3 Pemain Newcastle yang Mencetak 2 Digit Gol dan Assist di EPL Semusim

Salah satunya legenda Manchester United

Sederet pemain berbakat asal Inggris pernah menampilkan permainan terbaiknya bersama Newcastle United. Klub berjuluk The Magpies itu menjadi tempat bagi talenta terbaik Inggris dalam meningkatkan kariernya. Beberapa dari mereka mampu menciptakan rekor apik.

Salah satunya mencetak dua digit gol dan assist di English Premier League (EPL) dalam semusim. Meskipun Newcastle United pernah memiliki segudang pemain berbakat asal Inggris, tidak semua dari mereka mampu mengukir rekor apik itu. Hanya tiga pemain ini yang berhasil menorehkan catatan impresif itu.

1. Andrew Cole menorehkan 34 gol dan 13 assist pada 1993/1994

3 Pemain Newcastle yang Mencetak 2 Digit Gol dan Assist di EPL SemusimAndy Cole (nufc.co.uk)

Andrew Cole sejatinya jebolan akademi Arsenal. Akan tetapi, ia mulai membangun reputasinya sebagai salah satu striker tajam di English Premier League (EPL) ketika membela Newcastle United pada periode Maret 1993--Januari 1995. Cole sukses menciptakan berbagai rekor apik meski bermain untuk The Magpies selama 2 tahun.

Misalnya, ia berhasil mencetak 34 gol dan 13 assist dalam 40 pertandingan EPL pada 1993/1994. Berkat performa apiknya itu, Cole sukses menyabet penghargaan sebagai top skor EPL pada 1993/1994. Ia kemudian melanjutkan kariernya bersama Manchester United pada musim panas Januari 1995.

2. Ruel Fox tampil produktif dengan torehan 10 gol dan 11 assist pada 1994/1995

3 Pemain Newcastle yang Mencetak 2 Digit Gol dan Assist di EPL SemusimRuel Fox (kiri) dan John Beresford (kanan) (nufc.co.uk)

Ruel Fox merupakan salah satu gelandang terbaik yang pernah diorbitkan akademi Norwich City. Ia total tampil dalam 185 pertandingan dengan mencetak 22 gol dan 16 assist di semua kompetisi bersama Norwich City pada periode 1986--1994. Fox lalu memutuskan hengkang ke Newcastle United pada Februari 1994.

Performanya makin meningkat setelah menciptakan 10 gol dan 11 assist dalam 40 laga EPL pada 1994/1995. Berkat permainan impresifnya itu, sejumlah klub menaruh minat kepada Fox. Sang pemain akhirnya memilih pindah ke Tottenham Hotspur pada musim panas 1995.

3. Anthony Gordon telah mencetak 10 gol dan 10 assist sampai pekan 36 EPL 2023/2024

3 Pemain Newcastle yang Mencetak 2 Digit Gol dan Assist di EPL SemusimAnthony Gordon (nufc.co.uk)

Anthony Gordon awalnya digadang-gadang sebagai bintang masa depan Everton. Sayangnya, The Toffees tidak dalam kondisi yang ideal. Pasalnya, Everton lebih sering berjuang menghindari degradasi ketimbang bersaing di papan atas. Hal tersebut membuat Gordon memutuskan hengkang ke Newcastle United yang memiliki proyek ambisius untuk menjadi klub top di Inggris pada Januari 2023.

Keputusan itu membuat sebagian besar fans Everton mengecam Gordon. Ia dinilai sebagai pemain mata duitan dan tidak tahu terima kasih. Namun, Gordon yakin kariernya akan berkembang pesat bersama Newcastle. Ia membuktikannya dengan tampil apik di EPL pada 2023/2024. Gordon sejauh ini total telah menorehkan 10 gol dan 10 assist sampai pekan 36 EPL.

Itulah tiga pemain Inggris yang berhasil mencatat dua digit gol dan assist bersama Newcastle United di EPL dalam semusim. Mereka menunjukkan kualitasnya lewat pencapaian tersebut. Alhasil, Cole dan Fox mendapat tawaran lebih baik dari klub lain, Manchester United dan Tottenham Hotspur.

Bagi Gordon, belum ada kabar terkait ketertarikan salah satu klub big six kepada talentanya. Akan tetapi, ia berpeluang menjadi bintang Timnas Inggris jika terus fokus mengembangkan kemampuannya secara teknis dan nonteknis di Newcastle United.

Baca Juga: 5 Klub yang Dibobol Anthony Gordon di EPL 2023/2024, Ada Tim Besar

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya