4 Pemain Timnas Belanda di Laga Manchester City vs Liverpool

Mereka andalan di klubnya masing-masing

Duel sengit Manchester City vs Liverpool di English Premier League (EPL) 2023/2024 pekan ke-13 berakhir imbang 1-1 di Etihad Stadium, Sabtu (25/11/2023). Beberapa pemain tercatat sebagai rekan satu tim di tim nasional negara masing-masing. Misalnya, Julian Alvarez dan Alexis MacAllister di Argentina serta Ruben Dias dan Diogo Jota di Portugal.

Para pemain utama Timnas Belanda juga turut meramaikan big match tersebut. Setidaknya ada empat pilar utama Oranje yang turun dalam laga Manchester City vs Liverpool. Manchester City maupun Liverpool bahkan mengandalkan pemain-pemain tersebut dalam skema permainannya.

1. Nathan Ake bikin Mohamed Salah tidak berkutik

4 Pemain Timnas Belanda di Laga Manchester City vs LiverpoolNathan Ake (mancity.com)

Nathan Ake solid dalam menjaga lini pertahanan Manchester City dari gempuran serangan Liverpool selama pertandingan. Ia bermain sejak menit awal sebagai salah 1 dari 3 bek dalam formasi 3-2-4-1 Manchester City. Ake ditugaskan Manajer Manchester City, Pep Guardiola, untuk menjaga pertahanan sisi kiri The Citizens.

Hasilnya, Ake tampil luar biasa selama 90 menit. Ia mampu membuat Mohamed Salah tidak berkutik. Sayangnya, Ake tidak bisa menghentikan Salah ketika memberikan assist kepada Trent Alexander-Arnold yang mencetak gol pada babak kedua menit ke-80. Dilansir Goal, performa Ake mendapat nilai 8 di pertandingan tersebut.

2. Ryan Gravenberch membuat perubahan di lini tengah Liverpool

4 Pemain Timnas Belanda di Laga Manchester City vs LiverpoolRyan Gravenberch (uefa.com)

Ryan Gravenberch kembali bermain untuk Liverpool setelah sempat mengalami cedera lutut ringan. Ia absen sejak Liverpool kalah 2-3 dari Toulouse di matchday empat Liga Europa. Namun, pemain asal Belanda itu dikabarkan bisa kembali bermain menjelang laga melawan Manchester City.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, memutuskan tidak memainkan Gravenberch dari menit pertama karena baru sembuh dari cedera. Ia tampil saat menggantikan Curtis Jones pada babak kedua menit ke-54. Eks pemain Bayern Muenchen itu mampu menjawab kepercayaan Klopp dengan bermain impresif. Ia membuat perubahan di lini tengah Liverpool sehingga makin agresif saat menyerang. Dilansir NBC Sports, Gravenberch mendapatkan nilai 6 dalam laga melawan Manchester City.

Baca Juga: 3 Eks Manchester City yang Pernah Gagal Bergabung dengan Liverpool

3. Cody Gakpo menambah daya gedor di lini depan Liverpool

4 Pemain Timnas Belanda di Laga Manchester City vs LiverpoolCody Gakpo (liverpoolfc.com)

Cody Gakpo tercatat sebagai salah satu pemain cadangan ketika Liverpool bermain imbang 1-1 melawan Manchester City pada EPL pekan ke-13 2023/2024. Juergen Klopp lebih mengandalkan Darwin Nunez dan Diogo Jota di lini depan ketimbang dirinya. Akan tetapi, kedua pemain tersebut gagal memberikan dampak positif selama big match tersebut.

Alhasil, Klopp membuat perubahan dengan memasukkan Gakpo menggantikan Dominik Szoboszlai pada babak kedua menit ke-73. Ia memang tidak mencetak gol di pertandingan tersebut. Namun, kehadiran Gakpo membuat lini depan Liverpool makin dinamis dengan kecepatan dan fisiknya. Dilansir Goal, Gakpo mendapat nilai 6 untuk permainannya melawan Manchester City.

4. Virgil van Dijk gagal menghentikan Erling Haaland

4 Pemain Timnas Belanda di Laga Manchester City vs LiverpoolVirgil van Dijk (liverpoolfc.com)

Posisi Virgil van Dijk tidak tergantikan di lini belakang Liverpool. Ia selalu menjadi andalan dalam kondisi fit sejak kedatangannya dari Southampton pada Januari 2018. Van Dijk kini menjabat sebagai kapten Liverpool menggantikan Jordan Henderson. Ia juga kapten Timnas Belanda.

Sayangnya, Van Dijk bermain tidak terlalu bagus saat melawan Manchester City di Premier League pekan ke-13. Ia gagal menghentikan Erling Haaland saat mencetak gol pada babak pertama menit ke-27. Dilansir Goal, Van Dijk diberi nilai 6.

Keempat pemain Timnas Belanda itu akan kembali bertanding saat klubnya turun di kompetisi antarklub Eropa. Manchester City akan menghadapi RB Leipzig dalam pertandingan babak grup Liga Champions Eropa di Etihad Stadium pada 28 November 2023. Sementara itu, Liverpool akan menjamu LASK dalam laga babak grup Liga Europa di Anfield pada 30 November 2023.

Baca Juga: Nunez Adu Argumen dengan Guardiola Usai ManCity vs Liverpool

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya