4 Pemain yang Mencetak Gol dalam 4 Laga Kandang Pertamanya di UCL

Ada Leandro Trossard

Beberapa pemain mampu memberikan kesan pertama yang baik di hadapan fans saat pertama kali berlaga di pertandingan kandang Liga Champions Eropa. Torehan gol di laga kandang UCL sangat penting, baik bagi hasil tim maupun karier sang pemain. Terlebih lagi jika mampu secara konsisten menorehkan gol saat bermain di kandang pertamanya dalam laga UCL. Ini tentu akan mendapat respek lebih dari kalangan fans.

Namun, tidak banyak pemain top Eropa yang mampu mengukir rekor gol setidaknya dalam empat laga pertamanya di Liga Champions. Sebab, bukan perkara mudah menjaga konsistensi performa di UCL sekalipun bermain di kandang. Hanya empat pemain ini yang berhasil mengukir rekor tersebut.

1. Alessandro Del Piero mencetak gol secara konsisten di laga kandang UCL pada 1995/1996

4 Pemain yang Mencetak Gol dalam 4 Laga Kandang Pertamanya di UCLAlessandro Del Piero (uefa.com)

Alessandro Del Piero menjalani laga kandang pertamanya di Liga Champions Eropa saat Juventus menghadapi Steaua Bucharest pada 27 September 1995. Ia mencetak satu gol dalam kemenangan Juventus 3-0 atas Steaua Bucharest. Del Piero menorehkan gol lagi ketika Juventus menang telak atas Rangers 4-1 di Stadio Delle Alpi.

Ia lagi-lagi menciptakan satu gol ketika menyambut Borussia Dortmund di laga kandang terakhir di babak grup UCL 1995/1996. Sayangnya, Juventus kalah 1-2 dalam pertandingan ini. Del Piero kemudian mengukir satu gol ketika menang 2-0 atas Real Madrid di laga leg kedua babak perempat final pada 20 Maret 1996. Ia menutup perjalanan musim pertamanya di UCL dengan membawa Juventus menjadi juara setelah mengalahkan Ajax Amsterdam pada babak final lewat adu penalti.

2. Frederic Kanoute mengukir rekor empat gol beruntun di laga kandang UCL pada 2007/2008

4 Pemain yang Mencetak Gol dalam 4 Laga Kandang Pertamanya di UCLFrederic Kanoute (uefa.com)

Frederic Kanoute mengawali perjalanannya di Liga Champions Eropa saat membela Sevilla pada 2007/2008. Gol pertamanya tercipta saat Sevilla menang 4-2 di kandangnya, Roman Sanchez Pizjuan, pada laga fase grup 2 Oktober 2007. Ia kemudian membuka keunggulan saat Sevilla menjamu Steaua Bucharest dan menang dengan skor 2-1.

Penyerang asal Mali menyumbang satu gol saat menumbangkan Arsenal 3-1 di Ramon Sanchez Pizjuan. Kanoute mencetak gol keempatnya di laga kandang UCL saat Sevilla menang 3-2 pada leg kedua babak 16 besar pada 4 Maret 2008. Sayangnya, Sevilla tersingkir dari UCL setelah kalah 3-2 pada babak adu penalti.

Baca Juga: Momen Gol Debut Leandro Trossard di 6 Klub yang Pernah Dibelanya

3. Oscar mencetak empat gol di laga kandang UCL pada 2012/2013 dan 2013/2014

4 Pemain yang Mencetak Gol dalam 4 Laga Kandang Pertamanya di UCLOscar (uefa.com)

Oscar membuat sensasi saat menjalani debutnya di Liga Champions Eropa pada 2012/2013. Ia langsung mencetak dua gol fantastis saat Chelsea bermain seri 2-2 melawan Juventus di Stamford Bridge pada 19 September 2012. Oscar lalu menyumbang satu gol di laga kandang keduanya saat Chelsea menang 3-2 atas Shakhtar Donetsk. 

Pemain asal Brasil itu menorehkan gol saat Chelsea membantai FC Nordsjaelland 6-1 di Stamford Bridge. Oscar melanjutkan konsistensinya dalam mencetak gol di laga kandang UCL pada 2013/2014. Sayangnya, torehan satu golnya tidak mampu menyelamatkan Chelsea dari kekalahan 1-2 atas FC Basel pada laga pertama babak grup UCL pada 18 September 2013.

4. Leandro Trossard konsisten mencetak empat gol di laga kandang UCL pada 2023/2024

4 Pemain yang Mencetak Gol dalam 4 Laga Kandang Pertamanya di UCLLeandro Trossard (uefa.com)

Leandro Trossard memberikan kesan positif dalam debutnya di Liga Champions Eropa bersama Arsenal pada 2023/2024. Ia berhasil mencatat rekor dengan mencetak gol dalam empat laga kandang secara beruntun. Rekor tersebut diawali dengan satu golnya saat Arsenal menang 4-0 di Emirates Stadium pada babak grup pada 20 September 2023.

Ia lalu menyumbang satu gol ketika Arsenal menaklukan Sevilla 2-0. Trossard menjadi pahlawan Arsenal ketika mencetak satu gol saat menang 1-0 atas FC Porto dan seri 2-2 melawan Bayern Muenchen. Berkat kontribusinya, Arsenal mampu memaksa pertandingan berlanjut sampai adu penalti ketika menyingkirkan FC Porto pada babak 16 besar. Trossard juga menyelamatkan Arsenal dari kekalahan ketika menghadapi Bayern Muenchen.

Pencapaian keempat pemain ini berhasil masuk dalam buku rekor Liga Champions Eropa. Sebab, rekor mencetak gol dalam empat laga kandang pertaman di UCL secara beruntun sulit diulang. Di antara keempat pemain di atas, hanya Del Piero yang berhasil membawa klubnya menjuarai UCL pada musim pertamanya. Trossard masih berpeluang mengikuti jejak Del Piero andai mampu meraih gelar juara UCL bersama Arsenal pada 2023/2024.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik dari Laga Arsenal vs di Bayern Munich UCL 2023/2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya