL

Dua di antaranya pemain Borussia Dortmund

Pemain asal Jerman memiliki reputasi baik dalam sejarah Liga Champions Eropa. Sebagian dari mereka pernah menuai kesuksesan di UCL bersama klub yang dibelanya. Misalnya, Manuel Neuer yang tampil heroik ketika Bayern Muenchen meraih gelar juara Liga Champions 2012/2013 dan 2019/2020.

Selain itu, beberapa pemain Jerman sukses menorehkan rekor unik yang berhubungan dengan gol. Salah satunya pemain tertua yang berhasil mencetak gol pada babak gugur Liga Champions. Tercatat, empat pemain Jerman berikut mampu mengukir rekor impresif tersebut.

1. Thomas Mueller 1 kali mencetak gol pada babak 16 besar UCL saat usianya 34 tahun 5 bulan 21 hari

4 Pemain Jerman Tertua yang Mencetak Gol pada Babak Gugur UCLThomas Mueller mengukir rekor 500 kemenangan bersama Bayern Muenchen. (

Thomas Mueller mampu menjaga kualitas permainannya meski sudah berusia 34 tahun 5 bulan 21 hari. Ia merupakan pemain serbabisa di lini depan sehingga bisa dimainkan di banyak posisi dengan peran berbeda-beda. Mueller masih menjadi pilihan utama manajer Bayern Muenchen, Thomas Tuchel, di Liga Champions Eropa pada 2023/2024.

Ia mencetak satu gol ketika Bayern Muenchen menang 3-0 atas Lazio. Mueller yang mendapat umpan matang dari Matthijs de Ligt sukses memasukkan bola ke gawang Lazio lewat sundulannya. Ia sebenarnya berpeluang menambah koleksinya saat melawan Real Madrid pada babak semifinal UCL 2023/2024. Namun, hal itu tidak terjadi.

2. Mehmet Scholl menorehkan gol pada babak 16 besar UCL saat berusia 34 tahun 5 bulan 27 hari

https://www.youtube.com/embed/xwL5tKkGYQE

Mehmet Scholl merupakan pemain Jerman keturunan Turki yang memiliki perjalanan karier luar biasa bersama Bayern Muenchen. Ia mampu bersinar sebagai gelandang serang sejak didatangkan dari Karlsruher SC pada musim panas 1992. Scholl terus memperkuat Bayern Muenchen sampai pensiun pada 2007.

Salah satu momen terbaiknya terjadi ketika menjadi pahlawan Bayern Muenchen dengan kemenangan 3-2 melawan Chelsea pada leg kedua babak 16 besar. Scholl mengawali laga ini sebagai pemain cadangan. Ia masuk ke lapangan menggantikan Martin Demichelis pada menit ke-52. Scholl kemudian menjadi pahlawan kemenangan dengan golnya pada menit ke-90+5. Usianya kala itu sudah memasuki 34 tahun 5 bulan 27 hari.

Baca Juga: Perjalanan Terakhir Marco Reus Bersama Borussia Dortmund  

3. Marco Reus bikin gol pada babak 16 besar UCL ketika usianya 34 tahun 9 bulan 11 hari

4 Pemain Jerman Tertua yang Mencetak Gol pada Babak Gugur UCLMarco Reus (bvb.de)

Marco Reus memasuki musim terakhirnya bersama Borussia Dortmund. Ia mengonfirmasi dirinya akan meninggalkan klub pada akhir 2023/2024. Namun, Reus masih memberikan kontribusi penting dalam pencapaian Dortmund yang lolos ke babak final. Salah satunya dengan mencetak satu gol saat mengalahkan PSV Eindhoven.

Reus menutup peluang PSV Eindhoven lewat sepakan kaki kanannya pada menit ke-90+5. Ia ketika itu sudah berusia 34 tahun 9 bulan 11 hari. Reus masih berpeluang menciptakan rekor lainnya jika berhasil menjuarai Liga Champions Eropa pada 2023/2024.

4. Mats Hummels menjadi pencetak gol tertua dengan usianya 35 tahun 4 bulan 21 hari

4 Pemain Jerman Tertua yang Mencetak Gol pada Babak Gugur UCLMats Hummels (uefa.com)

Mats Hummels masih menunjukkan ketangguhannya sebagai seorang bek meski sudah berusia 35 tahun 4 bulan 21 hari. Ia tidak hanya tangguh dalam mempertahankan wilayahnya, tetapi memiliki insting mencetak gol, terutama dari situasi bola mati. Hummels membuktikannya ketika menghadapi Paris Saint-Germain (PSG) pada leg kedua semifinal Liga Champions Eropa 2023/2024.

Ia yang naik membantu serangan saat Julian Brandt melakukan sepak pojok. Hummels yang lolos dari penjagaan bek PSG, Lucas Beraldo, langsung menyundul bola dan berhasil mencetak gol pada menit ke-50. Keunggulan Dortmund 1-0 kontra PSG itu bertahan sampai laga usai. Die Borussen berhasil lolos ke babak final UCL dengan keunggulan agregat 2-0.

Keempat pemain veteran di atas merupakan pemain terbaik Jerman yang membela Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund. Mueller dan Scholl pernah meraih gelar juara UCL bersama Bayern Muenchen. Sementara itu, Reus dan Hummels sekali kalah pada babak final ketika Borussia Dortmund tumbang 1-2 melawan Bayern Muenchen pada final UCL 2012/2013. Mereka masih berpeluang menjuarai Liga Champions Eropa jika memenangkan laga final di Wembley Stadium pada 2 Juni 2024.

Baca Juga: Antar Dortmund ke Final Liga Champions, Hummels Ukir Sejarah

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya