5 Pemain Tottenham yang Bikin Gol Bunuh Diri di North London Derby

Ada peraih juara Piala Dunia yang juga masuk daftar

North London Derby atau derbi London utara yang mempertemukan Tottenham Hotspur dengan Arsenal kerap kali menyajikan drama menarik. Kedua klub berambisi meraih kemenangan demi gengsi dan harga diri. Gol-gol yang tercipta di laga ini cukup bervariasi, salah satunya momen apes ketika pemain mencetak gol bunuh diri.

Mereka harus menerima ketidakberuntungan ketika mencetak gol ke gawang sendiri. Dalam sejarah derbi London utara, ada lima gol bunuh diri yang tercipta. Uniknya, kelima gol bunuh diri itu semuanya berasal dari pemain Tottenham Hotspur. Parahnya lagi, situasi tersebut kerap kali membuka keunggulan Arsenal 1-0 atas Tottenham.

Berikut lima pemain Tottenham yang pernah mencetak gol bunuh diri di North London Derby.

1. Gol bunuh diri Chris Armstrong membawa Arsenal unggul 1-0 pada EPL 1999/2000

5 Pemain Tottenham yang Bikin Gol Bunuh Diri di North London DerbyChris Armstrong (twitter.com/SpursOfficial)

Chris Armstrong merupakan striker andalan Tottenham Hotspur pada periode 1995--2002. Ia mencatat 163 penampilan dengan torehan 55 gol di semua kompetisi. Armstrong pernah menjalani pertandingan yang cukup rumit dalam kariernya ketika menghadapi Arsenal di English Premier League (EPL) pada 1999/2000.

Ia mencetak gol bunuh diri yang membawa The Gunners unggul 1-0 pada menit ke-20. Armstrong kemudian membayar kesalahannya itu lewat golnya usai memanfaatkan assist David Ginola pada menit ke-31. Namun, Tottenham akhirnya tetap kalah 1-2 setelah Thierry Henry mencetak gol lewat tendangan penalti pada menit ke-45.

Baca Juga: 5 Pemain Kunci yang Bawa Leicester City ke Premier League 2024/2025

2. Kevin Wimmer menyundul bola ke gawangnya sendiri pada EPL 2016/2017

5 Pemain Tottenham yang Bikin Gol Bunuh Diri di North London DerbyKevin Wimmer (facebook.com/TottenhamHotspur)

Kevin Wimmer membela Tottenham Hotspur selama 2 tahun pada 2015--2017. Bek tengah asal Austria itu bermain dalam 31 laga tanpa mencetak gol dan assist bagi Tottenham. Malahan, Wimmer pernah mencetak gol bunuh diri dalam laga North London Derby kontra Arsenal di EPL pada 2016/2017.

Wimmer kala itu salah mengantisipasi tendangan bebas dari Mesut Oezil. Ia bermaksud menyapu bola dengan kepalanya. Akan tetapi, bola malah melambung ke gawangnya sendiri sehingga Arsenal unggul 1-0. Beruntung Harry Kane mencetak gol balasan lewat tendangan penalti sehingga skor menjadi imbang 1-1 hingga pertandingan berakhir"".

3. Tepisan Hugo Lloris malah merobek gawangnya sendiri pada EPL 2022/2023

5 Pemain Tottenham yang Bikin Gol Bunuh Diri di North London DerbyHugo Lloris (premierleague.com)

Hugo Lloris memasuki puncak kariernya ketika berseragam Tottenham Hotspur medio Agustus 2012--Januari 2024. Kiper asal Prancis itu bahkan menjabat sebagai kapten Tottenham sejak Agustus 2015. Namun, Lloris pernah mengalami pengalaman kurang menyenangkan ketika menghadapi Arsenal pada EPL 2022/2023.

Ia mencetak gol bunuh diri yang membawa Arsenal unggul 1-0 pada menit ke-14. Lloris mencoba menepis sepakan Bukayo Saka, tetapi bola malah masuk ke gawangnya sendiri. Tottenham kalah dalam laga tersebut dengan skor 0-2 setelah Martin Odegaard menggandakan keunggulan Arsenal pada menit ke-36.

4. Cristian Romero mencetak gol bunuh diri pada pekan 6 EPL 2023/2024

5 Pemain Tottenham yang Bikin Gol Bunuh Diri di North London DerbyCristian Romero (instagram.com/cutiromero2)

Cristian Romero bermain cukup apik di EPL sampai pekan 35 pada 2023/2024. Namun, ia pernah membuat blunder yang merugikan Tottenham pada awal 2023/2024. Romero mencetak gol bunuh diri ketika menghadapi Arsenal pada pekan 6 EPL 24 September 2023.

Ia sebenarnya berdiri di posisi yang tepat untuk mengantisipasi umpan silang Bukayo Saka. Sayangnya, bola memantul ke gawangya sendiri sehingga Arsenal unggul 1-0 pada menit ke-26. Laga ini berakhir seri 2-2 usai Saka mencetak satu gol tambahan lewat tendangan penalti, semerenta Son Heung Min membantu Tottenham meraih draw lewat lesakkan dua gol. 

5. Sundulan Pierre-Emile Hojbjerg merobek gawang sendiri pada pekan 35 EPL 2023/2024

5 Pemain Tottenham yang Bikin Gol Bunuh Diri di North London DerbyPierre-Emile Højbjerg (premierleague.com)

Pierre-Emile Hojbjerg terpilih sebagai starter dalam laga North London Derby menghadapi Arsenal pada pekan 35 EPL 2023/2024. Ia bermain bersama Rodrigo Bentacur di lini tengah Tottenham sebagai gelandang bertahan. Namun, Hojbjerg malah menorehkan gol bunuh diri pada menit ke-15.

Ia berusaha menyapu bola dengan kepalanya saat Bukayo Saka mengambil tendangan sudut. Akan tetapi, bola malah masuk ke gawangnya sendiri sehingga Arsenal membuka keunggulan 1-0. Tottenham kemudian tidak berkutik menghadapi Arsenal setelah Saka dan Kai Havertz menambah keunggulan menjadi 3-0 pada babak pertama. The Lilywhites hanya bisa mengejar ketertinggalan melalui Cristian Romero dan Son Heung Min pada babak kedua. Tottenham kalah 2-3 atas Arsenal dalam pertandingan ini.

Kelima pemain di atas menemui ketidakberuntungan saat menghadapi Arsenal di EPL setelah mencetak gol bunuh diri. Uniknya, Tottenham selalu gagal meraih kemenangan setiap kali pemainnya merobek gawang sendiri dan Arsenal unggul 1-0 lebih dulu. Arsenal kini menambah kedigdayaan atas Tottenham dengan catatan 74 kemenangan dalam 177 pertandingan.

Baca Juga: 3 Hal Ini Bisa Hentikan Dominasi Man City di EPL pada 2023/2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya