3 Pemain Pengganti yang Bikin Gol dan Assist dalam Laga EPL di Anfield

Salah satunya berhasil meraih kemenangan

Kandang Liverpool, Stadion Anfield, menyimpan segudang sejarah dengan momen-momen luar biasa. Misalnya, atmosfer stadion Anfield berhasil memberikan dukungan moral kepada para pemain Liverpool ketika melakukan comeback sensasional melawan Barcelona pada leg kedua semifinal Liga Champions Eropa 2018/2019. Namun, bukan sang pemilik stadion saja yang pernah menciptakan sejarah di Anfield.

Beberapa pemain lawan yang bertandang ke Anfield sukses mengukir rekor apik ketika menghadapi Liverpool di English Premier League (EPL). Salah satunya mencetak gol dan assist sebagai pemain pengganti dalam laga EPL. Rekor ini cukup sulit dilakukan mengingat intimidasi stadion Anfield dapat membuat pemain lawan tertekan.

Namun, ketiga pemain ini berhasil menciptakan rekor sebagai pemain pengganti yang mampu mencetak gol dan assist dalam satu pertandingan di EPL.

1. Gol dan assist Egil Ostenstad bikin Liverpool kalah 2-3 atas Southampton

3 Pemain Pengganti yang Bikin Gol dan Assist dalam Laga EPL di AnfieldEgil Ostenstad (kanan) (premierleague.com)

Egil Onstenstad menjadi pemain pertama yang berhasil mengukir rekor sebagai pencetak gol dan assist saat Southampton melawan Liverpool di Anfield pada pekan 25 EPL 1997/1998. Ia memulai pertandingan ini sebagai pemain pengganti. Ostenstad baru mulai masuk ke lapangan ketika menggantikan Kevin Davies pada menit ke-39.

Tidak disangka, langkah manajer Southampton kala itu, Dave Jones, memasukkan pemain asal Denmark itu membuahkan hasil positif. Ostenstad berhasil membawa Southampton unggul 2-1 pada babak kedua menit ke-85. Liverpool sempat menyamakan kedudukan melalui Michael Owen pada injury time. Akan tetapi, Southampton sukses menorehkan gol kemenangan lewat aksi David Hirst setelah memanfaatkan assist dari Ostenstad. Southampton menang 3-2 atas Liverpool dalam laga ini.

2. Chelsea tetap kalah 3-5 atas Liverpool meski Christian Pulisic mencetak gol dan assist

3 Pemain Pengganti yang Bikin Gol dan Assist dalam Laga EPL di AnfieldChristian Pulisic (chelseafc.com)

Christian Pulisic harus menerima keputusan manajer Chelsea, Frank Lampard, yang mencadangkannya di laga kontra Liverpool pada pekan 37 EPL 2019/2020. Ia baru mulai beraksi saat masuk menggantikan Willian pada menit ke-59. Liverpool yang sudah menang dengan skor 4-1 mulai mengendorkan serangan.

Hal tersebut dimanfaatkan Chelsea untuk mencetak gol melalui Tammy Abraham setelah memaksimalkan umpan matang dari Pulisic pada menit ke-61. Winger asal Amerika Serikat itu kemudian mencetak gol spektakuler pada menit ke-73. Sayangnya, Chelsea kalah 3-5 usai Alex Oxlade-Chamberlain mencetak gol ke-5 Liverpool pada menit ke-84.

3. Aksi Richarlison tidak mampu menghindarkan kekalahan Tottenham 2-4 kontra Liverpool

3 Pemain Pengganti yang Bikin Gol dan Assist dalam Laga EPL di AnfieldRicharlison (premierleague.com)

Richarlison mengawali laga Liverpool versus Tottenham Hotspur sebagai pemain cadangan pada pekan 36 EPL 2023/2024. Liverpool yang unggul 4-0 sampai awal babak kedua membuat manajer Tottenham, Ange Postecoglu, mengubah strategi timnya. Salah satunya mengganti Rodrigo Bentancur dengan Richarlison pada menit ke-61.

Liverpool yang mulai mengendurkan agresivitasnya malah kehilangan fokus. Richarlison berhasil memaksimalkan kurang fokusnya lini belakang Liverpool dengan mencetak gol lewat sepakan kaki kanannya pada menit ke-72. Pemain asal Brasil itu kembali menampilkan aksi memukau ketika memberikan assist kepada Son Heung Min pada menit ke-77. Sayangnya, Tottenham tetap mengalami kekalahan 2-4 atas Liverpool dalam laga ini.

Kehadiran tiga pemain di atas mampu memberikan mimpi buruk bagi lini belakang Liverpool. Ostenstad menjadi supersub ketika mampu mencetak gol dan assist saat membawa Southampton menang 3-2 atas Liverpool. Sementara itu, aksi Pulisic dan Richarlison tidak mampu membalikkan keadaan bagi Chelsea serta Tottenham.

Baca Juga: Deretan Gol Richarlison di EPL 2023/2024, Mulai Temukan Ketajaman

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya