3 Pemain Nigeria yang Pernah Mencetak Gol di Final Liga Europa

Hanya satu yang berhasil meraih gelar juara

Liga Europa (UEL) selalu menghadirkan aksi-aksi menarik dari para pemain terbaik di Eropa yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Sebagian talenta menjadikan kompetisi kasta kedua antarklub Eropa ini sebagai kesempatan untuk menampilkan kualitas permainan terbaiknya. Tidak jarang dari mereka yang berhasil mendapat sorotan berkat penampilan apik dalam pertandingan besar Liga Europa seperti babak final.

Salah satunya para pemain yang berasal dari Nigeria. Tercatat, tiga pemain Nigeria ini berhasil mencetak gol dalam laga final Liga Europa. Namun, hanya satu dari ketiga pemain Nigeria ini yang sukses membawa klubnya meraih gelar juara.

1. Alex Iwobi mencetak satu gol saat Arsenal kalah 1-4 atas Chelsea pada final UEL 2019

3 Pemain Nigeria yang Pernah Mencetak Gol di Final Liga EuropaAlex Iwobi (arsenal.com)

Alex Iwobi merupakan pemain Nigeria yang tumbuh besar di London. Ia sempat menjadi penyerang sayap andalan Arsenal pada periode 2015--2019. Jebolan akademi The Gunners itu memiliki keunggulan dengan kecepatan dan stamina kuat. Iwobi total tampil dalam 149 pertandingan dengan torehan 15 gol dan 24 assist di semua kompetisi.

Ia termasuk dalam skuad Arsenal yang tampil melawan Chelsea dalam laga final Liga Europa 2019. Namun, manajer Arsenal saat itu, Unai Emery, mencadangkannya pada pertandingan tersebut. Ia baru masuk menggantikan Lucas Torreira pada menit ke-67. Arsenal yang sudah tertinggal 3-0 saat itu mampu memperkecil ketertinggalan lewat gol Iwobi pada menit ke-69.

Ia memanfaatkan bola muntah di depan kotak penalti Chelsea dan melepaskan tendangan spektakuler ke gawang Chelsea. Namun, usahanya belum cukup untuk membawa Arsenal menjuarai UEL 2018/2019. Pasalnya, The Gunners akhirnya kalah dengan skor telak 1-4 atas Chelsea.

2. Joe Aribo mencetak gol pembuka bagi Rangers pada babak final UEL 2022

3 Pemain Nigeria yang Pernah Mencetak Gol di Final Liga EuropaJoe Aribo (x.com/RangersFC)

Joe Aribo memiliki latar belakang yang sama dengan Iwobi. Mereka sama-sama pemain Nigeria yang lahir dan besar di London. Namun, Aribo memilih menjalani karier bersama salah satu klub besar di Liga Skotlandia, Rangers, pada Juli 2019.

Rangers mendatangkannya dari Charlton Athletic secara gratis. Aribo bermain cukup impresif sebagai gelandang sentral selama membela Rangers. Ia tampil dalam 149 pertandingan dengan torehan 26 gol dan 25 assist di semua kompetisi. Salah satu golnya tercipta dalam pertandingan final UEL 2022. Rangers kala itu menghadapi Eintracht Frankfurt di stadion Ramon Sanchez-Pizjuan pada 18 Mei 2022.

Aribo kala itu bermain sejak menit pertama sebagai penyerang false nine. Ia sukses mencetak gol pembuka Rangers pada babak kedua menit ke-57. Namun, laga harus berakhir sampai adu penalti setelah Frankfurt mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-69. Rangers akhirnya gagal menjuarai Liga Europa usai kalah 4-5 dalam adu penalti.

3. Ademola Lookman menorehkan hattrick dalam laga final Liga Europa 2024

3 Pemain Nigeria yang Pernah Mencetak Gol di Final Liga EuropaAdemola Lookman (uefa.com)

Sama seperti Iwobi dan Aribo, Ademola Lookman memiliki kewarganegaraan Nigeria, tetapi lahir di London. Namanya mulai dikenal ketika mampu bermain apik bersama Charlton Athletic dengan menorehkan 12 gol dan 3 assist dalam 49 laga di semua kompetisi pada 2015--2017.

Namun, karier Lookman mengalami pasang-surut ketika membela Everton dan RB Leipzig. Ia gagal bersaing dalam memperebutkan tempat starting line-up di kedua klub tersebut. Alhasil, Lookman memutuskan pindah ke Italia dan bergabung dengan Atalanta pada musim panas 2022.

Langkah tersebut sukses membuahkan hasil positif baginya. Ia selalu mendapatkan kepercayaan manajer Atalanta, Gian Piero Gasperini, sebagai pemain utama di Atalanta. Lookman memanfaatkan kesempatan tersebut dengan memberikan kontribusi signifikan kepada permainan Atalanta. Salah satunya ketika laga final Liga Europa menghadapi Bayer Leverkusen pada 22 Mei 2024.

Lookman mencetak hattrick dengan menampilkan kemampuan individu yang luar biasa dalam pertandingan tersebut. Ia menjadi pemain pertama yang mampu menorehkan trigol dalam pertandingan final UEL. Berkat aksinya itu, Atalana sukses mengalahkan Bayer Leverkusen dengan skor telak 3-0 dan meraih gelar juara Liga Europa untuk pertama kalinya pada 2023/2024.

Ketiga pemain Nigeria di atas memiliki momen yang berbeda ketika mencetak gol di pertandingan final Liga Europa. Iwobi mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan Arsenal atas Chelsea menjadi 1-3, sebelum akhirnya kalah dengan skor 1-4. Aribo membuka keunggulan Rangers atas Eintracht Frankfurt 1-0 pada awal babak kedua.

Akan tetapi, ia juga gagal menjuarai UEL setelah Rangers kalah dalam babak adu penalti. Sementara itu, Lookman berhasil mengukir sejarah bersama Atalanta usai mencetak hattrick di babak final dan menjuarai Liga Europa pada 2023/2024.

Baca Juga: Lika-liku Karier Ademola Lookman, Pahwalan Atalanta di UEL 2023/2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya