3 Pemain U-23 yang Mencapai 50 Gol Liga saat Dilatih Pep Guardiola

Semuanya berkembang menjadi pemain top

Pep Guardiola merupakan salah satu manajer terbaik di dunia yang berhasil memoles talenta muda menjadi pemain top. Ia mampu mengeluarkan potensi terbaik pemain muda dengan memberikan kesempatan tampil dan memainkannya di berbagai posisi.

Beberapa talenta muda hasil binaan Guardiola sukses mengukir rekor apik dalam kariernya. Salah satunya mencetak total 50 gol di liga saat usianya baru 23 tahun atau lebih muda. Tercatat, tiga pemain muda ini sukses mengukir rekor tersebut saat masih dilatih Pep Guardiola.

1. Lionel Messi mencapai 50 gol di LaLiga Spanyol sebelum berusia 23 tahun

3 Pemain U-23 yang Mencapai 50 Gol Liga saat Dilatih Pep GuardiolaLionel Messi (fcbarcelona.com)

Lionel Messi mengawali perjalanannya di LaLiga Spanyol ketika Barcelona masih dilatih Frank Rijkaard. Ia hanya mencetak 1 gol dalam 7 laga LaLiga Spanyol pada 2004/2005. Messi kemudian perlahan mengembangkan performanya di LaLiga dengan menorehkan total 6 gol pada 2005/2006, 14 gol pada 2006/2007, dan 10 gol pada 2007/2008.

Kariernya mengalami peningkatan yang cukup pesat usai Barcelona menunjuk Pep Guardiola sebagai manajer pada musim panas 2008. Messi berhasil mengoleksi 23 gol di LaLiga pada 2008/2009. Pemain asal Argentina itu sukses mencapai 50 gol di LaLiga ketika usianya masih 21 tahun pada awal 2009/2010. Messi kemudian meraih sextuple dengan menjuarai enam trofi pada 2009.

Baca Juga: 5 Klub yang Paling Sering Dibobol Phil Foden, Ada Manchester United

2. Erling Haaland menorehkan gol ke-50 di EPL dalam waktu singkat berkat Pep Guardiola

3 Pemain U-23 yang Mencapai 50 Gol Liga saat Dilatih Pep GuardiolaErling Haaland (premierleague.com)

Erling Haaland mengalami peningkatan karier yang cukup pesat ketika bergabung dengan Manchester City pada musim panas 2022. Di bawah asuhan Pep Guardiola, pemain asal Norwegia itu menjadi striker paling berbahaya di English Premier League (EPL) dalam 2 tahun terakhir. Guardiola mampu memaksimalkan potensi Haaland dengan memainkannya bersama gelandang hebat, macam Kevin De Bruyne, Ilkay Guendogan, dan Riyad Mahrez.

Alhasil, Haaland mampu mencapai gol yang ke-50 di EPL hanya dalam 48 laga. Golnya ke gawang Liverpool di EPL pekan ke-13 menjadikannya sebagai pemain tercepat yang mampu mencetak 50 gol di EPL. Pemain berusia 23 tahun itu sukses memecahkan rekor milik Andy Cole mencetak 50 gol di EPL dalam 65 pertandingan.

3. Brace Phil Foden ke gawang Brighton membuatnya mengoleksi 51 gol di Premier League

3 Pemain U-23 yang Mencapai 50 Gol Liga saat Dilatih Pep GuardiolaPhil Foden (premierleague.com)

Salah satu talenta asal Inggris terbaik yang pernah Pep Guardiola orbitkan adalah Phil Foden. Dalam sebuah wawancara, manajer asal Spanyol itu menyebut Inggris beruntung memiliki berlian seperti Foden. Sebab, Guardiola melihat potensi besar sang pemain untuk menjadi pemain hebat.

Ucapan Guardiola itu terbukti tepat setelah penampilan Foden menunjukkan progres yang luar biasa sejak debutnya pada 2017/2018. Ia tidak hanya memiliki keunggulan dalam mendribel bola dan melepaskan umpan akurat, tetapi juga ketajamannya dalam mencetak gol sudah seperti striker papan atas. Foden bahkan berhasil mencetak 51 gol di EPL berkat brace ke gawang Brighton & Hove Albion pada pekan ke-34 EPL 2023/2024.

Itulah ketiga pemain yang berhasil mencapai 50 gol di liga saat dilatih Pep Guardiola. Mereka berhasil berkembang menjadi pemain elite berkat polesan Guardiola. Lionel Messi telah membuktikannya dengan meraih semua gelar juara bergengsi di level klub dan internasional serta delapan penghargaan Ballon d'Or. Erling Haaland dan Phil Foden masih memiliki banyak waktu untuk meraih lebih banyak titel juara, baik di level klub dan internasional, juga penghargaan individu.

Baca Juga: 5 Pemain Non-Britania Tertajam bagi Manchester City, Ada Haaland

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya