4 Pembelian Terbaik Dan Ashworth bagi Brighton dan Newcastle United

Terbukti memberikan perubahan

Manchester United tengah bernegosiasi dengan Dan Ashworth untuk membuatnya menjadi direktur olahraga. Pemegang saham 25 persen MU, Sir Jim Ratcliffe, tengah melakukan perombakan di internal manajemen klub. Salah satunya mencari direktur olahraga yang tepat.

Ashworth dinilai memiliki kualitas yang dibutuhkan Setan Merah karena sudah terbukti mampu menemukan bakat-bakat muda dari seluruh dunia selama bekerja di Brighton & Hove Albion dan Newcastle United. Ashworth, misalnya, pernah melakukan empat pembelian pemain yang terbukti berhasil memberikan dampak positif kepada performa Brighton dan Newcastle United.

Ini pembelian terbaik Dan Ashworth bagi Brighton dan Newcastle United.

1. Leandro Trossard sukses bersinar di Brighton & Hove Albion

4 Pembelian Terbaik Dan Ashworth bagi Brighton dan Newcastle UnitedLeandro Trossard (brightonandhovealbion.com)

Dan Ashworth berhasil mendatangkan talenta muda asal Belgia, Leandro Trossard, dari KRC Genk ke Brighton & Hove Albion pada musim panas Juli 2019. Brighton menebusnya dengan harga 15,56 juta euro atau Rp262 miliar. Ia langsung menjadi andalan lini depan The Seagulls dengan kecepatan dan kreativitasnya.

Trossard bermain dalam total 121 pertandingan dan mencetak 25 gol serta 14 assist di semua kompetisi. Ia kemudian memutuskan hengkang ke Arsenal pada bursa transfer Januari 2023. Arsenal membeli Trossard dari Brighton seharga 24 juta euro atau Rp405 miliar. Brighton mendapat keuntungan cukup besar berkat penjualan pemain asal Belgia itu.

2. Alexis Mac Allister bikin untung Brighton & Hove Albion di dalam dan luar lapangan

4 Pembelian Terbaik Dan Ashworth bagi Brighton dan Newcastle UnitedAlexis Mac Allister (brightonandhovealbion.com)

Tim pencari bakat Brighton & Hove Albion menemukan bakat Alexis Mac Allister yang dinilai memiliki potensi besar. Dan Ashworth selaku direktur olahraga Brighton memutuskan bernegosiasi dengan Argentinos Juniors untuk mendatangkan Mac Allister ke Brighton. Kedua klub sepakat dengan nilai transfer 8 juta euro atau Rp 135 juta euro.

Permainan Mac Allister berkembang pesat bersama Brighton. Ia berhasil menjadi bagian Timnas Argentina yang menjuarai Piala Dunia 2022 Qatar. Mac Allister bermain dalam total 112 laga dengan mencetak 20 gol dan 9 assist di semua kompetisi. Ia lalu dijual kepada Liverpool dengan harga 42 juta euro atau Rp 709 miliar. Secara finansial, Brighton mendapatkan laba yang cukup besar dari penjualan Mac Allister.

Baca Juga: Valentin Barco, Wonderkid Baru Brighton yang Siap Bersinar di EPL

3. Nick Pope menjadi kunci keberhasilan Newcastle United lolos ke UCL

4 Pembelian Terbaik Dan Ashworth bagi Brighton dan Newcastle UnitedNick Pope (nufc.co.uk)

Dan Ashworth kembali membuat gebrakan saat ditunjuk menjadi direktur olahraga Newcastle United. Ia berhasil mendatangkan kiper utama Burnley, Nick Pope, dengan harga 10 juta pound sterling atau Rp197 miliar pada musim panas 2022. Harga tersebut sangat murah jika melihat kualitas Pope.

Ia langsung menjadi andalan di lini belakang Newcastle United yang dilatih Eddie Howe pada 2022/2023. Pope mampu mencatat clean sheet 26 kali dan sukses mengantarkan The Magpies lolos ke Liga Champions Eropa pada 2023/2024. Sayangnya, permainan kiper Timnas Inggris itu terhalang akibat cedera bahu saat melawan Manchester United pada 2 Desember 2023.

4. Sven Botman menolak klub-klub besar demi Newcastle United

4 Pembelian Terbaik Dan Ashworth bagi Brighton dan Newcastle UnitedSven Botman (nufc.co.uk)

Kejelian Dan Ashworth dalam bernegosiasi terbukti mampu membuat Sven Botman menolak tawaran klub-klub besar Eropa demi bergabung dengan Newcastle United. Ashworth meyakinkan Botman untuk meninggalkan Lille demi menjadi bagian proyek ambisius Newcastle United di bawah pemilik baru. Pemain asal Belanda itu didatangkan Newcastle United dari Lille dengan nilai transfer sebesar 37 juta euro atau Rp730 miliar.

Botman bersama Pope sukses mengawal lini belakang Newcastle United sampai finis di empat besar Premier League pada 2022/2023. Ia turut membawa Newcastle United lolos ke Liga Champions Eropa pada 2023/2024. Botman sejauh ini telah bermain dalam 63 laga dengan torehan 2 gol dan 2 assist di semua kompetisi.

Masih ada beberapa rekrutan terbaik Dan Ashworth, seperti Kaoru Mitoma, Moises Caicedo, dan Alexander Isak. Kemampuan Ashworth dalam bernegosiasi dan menemukan pemain yang sesuai dengan kebutuhan klub membuat Manchester United begitu serius menaruh minat kepadanya. MU diprediksi akan kembali berjaya jika berhasil merekrut Ashworth sebagai direktur olahraga.

Baca Juga: Performa 6 Penyerang Newcastle United pada Paruh Musim 2023/2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya